Artikel, Internet Dan Teknologi

Membandingkan Aplikasi Berbasis Bitmap Vs Vektor

Membandingkan Aplikasi Berbasis Bitmap Vs Vektor – Salah satu program aplikasi berbasis vektor yang cukup popular dalam bidang grafis adalah corel draw. Sedangkan program aplikasi berbasis bitmap yang paling popular adalah adobe photoshop. Lalu mana yang harus kita pilih? Adobe photoshop atau corel draw? Perbedaan antara adobe photoshop dengan corel draw yaitu jika adobe photoshop menggunakan bitmap dan corel draw menggunakan vektor.

Apa yang dimaksud bitmap dan vektor?

Vektor adalah cara untuk menggambar grafis menggunakan metode angka dan bentuk. Semua dilakukan dengan angka dan bentuk. Grafis berbasis vektor tidak bergantung pada banyaknya pixel penyusunnya karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis.

Kehalusan gambar grafis vektor tidak bergantung pada ukuran dpi, tetapi pada output device seperti monitor dan printer. Sifat yang dimilikinya yaitu warna, garis, gaya garis, warna garis,dan ketebalan. Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain corel draw,macromedia freehand, adobe illustrator, dan micrografix designer.

Membandingkan Aplikasi Berbasis Bitmap Vs Vektor
Bitmap Vs Vektor

Grafis berbasis bitmap dibentuk dengan raster/ pixel/ dot/ titik/ point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap semakin tinggi tingkat kerapatannya. Sehingga semakin halus citra grafisnya dan kapasitas filenya semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar ditentukan dari banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar. Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inchi). Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap antara lain adobe photoshop, corel photo paint, Microsoft photo editor, dan macromedia fireworks.

Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosesor akan memakan banyak memori. Pemakaian grafis bitmap, jika gambar tampilan bitmap yang beresolusi tinggi ditampilkan pada monitor yang beresolusi rendah maka akan mengakibatkan gambar terlihat kabur dan berebentuk kotak-kotak jika dilakukan pembesaran (zoom in).

Kapan waktu yang tepat menggunakan aplikasi desain grafis tersebut?

Saat kita butuh untuk menggambar bentuk kompleks atau kurva maka aplikasi yang dipakai adalah aplikasi berbasis vektor. Apabila hendak mengedit foto maka lebih tepat menggunakan aplikasi berbasis bitmap.

Baca juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Gadget

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !