Manfaat dan Khasiat Teh BASI untuk rambut hitam alami

Manfaat dan Khasiat Teh BASI untuk rambut hitam alami – Setelah postingan sebelumnya yang berjudul Sayuran untuk kesehatan, pada postingan kali ini akan berbagi informasi tentang penggunaan Teh basi sebagai penghitam rambut alami. Rambut menjadi salah satu organ penting yang dimiliki manusia. Rambut adalah mahkota penghias kepala manusia, sehingga perlu dijaga dan dirawat dengan baik.

Banyak obat-obat perawatan rambut yang beredar dipasaran tidak merawat, malah justru merusak rambut. Pada saat ini perawatan rambut dari rebonding sampai rambut yang disambung menjadi tren. Perawatan rambut tersebut yang dilakukan terus menerus akan merusak warna alami rambut dan kesehatan rambut. Pada dasarnya perawatan rambut yang terbaik adalah merawat dengan membersihkan, memotong rambut dan memberikan nutrisi pada rambut kita.

  • Dampak Perawatan rambut yang berlebihan : Keluar dari makna sebenarnya yaitu perawatan, banyak perlakuan pada rambut dilakukan secara berlebihan dan hanya mengedepankan mode belaka. Hal tersebut tidak diimbangi dengan perawatan dalam arti sebenarnya. Seperti organ tubuh lainya, rambut mempunyai kemampuan sendiri untuk regenerasi/melakukan perbaikan diri secara alami. Proses memperbaiki/regenerasi rambut tersebut membutuhkan waktu tertentu. Bayangkan saja, jika kita melakukan pewarnaan, rebonding, dll secara rutin setiap minggu maka kita tidak akan memberikan kesempatan rambut untuk melakukan regenerasi secara sempurna. Secara umum dampak yang ditimbulkan dari perawatan rambut yang berlebihan adalah rusaknya rambut seperti : rambut bercabang, rambut rontok, beruban, berketombe, rambut mejadi merah, rambut tipis dan tidak sehat dll. Mode memang selalu menjadi alasan utama kenapa rambut diperlakukan sedemikian rupa.
Manfaat dan khasiat teh basi
daun teh

 Air Teh Basi

Apa yang dimaksud dengan air teh basi, pasti kita semua sudah pernah minum teh. Nah, teh basi yang dimaksudkan adalah air teh tawar yang sudah didiamkan selama 1 hari 1 malem. Warna teh sudah keruh dan endapan sudah terbentuk didasar wadah. Air teh basi tidak ada campuran lainya, seperti gula garam dll. Air teh basi yang dimaksudkan adalah teh tawar.

Berikut adalah cara membuat Air teh basi :
  1. Sediakan daun teh kering yang akan diseduh dengan air panas.
  2. Seduh daun teh dengan air panas yang sudah mendidih ( penyeduhan bertujuan untuk menguraikan sari teh sehingga air teh menjadi berwarna khas teh, penyeduhan dengan air mendidih juga berfungsi sebagai pembunuh kuman).
  3. Setelah penyeduhan, diamkan air teh selama 1 hari 1 malam pada wadah tertutup, hal ini bertujuan agar air teh tidak tekontaminasi. Sedangkan pendiaman berfungi untuk menyempurnakan persenyawaan yang terjadi. Juga bertujuan untuk mendinginkan air teh.
Fungsi Air Teh Basi 

Menghitamkan rambut biasanya dilakukan dengan menggunakan pewarna rambut/ semir. Namun perlu diingat, penggunaan semir secara terus menerus akan menyebabkan efek samping, salah satunya kerontokan rambut. Kerontokan terjadi karena sifat semir terbuat dari campuran bahan kimia, kebanyakan semir saat digunakan akan terasa panas, jika digunakan selama terus menerus akan merusak rambut.

Oleh karena itu penggunaan semir khususnya untuk warna hitam dapat menggunakan air teh basi. Terlebih penggunaan semir warna hitam dalam agama islam tidak diperbolehkan. Air teh basi digunakan sebagai pewarna alami, dan menurut hemat saya proses alami akan lebih sehat dan dapat bertahan lama. Air teh basi dipercaya dapat menyehatkan rambut, memang perlu ada penelitian lebih lanjut secara ilmiah terkait hal tersebut. Penggunaan air teh basi sudah digunakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu sebagai jamu rambut, menghitamkan rambut, serta mencegah uban munculnya uban. Dan memang menurut masyarakat dapat menghitamkan rambut. Meskipun penggunaan air teh basi memerlukan waktu lebih lama yaitu setelah pemakaian 2 minggu baru akan terlihat dampaknya.

Cara menggunakan air teh basi sebagai penghitam rambut

  1. Proses ini dilakukan dua jam sebelum mandi setiap pagi hari.
  2. Air teh yang sudah didiamkan disiapkan dengan wadah yang terbuka (jangan di aduk, karena endapan akan tercampur lagi dan air teh akan keruh).
  3. Cuci tangan dengan bersih, celupkan kedua telapak tangan sampai sampai basah lalu basahi rambut dengan kedua tangan.
  4. Basah harus rata diseluruh bagian.
  5. Diamkan 2 jam, lalu bilas dengan air bersih (jangan dulu menggunakan sahampo, gunakan shampo setelah 1 hari atau mandi pada saat sore).

Untuk merawat rambut agar tetap sehat tidak hanya dengan perawatan mahal, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Untuk lebih jelasnya bisa di baca di e-book :

>> Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Lengkap <<

Baca Juga  tentang 20 Fakta tentang rambut

Demikian postingan ini, semoga tips di atas dapat membantu pembaca semua yang ingin rambutnya terlihat hitam alami dan tahan lama.

3 Comments
  1. sijapar
    • Tohir
      • sijapar

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !