Nasehat Berharga untuk Para Fresh graduate

Buat Apa Kuliah dan Berpendidikan? Nyatanya Gelar Sarjana Tak Menjamin Kesuksesan !

Anda baru saja lulus? Anda seorang freshgraduate? Silahkan Anda melanjutkan untuk menyimak artikel ini.

Seseorang yang baru saja berhasil meraih gelar sarjananya entah itu S1 atau S2 yang mana belum mempunyai pengalaman pekerjaan dalam masa waktu kurang dari satu tahun, itu biasanya masih mempunyai rasa idealism yang tinggi.

Mereka sangat berambisi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai bidang studinya, gaji yang besar dan pelayanan pihak kantor yang menyenangkan. Prinsip tersebut biasanya membawa kebanyakan orang freshgraduate tersebut menjadi sangat pilah pilih mengenai pekerjaan yang hendak mereka lamar.

Faktor tersebut kadang membawa sebagian freshgraduate hanya menghabiskan waktu freshgraduate nya untuk berpikir tanpa bergerak.

Lantas setelah kejenuhan dalam diri freshgraduate tersebut meradang, entah itu setelah habis masa freshgraduate nya atau dalam masa freshgraduatenya, mereka barulah membuka diri mereka untuk menghilangkan prinsip idealism tersebut.

Nasehat untuk Fresh Graduate
Fresh Graduate

Mereka mulai bergerak kreatif dengan mencari-cari peluang yang lain dengan segala cara agar ia mendapatkan pekerjaan. Namun tak semua dari mereka dapat melempar rasa idealism begitu saja hingga mereka mendapatkan pekerjaan yang apapun, ada sebagian mereka yang menjadi depresi karena prinsipnya tak segera terwujud, ada yang menganggur bertahun-tahun hingga lupa rasanya ambisi mencari pekerjaan atau pun kemungkinan yang lainnya.

Anda yang termasuk freshgraduate baru tidak usah takut atau pun cemas dengan keadaan yang seperti itu. Disini kami akan sedikit berbagi trik dalam menghadapi masa freshgraduate.

Masalah rezeki dan pekerjaan sebenarnya itu masalah nasib seseorang. Namun Allah telah menjajikan kepada seseorang yang mau berusaha dan berdoa maka ia dapat merubah nasibnya untuk menjadi lebih baik.

Hal yang paling utama Anda lakukan hendaknya Ana bertaubat terlebih dahulu kepada Allah SWT. Bertaubat agar segera diampuni atas dosa-dosa kita yang telah lalu. Karena sesuatu dosa yang pernah dilakukan seseorang juga dapat menutupi atau menghalangi rezeki mereka.

Hal Kedua setelah bertaubat adalah beribadah dan berdoa yang rajin agar selalu ditunjukan jalan yang diridloiNya dan ditunjukan jalan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan thayyiban.

Orientasi dalam mencari pekerjaan Anda jangan lah untuk uang, namun untuk ibadah. Dengan bekerja kita dapat membantu biaya untuk kehidupan orang tua kita, istri kita, bisa menambah sedekah kita dan ibadah lainnya. Yang menunjukan tempat pekerjaan yang menjamin rizki dan kehidupan seseorang adalah Allah SWT, pasrahkan saja, yang penting kita wajib melakukan ikhtiar lho yah…

Maka kita harus selalu berusaha dekat denganNya dengan cara menambah ibadah-ibadah kita. Menyadari bahwa hidup adalah tentang kita dengan Tuhan, dan kita dengan alam.

Trik yang ketiga adalah terus berusaha mencari info lowongan pekerjaan. Carilah pekerjaan yang benar-benar halal, pekerjaan yang tidak menjauhkan kita dengan rasa syukur dan yang pastinya pekerjaan yang direstui oleh keluarga kita. Jangan pernah gegabah dan stress, tetap bersabar dan terus lah berusaha dengan rasa optimis diri.

Hal terakhir adalah tawakal. Kita wajib menyerahkan segala hasil atas jerih payah kita setelah berdoa dan berusaha. Karena hanya Allah lah yang berhak memutuskan itu semua. Lakuka segalanya secara ikhlas lillahita’ala.

Waktu luang yang Anda dapatkan dalam masa pengangguran ini adalah cobaan bagi Anda tentang bagaimana Anda akan melaluinya, bagaimana Anda akan tetap bersuykur atau tidak, bagaimana Anda akan tetap dengan Allah atau tidak.

Anggap saja semua waktu luang ini adalah hadiah emas Anda untu merehatkan badan Anda dari kesibukan duniawi, namun tak berarti Anda menjadi pengangguran Anda juga menjauh dari kesibukan akhirat. Manfaatkan waktu luang Anda sebaik mungkin.Mungkin Allah ingin melihat kita sholat berjamaah tiap waktu di masjid.

Baca juga : Sarjana Pengangguran

Mungkin Allah ingin melihat Anda tilawah yang rajin. Mungkin Allah ingin melihat Anda mempunyai waktu berkumpul silaturahmi dan birul walidain dengan keluarga. Dan segala kemungkinan positif lainnya.

About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*