Artikel, Artikel Bisnis, Berita

Memulai Sukses Dari Desa

Memulai Sukses Dari Desa – Menjadi sukses materi adalah mimpi hampir setiap manusia. Tidak terkecuali kita, namun pernahkah kita meneliti, ternyata sebagian besar orang sukses ada di kota. Banyak faktor yang mempengaruhi  esuksesan seseorang, dari pendidikan, lingkungan, sifat dasar seseorang dan keberuntungan.

Beliau orang sukses katanya,  namun apakah benar beliau sukses? Untuk memperjelas saja, yang akan diulas diartikel ini adalah sukses seseorang dalam bidang materi dunia. Mari kita ambil sebuah contoh sederhana, jika kita sukses dan menjadi kaya karena warisan orang tua dan kemudian teman kita yang lain menjadi kaya karena berwirausaha atau bekerja.

Menurut anda, mana yang akan anda sebut sukses?. Jawabanya pasti beragam dan memiliki pemahaman dan pandangannya sendiri-sendiri. Tidak masalah, setiap pandangan pasti memiliki sisi kebenaran. Yang akan di bahas adalah kesuksesan yang berbasis pada potensi pedesaan, dengan kata lain memulai sukses dari desa.

Memulai sukses dari desa, apakah mungkin?

Jika anda ingin sukses keluarlah dari tempat anda sekarang !

Ada sebuah istilah, jika anda ingin sukses keluarlah dari tempat Anda sekarang. Dalam pengertian yang luas istilah tersebut benar. Misalnya, seorang anak untuk mendapatkan pendidikan tinggi harus keluar dari desanya karena di desa tempat tinggal tidak ada fasilitas pendidikan.

Setelah menempuh pendidikan dan mendapat ilmu yang cukup, hendaknya kita kembali ke desa untuk membangun kesuksesan kita, jika memang kita berniat memulai sukses dari desa. Namun, yang sering terjadi adalah ketakutan kita tidak mendapatkan pekerjaan karena tidak ada banyak peluang di pedesaan.

Memulai Sukses Dari Desa

Lalu buat apa kita dididik di sekolahan kalau cuma untuk pergi dari desa?. Hayoo, Bisa jawab engga?, Nah, mungkin pandangan ini dikarenakan sistem pendidikan di Indonesia yang harus diperbaiki dan kebiasaan lingkungan yang terbiasa Instan. Idealnya, pendidikan mendidik anak tentang kepedulian dan perubahan, kepedulian terhadap lingkungan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Potensi pedesaan yang serba keterbatasan menjadi tantangan para pemuda untuk meraih sukses dari desa mereka.

Beranikah kita mencoba peruntungan usaha di lingkungan pedesaan?, bisa apa saja, pintar-pintar kita dalam kreatifitas dan tentu tujuan mulia memajukan pedesaan.

Hambatan memulai sukses dari desa

Fasilitas yang tidak mendukung, akses yang jauh dari keramaian, pendidikan dan Ekonomi dan Politik Pedesaan yang masih terbatas. Beranikah kita menanamkan investasi di daerah tersebut ?, bukan hanya investasi uang, tapi kemampuan dan ilmu kita tentunya.

Kita bisa melihat, rata-rata sumber utama ekonomi masyarakatnya adalah bertani, berkebun dan kerajinan tangan. Mari kita manfaatkan peluang sekecil mungkin.Memulai sukses dari desa akan begitu menyenangkan dan membanggakan, terlebih kita mampu mengangkat ekonomi desa tempat kita lahir.

Bagaimana cara memulai sukses dari desa?

Ada beberapa cara untuk memulai sukses dari pedesaan (ini saya ambil dari penelitian personal saya sendiri yang hidup dipedesaan, yaitu dengan melihat beberapa masyarakat yang berhasil sukses di daerah tersebut).

# (1)

Yang pertama adalah mereka menanam investasi dengan membeli tanah pertanian, ini dapat kita lakukan jika kita memiliki modal awal yang cukup (investasi jangka panjang). Harga tanah di pedesaan masih relatif murah jika dibanding di daerah perkotaan. Tanah pertanian yang kita beli lalu kita kelola dengan segenap kemampuan yang sudah kita peroleh dari pendidikan dan pengalaman.

# (2)
Memulai Sukses Dari Desa

Yang kedua dengan menjaring seluruh potensi pedesaan yang ada dan menjadi aktor dalam pemasaranya, maka kita sedang berada di jalan yang benar untuk sukses. Contohnya, jika daerah tersebut berpotensi sumber padi, maka kita tawarkan jasa untuk pemasarkan padi dengan harga beli pada petani lebih tinggi dari biasanya. Cara ini membutuhkan banyak link diluar daerah tersebut, sebisa mungkin di dipasarkan ke kota atau keluar pulau. Karena kita menawarkan jasa, maka kepercayaan, kejujuran dan dedikasi menjadi kunci suksesnya.

# (3)

Yang ketiga adalah berdagang bahan-bahan bangunan. Pada umumnya lingkungan pedesaan adalah lingkungan yang sedang berkembang ekonominya. Banyak dari masyarakatnya mulai tumbuh ekonominya. Semakin bertumbuh ekonomi masyarakatnya, maka pembangunan rumah, jalan dan tempat-tempat lain juga akan semakin marak. Disinilah kita ambil kesempatan untuk berjualan bahan bangunan.

# (4)

Yang ke empat adalah berkebun dengan menyewa tanah di daerah pedesaan. Ilmu yang kita miliki dan pengalaman akan membedakan kita dengan masyarakat desa, paling tidak kita memiliki ilmu secara formal. Mari kita coba tularkan dengan menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Membagi ilmu kita dalam bertani dan berkebun, menyewa tanah dan mulailah berbisnis hasil-hasil perkebunan dan pertanian. Dan jangan salah, banyak masyarakat pedesaan yang ahli dalam hal tertentu namun mereka tidak mempunyai link atau ide untuk mengembangkanya. Di sinilah kita bisa mengambil ilmu dari mereka dan saling bertukar ilmu bercocok tanam atau keahlian lain untuk bisnis.

# (5)

Yang ke lima adalah membawa rekan, teman dan relasi anda ke desa anda. Yakinkan kepada mereka dengan ide wirausaha anda. Ajak mereka untuk berinvestasi di desa tersebut. Sebagai contoh, jika anda mempunyai teman dari eropa, ajaklah ke desa anda, siapa tahu dia akan berminat berinvestasi pariwisata di desa. Pulang ke eropa dan kembali ke desa anda dengan membawa teman-teman mereka.

# (6)

Yang ke enam mereka join dan membangun relasi dengan masyarakat yang mempunyai keahlian dalam menghasilkan produk kreatif. Misalnya, masyarakat pandai dalam membuat kerajinan dari bambu. Hasil produk tersebut mempunyai nilai seni dan artistik, namun penjualan hanya pada lingkungan desa saja. Join dengan mereka dan mulai mengembangkan bisnis tersebut untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomi tinggi. kita juga bisa mempromosikan Wisata Desa kepada masyarakat luar daerah atau bahkan luar negeri. dan kita bisa memulai sukses dengan hal tersebut.

Masih banyak potensi pedesaan yang dapat kita jadikan jalan untuk mendapatkan kesuksesan berawal dari desa tempat kita tinggal dan dibesarkan. Tidak harus pergi ke kota seperti jakarta untuk bekerja. Bukankan hidup di desa itu lebih nyaman dan tenang.

Demikin yang bisa wisata sains suguhkan untuk anda, terimakasih telah membaca artikel dari galerikhasanah.com. semoga artikel ini dapat bermanfaat utuk pembaca sekalian.

Semoga Bermanfaat