Artikel

Menikmati Cobaan

Menikmati Cobaan – Setiap dari kita pasti mengalami cobaan, entah itu cobaan berupa kesenangan maupun kesedihan, nah yang paling menguras energi adalah ketika kita dihadapakan pada cobaan yang berwujud kesedihan. Banyak orang yang kalah ketika menghadapi cobaan seperti ini, hal pertama yang dilakukan kita biasanya adalah meluapkan emosi. “Kenapa cobaan ini harus datang ke saya, kenapa Tuhan begitu kejam dan berbagai keluh kesah yang lain”.

TERIMA SAJA COBAAN AGAR HATI MENJADI TENANG

Sudah tak usah banyak mengeluh ketika cobaan itu datang, nikmati saja dan terima cobaan itu dengan lapang dada, semakin kita mengeluh maka semakin sengsara kita, terima saja dan berusaha menguatkan hati bahwa dibalik ini semua pasti akan ada keindahan setelah semua ini berlalu.

Menikmati cobaan bisa dengan melihat sesama, ada masalah yang lebih besar yang dialami orang lain, contoh ketika kita sedang dicoba dengan sakit, banyak orang yang sakitnya lebih parah dari kita, banyak orang diluar sana yang bahkan untuk berobat saja tidak bisa, banyak dari itu semua mereka kehilangan nyawa.

Menikamti Masalah
Ilustrasi Orang Sedang Mengalami Masalah

Ada suatu cerita rakyat yang berasal dari Tiongkok sana, disebuah kerajaan megah ada seorang pemuda yang mengalami sakit parah, saking parahnya pemuda itu divonis hidupnya tidak akan lama lagi, merasa hidupnya tidak akan lama, pemuda yang biasanya hidup dengan ceria akhir-akhir ini dia selalu murung, hampir tidak ada senyum yang menghiasi wajah pemuda itu, suatu malam dia bermimpi bertemu dengan bidadari, bidadari itu berbicara kepada pemuda itu, bahwa penyakitmu sudah disembuhkan karena ada salah satu anak yang mendoakanmu untuk sembuh, Tuhan merasa iba dengan doa anak tersebut dan akhirnya pemuda itu pun benar-benar telah dinyatakan sembuh dari penyakitnya.

Pemuda tersebut akhirnya penasaran dengan anak yang mendoakannya. Semulia dan sesakti apa anak itu, hingga penyakit yang dia derita sembuh total apalagi tabib sudah memvonis bahwa hidupnmya tidak akan lama. Akhirnya dia menelusuri siapa yang mendoakan dia untuk sembuh, setelah beberapa waktu akhirnya pemuda tersebut berhasil menemukan anak yang mendoakannya, ternyata dia adalah seorang anak jalanan yang hampir setiap minggu dia berikan makanan.

Meski hal di atas tadi hanya cerita rakyat, namun kadang kala dalam hidup yang sudah sangat modern ini, keajaiban-keajaban kecil masih kita sering temui, seperti soal cerita tadi, kuncinya adalah sebarkan kebaikan sebanyak mungkin, suatu ketika kebaikan yang telah kita tanam akan menolong kita dengan cara yang sama sekali tidak nalar dipikiran manusia secara normal.

Termasuk soal cobaan tadi, cobaan yang dirasa begitu berat yang menimpa kita, namun ketika kita sudah mempunyai bekal kebaikan, tak usah diminta, biarkan alam mengaturnya sendiri, kita akan merasa nyaman dan kuat meski dalam cobaan atau permasalahan besar, ternyata salah-satu sumber tenangnya manusia bukan karena apa-apa tetapi karena hukum kebaikan tadi, dan orang yang baik tentunya orang yang dekat dengan pemilik kedamainya abadi (Tuhan).

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Masalah Hidup

One Comment

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !