Hama Nimfa Kepik Hijau Dalam Pertanian

Pengendalian Nimfa Kepik Hijau Dalam Pertanian – Hama nimfa kepik hijau ( Nezara viridula ) memiliki bagian tubuh yang meliputi kepala, punggung, abdomen, dan tungkai. Nezara viridula merupakan jenis hama yang memilki tipe mulut penghisap yang menyerang tanaman pangan dan memiliki metamorfosis tidak sempurna serta kami mengamati dari sumber herbarium kering..

Klasifikasi kepik hijau (Nezara viridula)

Kingdom         : Animalia (Hewan)

Filum              : Arthropoda (arthropoda)

Kelas               : Insecta (Serangga)

Order               : Hemiptera

Subordo          : Heteroptera

Family             : Pentatomidae

Subfamily        : Pentatominae

Genus              : Nezara

Species            : Nezara viridula

Morfologi Kepik Hijau

Hama kepik hijau ini pada stadia imago berwarna hijau polos, kepala berwarna hijau serna pronotumnya berwarna jingga dan kuning keemasan, kuning kehijauan dengan tiga bintik berwarn hijau dan kuning polos. Telur diletakkan berkelompok (10-90 butir/kelompok) pada permukaan bawah daun. Nimfa terdiri dari 5 instar. Instar awal hidup bergerombol di sekitar bekas telur, kemudian menyebar.

hama nimfa kepih hijau

Siklus Hidup Kepik Hijau

Serangga ini berwarna hijau, memiliki sepasang antena, memiliki sepasang sayap yang berbentuk bangun segitiga, memiliki mata fasek, memiliki tiga pasang tungkai. Panjang kepik hijau sekitar 16 mm. Telur diletakkan berkelompok pada permukaan bawah daun. Nimfa terdiri-dari 5 instar. Instar awal hidup bergerombol di sekitar bekas telur, kemudian menyebar. Siklus hidup: 4 – 8 minggu: Telur 5 – 7 hari, Larva: 21 – 28 hari

Gejala tanaman terserang hama nimfa kepik hijau

Gejala serangan hama kepik hijau menyerang Polong dan biji menjadi mengempis, polong gugur, biji menjadi busuk, hingga berwarna hitam. Kulit biji menjadi keriput dan adanya bercak coklat pada kulit biji.

Akibat serangan hama nimfa kepik hijau

Akibat dari isapan hama pengisap polong dapat menyebabkan kehampaan, terlambat tumbuh dan terbentuk biji-biji yang cacat bentuknya yang biasanya memiliki bekas isapan.

Cara Pengendalian hama nimfa kepik hijau

  • Menggunakan musuh alami: jenis tabuhan Ooencyrtus malayensis Ferr. dan Telenomus sp. merupakan parasit pada telur kepik hijau.
  • Pergiliran tanaman, penanaman serempak, dan pengamatan secara intensif sebelum dilakukan pengendalian dengan menggunakan insektisida.

Demikian penjelasan singkat kepik hijau dalam artikel berjudul Hama Nimfa Kepik Hijau Dalam Pertanian, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !