Artikel

Pakan Larva Lele Dari Telur Afkir/ Gagal Menetas

Salam , Postingan kali ini akan mengulas Pakan alternatif larva lele dari telur afkir. Sebelumya mari kita gali sedikit pengertian telur afkir. Telur afkir merupakan telur yang tidak di tetaskan pada saat proses penetasan, sehingga telur tersebut masih utuh dalam bentuk cairan kental yang kaya protein. Biasanya telur afkir berbau menyengat.. Hal ini dapat di karenakan telur tersebut fertil atau telur tersebut busuk sebelum menetas.

Lalu Apa manfaat Telur Afkir?

Seperti kebanyakan telur yang lain, telur afkir mengandung protein yang tinggi. Hal ini dapat kita manfaatkan sebagai sumber protein untuk larva ikan lele.

 

Pembuatan pakan larva lele dari telur afkir/ gagal menetas

Berikut cara untuk membuat pakan larva lele dari telur-telur ayam yang gagal menetas :

  1. Telur yang gagal menetas/afkir di kumpulkan dalam satu tempat, telor-telor ini dapat diperoleh dari para peternak ayam khususnya tempat penetasan ayam. Biasanya mereka menjual telur afkir dengan harga murah.
  2. Larva ikan lele dengan umur sudah lebih dari 2 minggu/ cadangan makanan dari larva sudah habis disiapkan. Biasanya larva-larva tersebut di tempatkan pada sebuah kolam/ baskom, tempat disesuaikan dengan jumlah larva.
  3. Dari pengalaman para peternak ikan, perbandingan 1 telur afkir untuk 1000 larva ikan berumur 2 minggu per satu hari. Perbandingan akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan larva ikan lele. setiap 1 minggu akan ditambah 1-2 butir telur untuk 1000 larva ikan lele. Perhitungan diestimasi dari kira-kira 10 % total bobot tubuh larva.
  4. Pemberian dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi hari, sekitar pukul 07.00 dan sore hari, sekitar pukul 18.00. Satu kolam yang berukuran 10 m2, dengan 20.000 ekor cukup dengan sebelah kuning telur setiap kali pemberian. Jadi untuk empat kolam cukup dengan dua butir saja. Cara pemberiannya harus merata ke seluruh permukaan air kolam. Karena itu, alat semprotnya harus yang bagus. Begitulah setiap hari, pagi dan sore.
  5. Lama pemberian sampai larva berukuran cukup untuk memakan cacing sutra/ pelet yang tersedia di toko-toko. Biasanya pemberian dilakukan sampai 3 minggu berturut-turut.
  6. Kelebihan memberi pakan larva dari telur afkir selain mudah juga bersahabat dengan mulut larva yang masih kecil.
  7. Jika di tempat anda tidak tersedia telur afkir, dapat menggunakan telur-telur yang tersedia di pasar.
  8. yang terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu ganti air kolam 3 hari sekali. hal ini di karenakan isi telor merupakan media ideal bagi tumbuhnya bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan larva ikan lele.
  9. TIPS : telur ayam direbus dahulu hingga matang atau hingga kuningnya keras. Telur yang sudah dingin diambil kuningnya saja, lalu diletakan dalam kain halus sebagai penyaring. Seliter air segera disiapkan, lalu kuning telur tersebut dihancurkan dan masukan ke alat semprot, langsung diberikan.
  10. Poin no 9 merupakan poin tambahan untuk memaksimalkan pakan dan mengurangi resiko ditumbuhi bakteri. karena proses perebusan dapat menstrerilkan telor dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Teknik Pembesaran Ikan Lele Dengan Waktu Singkat

Cukup sekian artikel singkat yang bisa admin ringkas untuk pembaca, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !