Pakan Lele Dari Kotoran Sapi (Organik)

Pada postingan kali ini chyrun blog akan berbagi pengalaman dengan pembaca tentang pembuatan Pakan Alternatif lele organik dari kotoran sapi (TLETONG). Sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu artikel yang mengulas tentang Cara Budidaya Maggot Atau Belatung Untuk Pakan Ikan.Nah, pakan lele dari kotoran sapi ini dapat di jadikan pakan alternatif yang murah, efektif dan efisien. Terlebih semakin mahalnya pakan pelet yang tersedia di toko.Mungkin aneh bagi pembaca yang belum pernah mencoba pembuatan pakan alami ini. tenang, akan kita ulas di sini.

Baik, pengalaman ini didapatkan dari beberapa orang yang sudah mencoba membuat pakan alternatif ini. Jangan dibayangkan mentah-mentah bahwa kotoran buat makanan, sebenarnya prinsipnya kita memanfaatkan kotoran sapi yang nantinya sebagai media tumbuh cacing. Nah,,berikut adalah cara pembuatan pakan alternatif yang saya maksudkan.

 

PEMBUATAN PAKAN LELE ORGANIK DARI KOTORAN SAPI

 

Untuk resep 10 Kg  Kotoran sapi.
Bahan
  1. Kotoran sapi yang sudah didiamkan sekitar 1 mingguatau minimal 5 hari  di ruang terbuka sebanyak 10 kg.
  2. Probiotik Cair, dapat di beli di toko-toko pertanian. Jenis probiotik yang biasa digunakan adalah EM4, Biocatfish dan masih banyak lagi, tinggal kita tanya saja saat akan membeli di toko pertanian. Dapat juga tidak menggunakan Probiotik, tapi waktu inkubasi / waktu penimbunan akan semakin lama.
  3. Air untuk melumatkan kotoran sapi yang sudah mengering, atau kotoran sapi yang terlalu keras. Air ini sifatnya sebagai pengencer, namun jangan terlalu encer saat proses pengenceran. Idealnya seperti adonan yang kental seperti adonan roti.
Alat
  1. Drum yang ada tutupnya, atau wadah apa saja yang kedap udara dan tidak ada lubang.
  2. gayung
  3. Ember
  4. dan alat-alat lain yang kiranya dibutuhkan.
Cara Pembuatan :
  1. Siapkan adonan kotoran sapi yang tadi telah dibuat seperti adonan sebanyak 10 kg. Disini kita akan membuat resep untuk 10 Kg kotoran sapi.
  2. Masukan adonan tadi ke dalam blong / drum atau wadah lain yang kedapudara.
  3. Siapkan probiotik dan tuangkan sebanyak 20 tutup botol atau sekitar 200 ml probiotik ke dalam kotoran sapi tadi.
  4. Aduk agar merata dan tercampur sempurna.
  5. Inkubasi / diamkan selama 24 jam di tempat yang tertutup agar terjadi Fermentasi / Penguraian. pada proses ini jangan ada udara yang masuk, karena udara akan menggagalkan proses fermentasi. Dalam istilah biologi fermentasi jenis ini adalah fermentasi tanpa membutuhkan Oksigen. Jadi usahakan benar-benar tertutup rapat.
  6. Setelah 24 jam, Buat lubang di wadah. Biarkan udara masuk kedalam. Biarkan selama minimal 7 hari dalam keadaan teraliri udara, semakin lama semakin bagus, namun jangan sampai bertahun-tahun . Lubang di buat atau dengan membuka seperempat tutup saja atau melubangi tutup.
  7. Setelah sekitar 60 hari akan banyak cacing yang hidup, ini menandakan proses pembuatan Pakan lele berhasil.
  8. Pakan sudah dapat digunakan, biasanya pakan jenis ini sangat cocok untuk lele pada saat pembenihan atau masih berukuran tidak lebih besar dari 2 jari.
PEMBUATAN PAKAN LELE ORGANIK DARI KOTORAN SAPI

Namun pakan tersebut diperuntukan untuk ikan lele yang sudah mempunyai mulut yang mampu memakan cacing. lalu bagaimana dengan benih lele yang belum bisa memakan pelet/ cacing berikut artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Pembuatan Plankton Untuk Pakan Benih Lele.

Kotoran sapi yang dijadikan pakan lele di atas berprinsip menumbuhkan cacing di media kotoran sapi,Berikut adalah cara kedua menjadikan kotoran sapi sebagai pakan lele.

Cara kedua ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, hanya perlu mencampur kotoran sapi dengan limbah tepung tapioka padat atau limbah ampas tahu. caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan kotoran sapi sebesar 1 ember dan ampas tahu/ampas tapioka 2 ember,
  2. Kemudian campurkan ampas tapioka atau ampas dengan kotoran sapi dengan perbandingan 1;2, Ampas tahu sebanyak 2 ember dan kotoran sapi sebanyak 1 ember.
  3. Sediakan wadah dengan permukaan luas seperti baskom atau tampah.
  4. Letakan campuran kotoran sapi dan ampas tahu di wadah tersebut.
  5. Biarkan dalam keadaan terbuka, karena kita akan mengundang lalat untuk bertelur. Metode ini sangat bau dan menggangu lingkungan, jadi saya menyarankan pembuatan di lakukan di tempat yang jauh dari pemukiman penduduk.
  6. Semprotkan madu//gula secukupnya, jika takaran seperti komposisi di atas maka gunakan kurang lebih seperempat liter cairan gula, dengan cara di semprotkan pada campuran kotoran sapi dan ampas tapioka.
  7. Setelah satu minggu, biasanya lalat akan berkerumun, dan 2 minggu kemudian larva lalat sudah bisa di panen.

Semoga Artikel ini bermanfaat..

6 thoughts on “Pakan Lele Dari Kotoran Sapi (Organik)

  1. Pingback: DISCUS Ikan Hias Aquarium Air Tawar Serta Proses Pemijahannya - Chyrun.com

  2. Pingback: Budidaya Lele Di Musim Kemarau - Chyrun.com

  3. Pingback: Rahasia Sukses Pembesaran Lele - Chyrun.com

  4. tochirun

    @zona…itu benar sekali.pada dasarnya kandungan em4 adalah mikroorganisme yang fungsinya untuk mempercepat pembusukan..hanya sebagai pemercepat saja…je em 4 apa saja bisa…misalnya. Kita gunakan em4 limbah, pasti kandungan yang ada di em4 tersebut banyak mikroorganisme yang mampu mendegradasi limbah khususnya limbah organik. Bisa digunakan em4 dngn merek apa saja…terimakasih

    Reply
  5. zona kiky

    gan, produk em4 banyak dijual di pasaran, ada yang em4 peternakan, em4 perikanan, em4 untuk limbah, em4 untuk tanaman, em4 yang mana yang digunakan?? thanks gan..

    Reply
  6. sofi yan

    sharing info gan soal pakan alternatif lele yang lain nama nya azolla micropilla

    kegunaan azolla :
    – penghijau dan penjernih air kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam semen,taman air
    – pakan alternatif alami ikan gurame, nila, mujair, mas, koi, lele, hias, belut, patin dll
    – pakan alternatif unggas : ayam, bebek, entog, angsa, broiler, pelung,bangkok, buras/kampung dll
    – pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit / kemarau
    – bahan baku pupuk hijau & kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun,lahan gambut jadi sambil berkolam skalian punya stok pupuk sendiri..
    – sebagai alternatif pengurai air limbah / lahan kritis berair sperti : bekas galian c / pasir, air tpa sampah, penetral air kolam pemancingan, air selokan limbah industri rumahan tahu /tempe / makanan tradisional
    – penstabil keasaman air / PH dan kadar oksigen terutama kolam buatan : terpal,bak semen, toren cor tebar padat
    – kandungan dan kegunaan lain ny bisa cari di google

    sedia bibit azolla pengiriman seluruh NKRI / tanaman paku air per paket per 1kg
    what apps / sms / telp / bbm : 0896 3650 3911

    salam hijau dan kembalikan tanah air sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia..

    bisa chek lapak ane di berniaga & kaskus, olx, google ketik : jual azolla bandung ok

    Reply

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !