Merintis Blog / website Dari Desa

Merintis Blog / website Dari Desa – Selamat  membaca chyrun.com. Baiklah, pada postingan ini saya ingin menyasar target pembaca dari kampung atau desa, semoga dapat membantu teman-teman saya di desa yang ingin mencoba membuat sebuah situs blog atau website. Atau mungkin perangkat desa yang ingin membuat website desa mereka.

Ada dua pemahaman yang harus dipahami dari judul di atas, yaitu merintis blog pribadi Anda sebagai orang desa, serta merintis blog dalam cakupan pemerintahan Desa. Ini berbeda, jika Anda ingin membuat blog probadi, tidak akan seribed membuat blog pemerintahan tentunya.

Akan saya bagi dalam dua pembahasan, membahas situs blog untuk pemerintahan dan membahas situs blog pribadi Anda sebagai orang desa.

Situs blog/ website Pemerintahan Desa

Program Kementrian Informasi dengan menyediakan domain desa.id memiliki tujuan salah satunya mengenalkan dunia informasi digital khususnya media blog kepada pemerintahan desa serta masyarakatnya. Tentunya untuk mempermudah akses dan pelayanan kepada masyarakat.

Merintis Blog / website Dari Desa

Loncatan perubahan teknologi informasi yang begitu cepat, menuntut pemerintah lebih sigap dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ini adalah program yang dibuat atas latar belakang perkembangan media informasi digital yang begitu cepat, bahkan sangat cepat.

Pemerintah ingin mendidik masyarakat terutama pegawai pemerintahan pedesaan, bahwa kita bisa membuat media informasi berupa blog / website desa. Mengisinya dengan berbagai konten yang berkaitan dengan desa tersebut dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan program pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi, tentu menguntungkan masyarakat desa dan pegawai pemerintahanya.

Apa keuntunganya ?

Keuntungan pertama tentu mendidik masyarakat desa untuk lebih mengenal dan terlibat dalam perkembangan informasi digital, bisa berupa blog atau website. Karena dengan blog / website, masyarakat lebih dimudahkan dalam mengakses informasi terkait desa. Misalnya, Masyarakat cukup menggunakan Handphone atau komputer untuk mengakses tranparansi laporan keuangan desa tanpa harus menuju kantor desa untuk menanyakanya, dapat mengakses syarat dan ketentuan dalam membuat surat-surat seperti KTP dan surat kependudukan lainya.

Merintis Blog / website Dari Desa

Kentungan kedua adalah karena semakin meleknya masyarakat desa terkait blog / website, maka masyarakat itu sendiri diharapkan tertarik dan ikut berperan di dalamnya. Seperti, karena tahu ilmunya, masyarakat dapat mulai membuat situs blog sendiri, jangan salah, sebuah blog yang kita miliki dapat menghasilan uang dan dapat mengurangi pengangguran di desa.

Keuntungan ketiga, dengan semakin terdidiknya masyarakat pedesaan, pekerjaan perangkat desa akan semakin mudah praktis dan efisien.Karena setiap Informasi penting sudah terupload dalam blog / website desa maka perangkat desa tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar.

Misalnya, jika saya seorang warga desa dan desa tempat saya berada sudah memiliki website sebagai gudang informasi publik, maka saya tidak perlu repot-repot menuju balai desa untuk sekedar bertanya. Begitupun perangkat desa, tidak perlu repot-repot menjelaskan kepada saya tentang informasi yang saya butuhkan, karena semua sudah ada di website desa.Kerja perangkat desa akan Efektif dan efisien.

Keuntungan ke empat adalah semakin dikenalnya desa oleh pihak luar, kita bisa mempromosikan pariwisata yang ada di desa. Misalnya mempromosikan Wisata gunung putri desa kalitapen. Dan promosi-promosi lainya.

Blog pribadi yang dirintis dari desa

Saya berharap sekali, pemerintah suatu saat memfasilitasi proses perkembangan informasi di desa, salah satunya dengan memberikan kemudahan dalam akses internet di desa.

Kita sebagai masyarakat desa, memiliki hak yang sama untuk maju. Jika Anda seorang desa seperti saya, dan anda tertarik dengan dunia online, maka anda bisa merintis dengan membuat sebuah blog dan menuangkan setiap pengalaman anda dalam blog tersebut.

Setiap tulisan, foto atau vidio yang anda upload di blog akan bisa di akses oleh siapa saja di dunia ini selama ada internet. Apa keuntunganya?. Baik mari kita uraikan satu persatu.

Pertama, Anda bisa mempromosikan desa anda ke dunia luar bahkan internasional hanya melalui sebuah blog yang Anda punya. Senakin banyak yang membaca tulisan Anda, semakin terkenal desa Ada dan akan banyak orang penasaran dan bedatangan ke desa Anda.

Kedua, Anda juga bisa menguangkan blog anda, semakin ramai pengunjung blog maka penghasilan dari blog akan semakin tinggi.

Saya terinspirasi dari sebuah wilayah di kalimantan dan jawa timur. Di sana ada sebuah kampung blogger, hampir sebagian warganya berprofesi sebagai blogger. Mereka mampu menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dari aktivitas online mereka.

Saya memiliki sebuah mimpi, ingin menjadikan desa asal saya yaitu desa Kalitapen sebagai sebuah desa yang warganya paling tidak anak mudanya memiliki sebuah situs yang isinya beragam dan mereka dapat berbagi informasi di dalamnya.

Saya sangat bersedia sekali jika diminta oleh pemerintah desa untuk melakukan pelatihan terkait media online khususnya pelatihan membuat blog untuk pemuda yang ada di desa saya tersebut.

Tentang bagaimana merintis sebuah blog yang menghasilkan uang dan segala hal teknis dasar dalam membuat sebuah web / blog.

Salam chyrun.com

One thought on “Merintis Blog / website Dari Desa

  1. Pingback: Purbalingga Ramah Informasi, Acara Kominfo Purbalingga Di Hotel Santika Purwokerto | Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !