Panduan Bisnis Jualan Baju

Panduan Bisnis Sampingan Berjualan Pakaian : Lengkap – Bisnis kini dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan seorang karyawan yang super duper sibuk. Banyak cara dan strategi dalam memulai bisnis sampingan. Artikel ini saya coba buat untuk memandu Anda memulai bisnis sampingan di tengah kesibukan Anda bekerja.

Langsung saja pada poin penting tentang bisnis sampingan. Poin pentingnya adalah waktu dan niat Anda. Jika Anda memiliki niat, bisnis apa saja pasti akan terlaksana, meskipun Anda orang yang super sibuk.

Jadi sekarang, TIDAK ada lagi alasan Anda untuk mengeluh bahwa tidak ada waktu untuk memulai bisnis Anda..hehe

# 4 Persiapan Penting Memulai Bisnis Sampingan Berjualan Pakaian

1. Persiapkan Mental

Hanya ada dua kemungkinan dalam bisnis, SUKSES atau BANGKRUT. Persiapkan mental untuk dua kemungkinan tersebut.

Jangan menganggap remeh mental, ini adalah modal utama, jadi persiapkan dengan sebaik-baiknya. Jika Anda mundur karena takut?, lebih baik jangan baca artikel ini, dan tidak usah bicara bisnis. Karena percuma saja, terlalu banyak rencana, namun nol tindakan, kapan Anda belajar. Bisnis adalah tentang bagaimana Anda belajar dari apa yang sudah Anda lakukan, bukan teori-teori ribed.

Baca juga : Potensi Bisnis Pakaian Di Desa

Artikel panduan ini adalah hasil dari apa yang sudah saya lakukan, meskipun belum sukses besar, tapi panduan ini membawa saya pada kemungkinan sukses lebih besar dibandingkan jika saya hanya jadi penakut untuk memulai bisnis.

Panduan Bisnis Jualan Baju

Mental akan menjadi modal Anda dalam mengarungi suka duka berbisnis. Jatuh bangun, hidup mati menjadi tidak bermakna jika mental Anda memang sudah siap. Bahkan kemungkinan kebangkrutan total dari aset Anda.

2. Petakan Pangsa Pasar Bisnis Anda

Sebelum memulai bisnis kenali wilayah  jajahan Anda, Apa artinya?, memulai bisnis bukan hanya bermodal spontanitas, tapi juga perencanaan. Spontanitas dibutuhkan dalam keputusan-keputusan genting, namun ketika Anda punya kesempatan untuk merencanakan, maka rencanakan bisnis sampingan Anda dengan baik.

Memetakan target pasar bisnis Anda ! Pertama, manfaatkan sumberdaya lingkungan yang ada. Misalnya : bagaimana pola kebiasaan lingkungan Anda, seperti apa tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat, latar belakang pendidikan dan lainnya. 

Ada cara mudah di zaman yang canggih ini, yaitu dengan memetakan pangsa pasar bisnis Anda secara online, eits,,kalau Anda serius ingin menekuni bisnis ini belajar cara beriklan di facebook, dan bagaimana melakukan promosi efektif di facebook. saya rekomendasikan untuk membeli e-Book yang memang sudah terpercaya..yang namanya bisnis pasti butuh modal, bukan hanya modal stok barang, tapi juga anggaran untuk promosi dan ilmu untuk promosi itu sendiri.

Saya sangat rekomended untuk membeli buku, biasanya dalam panduan online, karena panduan offline seperti buku yang tersedia di toko out off date atau jadul tidak mengikuti perkembangan.. jadi saran saya belilah panduan e-book promosi atau beriklan di facebook yang bentuknya e-Book.

Saya sarankan untuk membeli di : Belajar Iklan Di Facebook, atau baca seri panduan kami promosi dengan menggunakan blog yang saya susun dari membuat blog sampai melakukan promosi di :

Mempelajari lingkungan akan mempermudah perjalanan bisnis sampingan Anda ke depan, seperti bagaimana Anda menerapkan strategi promosi, bagaimana menetapkan harga pakaian sampai dengan bagaimana Anda berkomunikasi dengan pelanggan-pelanggan Anda nantinya.

Kedua, Pemetaan pangsa bisnis Anda juga berhubungan dengan seberapa kuat kompetitor di lingkungan Anda. Ada berapa kompetitor dalam bisnis pakaian, seberapa kuat mereka, dan bagaimana mereka melakukan promosi.

Panduan Bisnis Jualan Baju

Anda tidak mungkin berbisnis pakaian di lingkungan yang tidak mendukung, misalnya menyewa ruko  yang letaknya jauh dari keramaian, atau berjualan online baju muslim di komunitas yang hobi olahraga. Tentunya akan mengecilkan peluang mereka dalam membeli pakaian yang Anda jual.

Nah, pemetaan pasar bisnis Anda tentu akan berhubungan dengan strategi penjualan Anda.  Bisnis sampingan bukan berarti disepelekan karena disebut sampingan, namun selalu menggunakan sumberdaya terbaik dari Anda, baik itu Ilmu, waktu dan modal.

Strategi bisnis sampingan, akan diulas di poin selanjutnya dari artikel ini. Mari kita selesaikan terlebih dahulu 10 persiapan penting dalam berbisnis sampingan berjualan pakaian.

3. Lakukan Survey

Anda perlu untuk melakukan penelitian sebelum Anda memulai bisnis pakaian, lakukanlah survey pada calon pembeli secara acak. Setidaknya survey ini mampu memberikan gambaran kepada Anda terkait bisnis pakaian jika dilakukan di komunitas tersebut.

Lakukan juga penelitian terhadap pesaing Anda dalam berbisnis pakaian. Kenali mereka dengan melakukan kunjungan.

Anda dapat melakukan riset kecil – kecilan seperti, masuk dalam group target pasar Anda, pelajari, atau melakukan kunjungan pada pesaing bisnis Anda. Cari kelemahan, lalu sempurnakan jika bisnis Anda telah berjalan.

Survey juga dilakukan untuk mencari produsen dari barang yang akan Anda jual. Ini berlaku jika baju yang Anda jual bukan buatan Anda sendiri, melainkan membeli kepada produsen/pabrik pembuat pakaian. Survey ini berguna ketika Anda menilai kualitas, menetapkan harga dan bagaimana servis mereka kepada Anda.

4. Rencanakan Dengan Matang

Setelah Anda melakukan 3 hal tersebut di atas, persiapan terakhir adalah rencanakan dengan matang. Konsistenlah dengan perencanaan/ planning yang anda buat. Untuk konsisten dengan rencana, buatlah sebuah master plan lengkap dari A-Z terkait bisnis Anda.

Bagaimana caranya?, gunakan data dari apa yang sudah anda pelajari di tiga poin sebelumnya. Buatlah rencana keuangan selengkap-lengkapnya. Buatlah strategi pemasaran efektif. Buat menejemen dengan seksama, atur bisnis sampingan ini selengkap mungkin. Dan saya ingatkan lagi, konsistenlah dengan rencana Anda.

Pada poin ini, minimalisir kesalahan dalam perencanaan, meskipun pada kenyataanya tidak sesuai, namun usahakan ketidaksesuaian tersebut seminim mungkin. Karena ini adalah master plan Anda, dan akan menjadi pedoman Anda dalam mengarungi bisnis ini.

Perencanaan penting, dalam memulai bisnis setiap pembisnis pasti membuat perencanaan, namun sedikit yang bisa konsisten dengan perencanaan yang sudah di buat. Kenapa?. Ada dua penyebab, pertama, karena perencanaan tersebut tidak di buat dengan detail dan lengkap, kedua karena sengaja membiarkan melenceng dari rencana bisnis awal.

5. Atur Waktu Antara Bisnis Sampingan Dan Pekerjaan

Bisnis sampingan jangan sampai mengganggu profesionalitas dalam pekerjaan Anda. Nyatanya Anda pasti masih butuh pekerjaan karena masih menganggap bisnis pakaian sebagai bisnis sampingan. Namun saran saya adalah, jika Anda ingin sukses dalam bisnis jangan setengah-setengah.

Keputusan untuk memilih bisnis bisa Anda putuskan ketika hasil dari bisnis Anda sudah mengalahkan penghasilan dari pekerjaan Anda, tapi tidak usah di bahas dulu, mari kita lanjutkan.

Atur dengan cermat antara bisnis dan pekerjaan. Berlakulah profesional, tidak mencampur aduk, disinilah pentingnya menejemen dan perencanaan menjadi sakral. Terlebih bagi Anda yang sehari-hari bekerja sangat sibuk dan hanya memiliki waktu di akhir pekan.

AKSI/ ACTION

Banyak orang ragu-ragu jika ingin memulai bisnis. Dengan seribu alasan mereka tidak action. Padahal pintu utama terjun kebisnis adalah memulai, semakin dini memulai bisnis semakin banyak pelajaran dan ilmu yang anda peroleh. Semakin lama memulai Anda akan rugi waktu dan ilmu.

Baca juga : Bisnis Itu Jualan !

Kemungkinan untuk sukses dalam bisnis juga akan semakin besar jika Anda memulai sedini mungkin. Sia-sia perencanaan dan persiapan yang sudah anda lakukan jika nyatanya Anda tidak action. Ini adalah poin terpenting menyangkut teknis bisnis.

# 6 Action Dalam Bisnis Pakaian Sampingan Yang Harus Anda Lakukan

1. Buatlah Target Penjualan

Ini masuk dalam lis perencanaan bisnis Anda. Membuat target penjualan akan memudahkan mengukur seberapa besar keuntungan Anda. Mau tidak mau, suka tidak suka Anda setiap hari/minggu atau bulan harus memenuhi target yang sudah Anda rencanakan tersebut.

Buat target penjualan minimal 3 kemungkinan. Artinya, membuat plan A, B sampai C. Buatlah target penjualan dari maksimal keuntungan sampai minimal keuntungan jika anda ingin diskon. Namun selalu perhatikan keuntungan dan kerugian dari target penjualan Anda.

Dengan berbagai cara, realisasikan target penjualan Anda. Karena target penjualan yang sudah Anda susun akan dijadikan pedoman dalam beberapa waktu kedepan dan sebagai indikasi kesuksesan bisnis Anda.

2. Buat Sebanyak mungkin Strategi Penjualan

Fungsinya tentu untuk menunjang target penjualan Anda. Strategi penjualan akan sukses mencapai target jika didukung dengan strategi penjualan yang hebat.

Dalam membuat strategi penjualan, yang paling penting adalah mengenali target pasar yang akan Anda penetrasi. Menyesuaikan strategi penjualan yang tepat dengan lingkungan atau komunitas tempat usaha Anda.

Misalkan Anda berjualan pakaian secara online, maka buatlah sebuah group media sosial untuk mengumpulkan target konsumen anda dalam sebuah wadah sosial. Lakukan strategi penjualan dan sesuaikan dengan komunitas yang ada.

3. Desain Tempat dan Servis dengan Unik Dan Berbeda Dari yang Lain

Jika Anda menjual produk pakaian dan anda lakukan sebagai bisnis sampingan, bukan berarti Anda tidak memiliki tempat berjualan. Bisa berupa toko nyata, atau toko online. Desain toko Anda dengan display yang unik dan berbeda.

Berikan fasilitas yang toko lain tidak berikan, misalkan dari hal sederhana seperti menyediakan air mineral gratis untuk para pengunjung, atau memberikan voucer diskon pagi konsumen yang berbelanja lewat online ke toko online Anda.

Pelayanan prima akan membuat konsumen Anda betah dan loyal membeli produk Anda. Jika Anda sudah menemukan konsumen seperti ini, meskipun barang yang Anda jual sedikit lebih mahal, tapi mereka pasti akan setia membeli produk-produk Anda.

4. Lakukan Pendataan Terhadap Konsumen Anda

Catat kontak setiap konsumen baru yang membeli di toko Anda. Ini adalah strategi list buliding untuk membuat komunitas yang tertarget. Pisahkan catatan antara catatan pelanggan loyal dan pelanggan baru. Metode ini berguna untuk menetapkan strategi promosi yang disesuaikan dengan jenis konsumen.

Misalnya, strategi promosi terhadap konsumen baru dengan konsumen lama yang loyal tentu berbeda. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

5. Buatlah Laporan Kemajuan Dari Penjualan Anda

Laporan kemajuan penjualan dibuat untuk mengevaluasi hasil penjualan Anda. Apakah memenuhi target, apakah menutup target modal perhari, perminggu atau perbulan. Berguna juga dalam membuat strategi penjualan berikutnya.

Data dari lapran kemajuan dibukukan sebagai arsip yang bisnis yang akan dievalusai saat akhirbulan. Kalkulasi dari penjualan yang sudah berhasil Anda capai. Serta sebagai patokan dibulan berikutnya untuk menetapkan target penjualan yang baru.

6. Lakukan Evaluasi Akhir Bulan

Evaluasi penting untuk kemajuan bisnis sampingan Anda. Mengumpulkan dari laporan penjualan, laporan keuangan. Lalu dilakukan evaluasi bagaimana hasil dari satu bulan yangg lalu.

Evaluasi tentu juga penting untuk menetapkan target, strategi penjualan di bualan berikutnya. Dari evaluasi ini Anda akan menemukan kelemahan-kelemahan apa yang ada, lalu anda bisa secepatnya menutup kelemahan bisnis Anda tersebut.

Evaluasi bukan hanya soal target dan omset, namun juga evaluasi teknis menejemen bisnis Anda. Apakah perlu di sempurnakan, dikurangi atau di tambah dalam teknis menejemen bisnis sampingan Anda.

Lakukan pembaruan-pembaruan yang revolusioner, liaht grafik pertumbuhan bisnis Anda. Rencanakan target baru atau pengembangan baru terhadap bisnis sampingan Anda. Seperti mulai berfikir untuk menambah produk, atau mulai menganggarkan membuka cabang baru karena pertumbuhan bisnis yang luar biasa.

Dalam bisnis saya berniat membuat sebuah artikel tentang  #50 strategi jitu untuk mencapai puncak kesuksesan bisnis Anda. Saya buat berdasarkan pengamatan dan saya juga sedang mencoba menerapkanya. Silahkan bisa di baca minggu depan di blog ini, Anda juga bisa berlangganan melalui form di bawah ini.

Baca juga :

Semoga bermanfaat.

Simpan

Simpan

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !