Artikel

Mengenal dan Manfaat Buah Manggis

Mengenal dan manfaat buah manggis – Manggis merupakan buah yang eksotik, sangat dikenal diluar negeri namun sayangnya di Indonesia manggis masih kalah populer dibandingkan dengan buah-buah yang lain seperti jeruk dan apel.

Tanaman manggis telah lama dikenal oleh masyarakat baik di dalam maupun diluar negeri mengenai asal-usulnya masih ada beberapa pendapat yang berbeda, menurut beberapa literature asal manggis antara lain sebagai berikut:

  • Steenis (1949), menyatakan bahwa manggis berasal dari Malaysia.
  • Backer cs (1963), menyatakan bahwa manggis tidak diketahui dengan pasti daerah asal muasalnya.
  • Sumber lain menyebutkan bahwa manggis berasal dari Asia Tenggara, tepatnya berasal dari semenanjung Malaya.
mengenal dan manfaat buah manggis
ilustrasi buah manggis

Di Indonesia sendiri manggis terdapat di berbagai pulau dan tersebar di provinsi yang terletak dari barat hingga timur, kecuali ada beberapa provinsi yang tidak banyak tanaman manggisnya.

Tanaman manggis di Indonesia kebanyakan merupakan tanaman manggis warisan zaman dulu yang kualitasnya tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan buah manggis dari Negara lain.

Namun bagi petani manggis yang sudah menggunakan tanaman dan system yang lebih maju kini manggis tidak hanya dikonsumsi di dalam negeri saja namun sekarang manggis sudah diexspor ke luar negeri.

Bahkan sekarang salah-satu sumber devisi Negara yang menjanjikan selain kopi adalah manggis dengan berbagai perkebuman yang menjanjikan kualitas dan rasa manggis yang tidak kalah dari luar negeri.

MANFAAT BUAH MANGGIS

Sejak lama sudah diketahui bahwa manggis memang memiliki bayak manfaat kesehatan bagi manusia. Manfaat manggis berpangkal pada kandungan kimia yang terdapat dibagian-bagian dari tanaman dan buah manggis. Beberapa manfaat manggis antara lain adalah sebagai berikut:

1. Manfaat akar tanaman manggis

Di dalam ilmu farmasi telah dikenal simplisia dari akar tanaman manggis yaitu Garciniae mangostanae radix (akar manggis). Akar manggis mengandung saponin, selain itu akar menggis juga mengandung flavonoida dan polifenol.

Yang bermanfaat bagi wanita yang sedang haid atau dating bulan agar teratur, obat disentri

2. Manfaat batang tanaman manggis

Kayu pohon manggis memiliki tingkat keuletan dan kekerasan yang tinggi, kuat dan awet sebanding dengan kayu sawo. Selain itu kayu manggis juga tidak disukai oleh rayap. Kayu manggis sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan karena kualitas kayunya yang menjanjikan.

Kulit batang manggis sangat bermanfaat juga bagi kesehatan manusia sebagai ramuan tradisional penyalut perut. Kulit batang manggis juga dapat digunakan untk mengatasi nyeri perut.

3. Manfaat daun tanaman manggis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun manggis terdapat manfaat untuk kesehatan manusia diantaraya adalah: menurunkan berat badan, dapat mengurangi jumlah sel spermatid, pereda demam, gangguan kencing, menyembuhkan luka (sehabis sunat).

4. Manfaat kulit buah manggis

Kulit buah manggis mengandung saponin dan tannin yang baik untuk kesehatan tubuh, disamping itu juga kulit buah manggis dapat menyembuhkan gangguan paru-paru serta diare,sariwan, sembelit, dan juga bisa digunakan sebagai antibiotik.

Demikian artikel berjudul mengenal dan manfaat buah manggis semoga bermanfaat!

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !