Tips Memilih Blog Niche atau Blog Gado-Gado? Simak Tips Berikut

Tips Memilih Blog Niche atau Blog Gado-Gado ? Simak Tips Berikut – Perkembangan blogging  di Indonesia sekarang berkembang bukan hanya sebatas tempat mencurahkan pikiran. Blogging sudah menjadi suatu produk yang memiliki peluang komersial yang menjanjikan. Dalam perkembanganya, blog bertranformasi dari hanya sebatas catatan online menjadi sebuah media yang paling banyak di akses oleh masyarakat.

Ini tentu tidak bisa dipisahkan dari semakin terdidiknya masyarakat indosesia khususnya dan masyarakat dunia Umumnya. Juga didukung semakin berkembangnya teknologi komunikasi saat ini.

Nah, pada artikel kali ini chyrun mencoba menimbang-nimbang dan membandingkan antara blog niche dan blog gado-gado. Mari sedikit kita ulas satu persatu sebelum kita membahas dan membandingkan antara blog niche dan blog gado-gado. Sebenarnya ada tiga blog secara umum, blog niche, blog autority, dan blog campuran atau yang kita sering sebut blog gado-gado. Pada kesempatan ini kami hanya ingin mencoba membahas blog niche dan blog gado-gado.

Apa yang di maksud blog niche dan blog gado-gado itu?

Blog niche adalah blog yang mengkhususkan untuk membahas tema yang spesifik. Artinya setiap konten yang ada di blog merupakan konten-konten yang membahas dengan lengkap sebuah tema tertentu dari A sampai Z.

Blog Niche dari Blog Gado-gado apakah bisa?

Sebagai contonya, blog bertema  “menghasilkan uang dari internet” milih mas Gee Jhon (Portal-uang.com). Di mana di dalam blog tersebut mengulas banyak aspek dari menghasilkan uang dari internet.

Blog Niche atau Blog Gado-Gado

Blog niche memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Blog niche cenderung memiliki pembaca tetap yang selalu mengikuti dan menunggu postingan-postingan baru dari blog tersebut. Pengunjung akan loyal dan pemilik secara tidak langsung dituntut untuk selalu update perkembangan terbaru sesuai tema blognya.

Jika pemilik tidak update, maka komentar pengunjung sepi. Namun, jika blog bertema niche ini adalah blog tentang tutorial, dimana tutorial tersebut berlaku abadi/ dapat digunakan selamanya, maka blog tersebut akan mendapatkan trafik  tertarget, faktor banyaknya trafik tergantung dari kualitas tulisan, kelengkapan tutorial dan kualitas blog pesaing.

Baca juga: Penghasilan sampingan dari membangun blog bisnis

Kelemahan blog niche adalah terpakunya tulisan/konten pada tema yang ada. Sifat spesifik inilah yang kadang membuat sipemilik kehabisan ide untuk mengisi. Faktor kreatifitas sangat membantu terutama berkreasi dalam menghasilkan sebuah tulisan yang berbeda, namun masih dalam lingkup tema blog yang diambil. Jika blog ini di monetize menggunakan adsense atau iklan PPC lain maka nilai setiap klik tinggi. Pengiklan lebih suka untuk memasang iklan yang di blog yang temanya sama atau paling tidak memiliki hubungan dengan iklan miliknya.

Sedikit tips :

Mahalnya nilai klik iklan tergantung nichenya, artinya meskipun blog tersebut niche, belum tentu bernilai mahal, ada nice-nice tertentu seperti blog tentang kesehatan dan teknologi, nilai iklan dari kedua blog tersebut bernilai besar jika di banding dengan blog bertema nice game yang bernilai iklan kecil.

Oke, itulah pembahasan blog bertema niche, sekarang mari kita mulai untuk membahas blog bertema gado-gado atau blog campuran.

Blog campuran/gado-gado adalah blog yang membahas apa saja, diisi dengan konten bertema campuran, hari ini menulis tentang kesehatan, besok menulis tentang blogging dan hari berikutnya membahas tentang uang. Dari tema campuran inilah terkadang blog gado-gado diremehkan. Padahal, ketika blog gado-gado sudah memiliki artikel ribuan dan setiap label/kategori paling tidak sudah memiliki lebih 300 artikel maka blog tersebut sudah menjadi blog niche.

Masing bingung?,

…. Begini, kita berandai-andai,

blog Anda memiliki 4 kategori atau label : Kesehatan, Uang, Pendidikan dan tentang gedget. Masing-masing label/kategori sudah memiliki lebih dari 300 artikel. Apa yang akan terjadi?. Blog anda adalah blog niche, artinya : jika blog Anda di buka di kategori keuangan maka blog Anda akan menjadi nice keuangan, jika Anda memonetize dengan Adsense maka nilai klik iklan di label keuangan akan bernilai tinggi karena menyesuaikan. Begitupun jika di buka di label lain,maka blog akan menjadi nice sesuai label.

Anggapan bahwa blog gado-gado bernilai komersil kecil menurut saya tidak sepenuhnya benar. Bernilai kecil jika artikel masih sedikit, bernilai tinggi jika artikel sudah ribuan dan setiap artikel secara tidak sadar telah terspesialisasi dengan sendirinya.

Itulah, pendapat saya dari apa yang saya pelajari mengenai blog nice dan blog campuran/gado-gado. Jika Anda ingin membuat sebuah blog, silahkan pilih jenis blog mana yang ingin Anda buat. Khusus blog Autority, kami akan membahasnya di artikel-artikel berikutnya. Kami masih mencari tahu dan mencari referensinya.

Baca Juga : Mungkinkan berpenghasilan dari sebuah blog? ini yang kami lakukan

demikian artikel Blog Niche atau Blog Gado-Gado, Semoga artikel ini bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !