Memaknai Hidup Dari Sepak Bola

Memaknai Hidup Dari Sepak Bola – Sepak bola, olah raga terpopuler dimuka bumi. Banyak sekali orang yang menyukai olahraga bola besar ini, termasuk saya sendiri. Menyambung wejangan kyai guruku bahwa segala sesuatu itu mengandung hikmah dan pelajaran, bahkan setan sekalipun, maka dalam tulisanku kali ini, aku akan mencoba memaknai sepak bola agar bisa dijadikan nilai-nilai kehidupan. Dibawah ini adalah Makna Hidup Dari Sepak Bola yang coba kami uraikan :

Olahraga Tim

Permainan sepak bola adalah permainan 11 pemain yang bekerjasama untuk meraih tujuan. Tujuan sepak bola adalah meraih kemenangan dengan cara memasukan bola kedalam gawang lawan.
Sama seperti sepak bola, kehidupan kita adalah kehidupan tim, kehidupan social, dimana kita memerlukan kerjasama dengan orang lain untuk meraih tujuan hidup kita.

Dalam sepak bola, seorang pemain tidak bisa memasukan bola tanpa peran pemain lain. Itu karena dalam sepak bola selalu ada lawan yang akan menghadang. Kalaupun dia bisa menggiring bola sendiri melewati lawan dan berhasil memasukan bola, pasti teman selalu berperan penting dalam proses didalamnya, setidaknya membantu mengecoh & memecah konsentrasi lawan.

Memaknai Hidup Dari Sepak Bola
sepak bola, olahraga tim

Bila dimaknai dalam kehidupan, bahwa selalu ada cobaan yang akan menghalangi kita. Kita selalu memerlukan orang lain, apapun profesi kita. Guru selalu membutuhkan murid, pengusaha selalu membutuhkan mitra bisnis, pedagang membutuhkan pembeli, aktor dan insan seni selalu membutuhkan penikmat seni.

Sepak bola mengajari kita bahwa tujuan tidak akan tercapai tanpa kerjasama, tujuan hidup kita juga tak mungkin tercapai tanpa kita bersosial dengan orang lain. Maka hormati dan bekerjasamalah.

Bentu bola yang bulat, kesempatan untuk segala kemungkinan

Bentuk bola adalah bangun ruang bulat penuh, dimana semua permukaan mendapatkan peluang yang sama untuk berada di atas, dibawah, disamping, depan ataupun belakang. Bola dalam permainan sepak bola selalu menggelinding.

Makna yang dapat diambil dari bola tersebut adalah, setiap menusia memiliki kedudukan yang sama dan berkesempatan yang sama pula untuk berada diposisi atas. Tapi jangan dilupakan, posisi diatas tersebut bisa jadi akan segera menjadi dibawah ataupun menjadi permukaan yang akan ditendang.
Bagi manusia yang sedang dalam keadaan dibawah, teruslah berjuang menjalani hidup, karena kehidupan ini seperti bola, anda pasti akan berada diatas.

Bagi manusia yang sudah diatas, hendaknya selalu menyadari bahwa tak selamanya ia akan diatas. Kesempatan untuk miskin, bodoh, hina dan jatuh akan selalu ada. Tetaplah ingat dan jangan sekali-kali merasa sombong.

Pelatih Sepak Bola & Guru Dalam Kehidupan

Sepak bola selalu membutuhkan pelatih dalam perjalanannya. Pelatihlah yang akan memberikan teori aplikatif baik itu berupa strategi, taktik, teknik dn sebagainya. Dalam hidup kita juga membutuhkan pelatih sebagai mentor hidup kita, yang sering kita sebut sebagai guru.

Kita selalu membutuhkan peran guru dalam segala bidang kehidupan kita. Dia yang mengajari kita mulai dari hal-hal sepele misalnya membaca dan menulis hingga mengajari kepada hal-hal yang paling penting dan mendalam yaitu agama.

Pelajaran penting dari tendangan penalti

Tendangan pinalti adalah tendangan dari jarak 11 meter dari gawang yang hanya kiperlah yang bisa menghadangnya. Ketika terjadi tendangan penalti, gawang akan terbuka lebar dan kesempatan untuk memasukan bola terbuka lebar juga. Tapi dalam tendangan ini untuk tidak masuk semua pemain bisa melakukannya, bahkan dengan mudah, namun untuk kemungkinan bola masuk bukanlah suatu kepastian.

Artinya adalah, kesalahan ataupun dosa semua orang dapat melakukannya, dengan sangat mudah, dengan sangat gampang. Namun untuk melakukan tindakan yang benar, akan ada kiper sebagai penghalang  yang akan menepis tendangan baik kita. Perbuatan baik orang bisa melakukannya, tetapi sulit.

Kesalahan adalah suatu hal yang mutlak, namun kebenaran tergantung dari perspektif mana kebenaran itu dilihat.

Spotifitas adalah segalanya

Dimanapun prinsip olahraga adalah sportifitas, dia diatas segalanya. Kalah menang adalah hal yang biasa, namun yang terpenting adalah respek kepada setiap Kompetitor yang menjadi mitra bermain kita.

Sportifitas di olah raga sama artinya dengan adil dalam hukum, objektif dalam pengetahuan, benar dalam nilai-nilai kemanusiaan.

Apapun yang akan kita lakukan, jagalah selalu nilai luhur kebenaran,keadilan dan keobjektifan, meskipun itu bertentangan dengan kepentingan pribadi sekalipun. Janganlah kita menerabas suatu pedoman benar agar ambisi kita berjalan mulus.

Masih banyak lagi sebenarnya makna hidup yang bisa diambil dari sepak bola. Dia adalah olah raga yang kompleks dengan kerumitan yang banyak sekali mengandung pelajaran yang bisa kita terapkan dalam hidup jika kita mencermatinya. Bukan hanya sepak bola, tapi apapun itu.
Semoga bermanfaat.

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !