Artikel, Internet Dan Teknologi

Menilai Kemajuan Situs

Setelah hampir 5 hari saya dilanda sakit dengan badan panas, demam dan sakit kepala tidak ketulungan, akhirnya hari ini saya paksakan menulis. Merasa bersalah dengan rekan seprofesi tentunya.

(Kata dokter si gue kena DBD, harus cek darah segala macem,,tapi tenag sob,,,saya sudah melaluinya dengan sempurna,,tinggal masa pemulihan nih..).

Setelah saya buka www.chyrun.com, yang tadinya saya merasa bersalah karena 4 hari ini vakum menulis, eh ternyata sohib-sohib ane juga sama, terakhir saya lihat tulisan terakhir blog ini masih berjudul, “Mari Ngomongin Orang Dulu”. Hehe..

Saya sapa dulu pembaca setia chyrun.com, hehe, tapi kayaknya chyrun.com belum memiliki pembaca setia yak,,yah ga papa lah, siapa tahu kedepan chyrun.com bakal menjadi media berbagi informasi yang selalu kami cita-citakan.

oke, kali ini saya ingin mengulas laporan kemajuan situs chyrun.com dalam Menilai Kemajuan Situs.

BTW, selama 4 hari tidak membuka blog ini, ada beberapa parameter penilaian versi saya sendiri yang saya coba cermati dari situs ini. Mau tahu apa saja ?

#1 Trafik

Nah, ini adalah tantangan terbesar blog ini setelah migrasi dari blogger ke wordpress. Trafik blog ketika masih menggunakan platform blogger dalam sehari bisa mencapai 2000 pengunjung lebih, kini trafik blog menurun tajam hampir tersisa 1/3nya saja, yaitu sekitar 700 pengunjung setiap hari.

Saya mencoba mencari penyebabnya, akhirnya saya menemukan salah satunya banyaknya internal link yang eror atau istilahnya broken link.  Sehingga pengalaman pembaca menjadi tidak nyaman, dan tentu akan mengurangi penilaian positif di mata google. Banyak artikel yang tadinya menduduki page one google kini tersungkur entah di mana keberadaanya.

Lalu apa yang harus di lakukan?

Mau tidak mau kami harus memperbaiki setiap artikel di blog ini satu persatu. Sampai dengan artikel ini ditulis, jumlah artikel blog ini sekitar 499 artikel, dan baru separuhnya saja yang sudah kami perbaiki. Jadi harap maklum jika trafik blog masih jauh dari trafik sebelumnya.

#2 Pendapatan

Hmm, semakin ramai sebuah toko maka akan semakin banyak pembeli maka semakin banyak pula keuntungan yang di dapatkan. Ini berlaku juga bagi sebuah blog. Trafik chyrun sedang mengalami tingkat kejenuhan tafik, dan bahkan ini lebih tragis dibanding saat costum domain dulu.

Pendapatan turun hampir 75%, salah satu penyebabnya tentu trafik dan beberapa penyebab lain seperti google masih belum bisa menarget iklan dengan baik di blog ini.

Dari beberapa  refrensi yang saya dapat, blog akan pulih dari sisi trafik setelah sekitar 2 bulan sejak pindah hosting.  Tentunya dengan perbaikan sana-sini, terutama dari sisi artikel. Semoga kami bisa mengatasi ini dengan baik.

#3 Rank Alexa

Mungkin ini sedikit menghibur hati kami dan menggebirakan. Meskipun trafik turun, pendapatan juga turun, namun rank alexa meramping. Artinya apa?, situs chyrun semakin familiar di internet meskipun artikel-artikel kami belum mampu menguasai top one google search.

Selalu ada hikmah di balik keinginan untuk maju. Selain keberanian, juga semangat kuat untuk memajuakan situs ini. Butuh kerja keras dan keuletan yang ekstra.  Semoga kami selalu di berikan kesehatan dan waktu untuk nguri-nguri situs chyrun.com ini. Just One day one artikel. Semoga artikel berjudul Menilai Kemajuan Situs dapat menambah ilmu pembaca sekalian dalam menilai kemajuan situs Anda pribadi.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !