Pakan Lele Alternatif Dari Limbah Ayam yang Mati

Pakan Lele Alternatif Dari Limbah Ayam yang Mati – Bangkai ayam negeri akan sangat sayang jika dibuang begitu saja. Umumnya ayam yang mati pada sebuah industri peternakan akan di bakar untuk mencegah penyebaran penyakit. Jumlah ayam yang mati bisa sangat banyak dan akan sayang jika tidak dimanfaatkan.  Limbah ayam tersebut memiliki manfaat yang sangat besar jika di manfaatkan sebagai makanan alternatif lele. Kenapa lele, karena hanya lele yang merupakan ikan budidaya yang rakus dan bersifat omnivora atau pemakan segala macam makanan baik tumbuhan ataupun hewan lain. Berikut akan di jelaskan cara menjadikan bangkai ayam untuk pakan alternatif lele.

Pakan Lele alternatif dari ayam mati

  1. Kumpulkan semua ayam yang mati, buang bulu dengan cara dibakar menggunakan api sampai badan ayam terlihat bersih dan agak gosong.
  2. Bakar tubuh ayam sampai mengeluarkan bau sedap.
  3. Ikat kaki ayam dengan menggunakan tali rafia, letakan ayam yang sudah di bakar tadi di tengah kolam, ikatkan ujung tali yang satunya di pinggir kolam. Cara ini hanya digunakan pada ikan lele yang sudah besar dan bukan ikan lele benih.
  4. Jika ikan lele masih kecil, alangkah baiknya hancurkan ayam dengan di giling dan di jadikan adonan agar ikan lele yang masih kecil dapat memakan pakan alternatif ini.
  5. Pakan alternatif ini juga dapat digunakan sebagai campuran dalam pembuatan pelet dengan cara di jadikan tepung.
  6. Pemberian pakan alternatif ini hendaknya tidak berlebihan, karena akan menyebabkan kekeruhan air di area kolam. Cukup tempatkan 1-2 bangkai ayam pada masing-masing kolam disesuaikan dengan ukuran kolam ikan tersebut.

Pemanfaatan ayam yang sudah mati ini sangat bermanfaat untuk memopercepat pertumbuhan ikan lele. Kandungan protein yang ada dalam daging ayam diketahui lebih cepat memberikan efek pertumbuhan di bandingkan dengan pakan yang lain seperti pelet.

Pemberian ayam secara utuh di kolam akan membuat ikan lele bergerak menghampiri pakan. Hal ini akan membuat metabolisme ikan lebih efektif dan pada akhirnya pertumbuhan ikan akan lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan dengan pemberian pakan pelet.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !