Mengenal Jenis Daun dan Fungsinya Bagi Kehidupan

Mengenal Jenis Daun dan Fungsinya Bagi Kehidupan – Daun adalah organ pada tanaman yang memiliki peran penting terhadap pertumbuhan tanaman, pada umumnya daun memiliki warna hijau karena mengandung klorofil dan berfungsi sebagai penangkapan sinar matahari yang digunakan sebagai proses fotosintesis. Daun disebut sebagai organ terpenting bagi tumbuhan karena tumbuhan merupakan organisme autotrof obligat, yaitu untuk melangsungkan hidupnya tumbuhan harus memasok energinya sendiri melalui perubahan energi cahaya matahari menjadi energi kimia (fotosintesis).

Oke, mari kita mengenal Fungsi daun secara umum;

1. Tempat Terjadinya Fotosintesis

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari.

2. Sebagai pernafasan atau respirasi

Stomata berfungsi sebagai organ respirasi. Stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stomata ibarat hidung kita dimana stomata mengambil CO2 dari udara dan mengeluarkan O2, sedangkan hidung mengambil O2 dan mengeluarkan CO2. Stomata terletak di epidermis bawah. Selain stomata, tumbuhan tingkat tinggi juga bernafas melalui lentisel yang terletak pada batang.

3. Tempat terjadinya transpirasi

Transpirasi adalah hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan.

4. Tempat terjadinya gutasi

Gutasi adalah proses pelepasan air dari jaringan daun dalam bentuk cair. Gutasi terjadi melalui lubang-lubang pengeluaran yang terdapat pada bagian tepi daun sebagai bagian dari proses pengeluaran kelebihan air sebagai sisa metabolisme, khususnya pada saat pengeluaran dengan cara transpirasi (penguapan) tidak efektif, misalnya pada malam hari. Gutasi dapat diamati pada pagi hari dan dapat disalahartikan sebagai embun. Ia terlihat sebagai tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur, sesuai dengan lokasi lubang pengeluaran.

5. Alat perkembang biakan vegetatif

Reproduksi vegetatif adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina). Reproduksi vegetatif bisa terjadi secara alami maupun buatan. Perkembangbiakan dengan membelah diri biasanya terjadi pada hewan tingkat rendah,bersel satu/protoza, misalnya: amuba dan paramaecium. Pembelahan diri biner jika terjadi pembelahan individu menjadi 2 individu baru, dan disebut pembelahan diri multipel (perkembangbiakan dengan spora) jika pembelahan individu menjadi banyak individu, misalnya: plasmanium.

Macam daun dapat dibedakan menjadi lima yaitu

  1. Daun hijau (folium), dalam arti yang sempit, merupakan organ yang digunakan untuk fotosintesis.
  2. Katafil (cataphyllum), adalah sisik pada kuncup atau tunas ketiak dan pada batang bawah tanah. Fungsi utama adalah untuk pelindung dan penyimpan makanan.
  3. Propil (prophyl), daun pertama pada ranting, biasanya pada tumbuhan monokotil berjumlah dua helai.
  4. Hipsofil (hysodhyll), biasanya bentuk lebih kecil dari daun hijau dan bentuknya berbeda sama sekali, letaknya melekat pada bagian dasar perhubungan istilah popular disebut daun pelindung atau braktea.
  5. Kotiledon (cotyledon), adalah daun pertama pada tumbuhan.

Daun merupakan organ utama tmpat berlangsungnya proses fotrsintesi. Luas daun yang optimal memungkinkan distribusi cahaya antar daun lebih merata. Distribusu cahaya yang lebih merata antara daun mengurangi kejadian mengurangi kejadian saling menaungi antara daun sehinggga masing-masingdaun dapat berkerja sebagai mana mestinya.

Daun merupakan oran terpenting dalam pertumbuhan dalam melangsungan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotroph obligat, karena harus memasok energy sendiri melalui konversi cahaya menjadi energy kimia. Bentuk daun biasanya sangat beragam, namun biasanya berbentuk helaian, biasa tipis ataupun tebal.

Demikian artikel tentang Mengenal Jenis Daun dan Fungsinya Bagi Kehidupan, semoga bermanfaat.

Salam

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !