Opini

Menulis Wajib, Apalagi Optimasi : Membangun Situs Bukan Cuma Menulis Lalu Publish?

Menulis Wajib, Apalagi Optimasi : Membangun Situs Bukan Cuma Menulis Lalu Publish? – Dalam beberapa hari ini kami gencar melakukan rekruitmen penulis dari kalangan sahabat-sahabat  yang mau karyanya di publish di chyrun.com.

Menulis adalah bentuk kreatifitas tak terbatas, banyak sekali manfaat menulis, dari memaksa otak untuk terus digunakan, juga mengasah kemampuan kordinasi syaraf motorik dan sensorik kita.

Oke, menulis bagi saya sendiri adalah wajib, dengan menulis banyak cerita yang bisa kita tinggalkan di dunia ini dan menjadi kenangan berupa ilmu atau informasi untuk dikenang oleh generasi masa depan.

Jangan Anda kira membangun situs cukup hanya dengan menulis dan menulis !, Ga akan ada yang baca tulisan loe, paling yang baca sahabat facebook kamu karena share di media sosial.

Jadi buatlah sebuah konsep dan strategi dalam membesarkan website tersebut.

Bagaimana caranya?

Pertama dan utama adalah buatlah sebuah wadah bisa blog/website, fanspage atau lainya, lalu buatlah konten ( bisa tulisan, vidio, gambar ).

Kedua lakukan optimasi dasar terhadap situs anda tersebut, bagaimana caranya? Ada istilah optimasi on page dan optimasi off page. Saya tidak akan menjelaskan lebih panjang, silahkan anda cari informasi sendiri. Intinya adalah lakukan optimasi itu.

Kemudian yang ketiga lakukan promosi,  kita bisa beriklan atau promosi manual melalui media sosial. Saya dalam blog pribadi membuat sebuah artikel tentang tips promosi konten blog di facebook. Silahkan bagi yang ingin membaca.

Perlakukan pembaca dengan manusiawi, karena mereka manusia bukan robot. Meskipun saya tidak mau menyinggung masalah optimasi, namun ini penting karena design situs, isi konten dan kepuasan pembaca adalah yang terpenting. Bangun komunitas dengan passion yang sama.

Buat situs berkualitas (menulis artikel, vidio, gambar) > > Lakukan Optimasi > > Buat strategi Promosi  > > Buat komunitas pembaca yang loyal

Tidak ada kesuksesan tanpa rencana (Menejemen sumberdaya)

Inilah pentingnya sebuah menejemen, mengatur mana yang berperan A, atau mana yang berperan B. Jika ingin besar, harus ada yang menyatukan itu semua menjadi kesatuan yang kokoh.

Banyak blogger ngeblog sampai bertahun-tahun, tapi blog / situsnya masih itu-itu saja.  Padahal rutin nulis tiap waktu.

Kenapa bisa seperti itu ?

Karena mereka tidak melakukan 4 tips yang saya sampaikan di atas. Dan kadang mereka terlalu fokus pada menulis, padahal membuat blog/situs populer adalah tentang menejemen dan strategi bukan hanya soal konsisten dalam menulis.

menulis wajib apalagi optimasi

Kejar setoran menulis lalu publish, menulis lalu publish sampai 10 kali publish artikel setiap hari. Pertanyaanya, apakah artikel yang kita publish layak untuk di baca orang lain?

Saya lakukan ini”dulu” ketika awal saya mengenal dunia blog dan website. Ingin cepat mendapat trafik, akhirnya menulis sekenanya, dan seringkali copy paste. Dan apa yang saya dapatkan, situs tersebut terbenam di keramaian dunia online.

Baru kemudian mulai menemukan polanya. Tidak sama sekali ribed. Saya hanya membuat konten prima, sedikit optimasi teknis, lakukan promosi dan jaring pembaca.

Kunci dari ramainya sebuah blog adalah pada konten, Optimasi dan promosi. Jadi biasakan untuk berlatih membuat konten prima, pelajari optimasi dan bagaimana strategi promosi.

Jangan jadi blogger yang gagal karena menganut hanya satu paham, menulis terus menerus. Itu bodoh dan buang-buang waktu.

baca juga : Passion menulis blog

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat,

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !