Tips Memilih Linux, Windows Atau Macintosh ?

Tips Memilih Linux, Windows Atau Macintosh ? – Persaingan dibidang OS semakin seru. Perusahaan-perusahaan OS terkemuka di dunia dituntut dalam pembaruan terus menerus program-program mereka. Bagaimana perkembangan persaingan mereka saat ini?. Akan saya coba ulas secara umum untuk masing masing sistem operasi komputer tersebut.

Yang pertama : Linux

Pada pembahasan linuk, saya akan coba menguraikan sejarah, kelebihan dan kekurangn dari sistem operasi berlogo pinguin ini.

1. Sekilas sejarah  Linux

Adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Nama linux berasal dari kata Linus Torvalds. Kata tersebut merupakan nama pembuat sistem linux yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991. Sistem, peralatan sistem dan pustakanya pada umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Sistem oprasi Linux didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama didunia seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Saat ini linux menjadi pesaing utama microsoft dalam sistem operasi komputer.

2. Kelebihan Sistem Operasi Linux

  • Linux merupakan produk gratis. Meskipun gratis namun linux merupakan program legal. LEGAL dan GRATIS, kita hanya cukup membeli kaset CD atau mendownload dari internet sistem linux.
  • Linux merupakan sistem yang aman dari serangan virus. Karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser. Maksudnya adalah kalaupun ada salah satu user yang terserang virus, tidak akan menular ke user-user yang lain.
  • Dalam Linux selalu ada peringatan saat komputer meminta Reboot (Restart ulang) sesaat setelah instalasi program selesai.
  • Linux mendukung akses hingga 33 macam sistem file berbeda, seperti sistem file FAT16, FAT32 (dari DOS), HPFS (OS/2), VFAT (Win), Minix, UFS (Solaris), SCO,Xenix, Novell, dan lain-lain.
  • Linux sangat kompatibel untuk digunakan pada PC dengan spesifikasi minim namun juga sempurna jika digunakan pada spesifikasi tinggi. Konfigurasi minimal: Microprosesor 386 DX baik itu Intel, AMD Cryix dan lain-lain, RAM 4 MB serta Harddisk yang hanya memerlukan ruang 85 MB.
  • Linux bukanlah sistem operasi tunggal. Linux sama seperti sistem operasi komputerlainya. Seperti Ubuntu, Debian, Fedora, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan lain-lain. Namun Ubuntu dan Fedora adalah jenis OS Linux yang paling populer digunakan.

3. Kekurangan OS Linux

OS Windows telah merajai pasar perangkat komputer sehingga membuat para user merasa takut untuk beralik ke OS Linux. Beberapa vendor-vendor perangkat keras tertentu tidak terlalu baik saat dipasangkan dengan OS Linux sehingga hanya hardware tertentu saja yang bisa di gunakan. Proses penginstalan aplikasi di Linux tidak semudah di Windows (karena kita terbiasa dengan os windows). Pada Linux, kebanyakan aplikasi akan lebih mudah di instal jika perangkat komputer terkoneksi ke internet.

Kedua : Windows

Windows merupakan perusahaan OS terbesar saat ini. Karena windows merupakan OS berbayar silahkan membeli yang berlisensi.

Tips Memilih Linux, Windows Atau Macintosh ?

1. Sejarah Singkat

Awalnya MS-DOS yang dibuat untuk sistem IBM PC dan kompatibelnya. Pengembangan sudah semenjak tahun 1981. Pada tanggal 20 November  1985 lahirlah generasi pertama MS. Windows 0.1. kemudian muncul generasi Windows 2 X, 2.1X, dan windows 3.0. kesuksesan windows 3.0 menjadi awal windows menguasai OS dunia. Lalu generasi-generasi setelahnya muncul sampai pada saat ini yaitu windows 10.

2. Kelebihan 

  • Windows merupakan Sistem operasi komputer yang sudah mendunia dan sudah sangat umum. Sehingga pengguna OS biasanya akan lebih memilih produk windows dari pada produk yang lain.
  • Penginstalan windows relatif mudah dan dapat dilakukan secara offline.

3. Kekurangan 

  • Windows merupakan produk yang dijual dan berlisensi, saat kita membeli produk tersebut kita akan mendapat lisensi legal. Jika kita menggunakan versi bajakan dan menggunakanya di tempat-tempat umum sepeti bandara, berpergian keluar negeri atau tempat yang lain, kita dapat terkena razia.
  • Mudah terserang virus. Sistem user pada windows merupakan monouser. Jika satu terkena virus dapat menular ke aplikasi dan program yang lain.
  • Mudahnya virus menyerang windows, pengguna membutuhkan antivirus. Padahal anti virus akan menjadikan kinerja PC menjadi lambat.
  • Membutuhkan spesifikasi PC yang kompatibel. Ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi.

Ketiga : Macintosh

1. Sejarah 

Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis Power PC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan : Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

Kekurangan : Seperti halnya linux, OS macintosh masih berada di bawah bayang-bayang Microsoft Windows. Kebanyakan pengguna OS adalah pemilik produk apple yang di instal os Mac. Pemilik Komputer selain apple sebenarnya dapat diinstal dengan os Mac. Namun kebanyakan dari mereka masih ragu. Karena OS Mac. Pada dasarnya merupakan Sistem komputer yang di proyeksikan untuk Apple.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !