Panduan Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Untuk Modal Bisnis Anda

Panduan Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Untuk Modal Bisnis Anda – Modal adalah tantangan terbesar no 2 setelah niat dalam berbisnis. Sebuah bisnis tidak akan berkembang dan berjalan tanpa modal, kecuali memang anda berbisnis di bidang jasa, bahkan bisnis jasa sekalipun akan tetap membutuhkan modal. Jadi apakah modal menjadi masalah Anda dalam berbisnis?

Modal itu gampang-gampang susah dicari, jika anda memiliki keberanian, ajukanlah pembiayaan ke bank. Ada berbagai persyaratan yang harus anda lengkapi. Bagi anda yang  sudah memiliki rekor baik atau pernah meminjam bank dan selalu lancar dalam setoran perbulan, maka saya jamin, pihak bank akan menawari anda kembali untuk mengajukan dana yang lebih besar.

Untuk saat ini, pemerintah melalui KUR ( Kridit Usaha Rakyat) sedang genjar-gencarnya melakukan pembiayaan dengan anggunan murah. Tentunya bertujuan untuk menggenjot perokonomian bangsa ini yang stagnan.

Oke, mari kita ulas panduan mengajukan KUR dibank secara umum :

Perlu di ketahui, secara umum ada dua macam jenis KUR (Kridit Usaha Rakyat), yaitu KUR Mikro dan Kur Makro.

Mari kita kenal keduanya :

Kur Mikro adalah jenis pembiayaan yang dikhususkan untuk usaha (UKM) dengan skala kecil mikro. Maksimal dana yang bisa kita pinjam dari KUR jenis ini adalah 25 juta rupiah. Sedangkan KUR makro adalah pembiayaan untuk level usaha mikro sampai menengah yaitu 25-500 juta.

Saya mengutip dari situs BRI.co.id, pembiayaan KUR adalah sebagai berikut

Pembiayaan KUR di Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat BRI terdiri dari 3 jenis yaitu : KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI

KUR Mikro BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja atau Investasi dengan plafond sampai dengan Rp 25 juta per debitur. Biasanya ini di berlakukan si sub unit (Anak cabang) BRI yang ada di kecamatan-kecamatan.

KUR Ritel BANK BRI merupakan Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond  lebih dari Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta per debitur/ peminjam.

KUR TKI (Tenaga Kerja Indonesia) BANK BRI, nah ini adalah program baru. Diberikan sebagai sarana membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond sampai dengan Rp 25 juta.

Dari ketiga  model KUR di atas, tentu tujuan KUR BANK BRI diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha produktif dan layak. Fakor kelayakan ini yang nantinya menentukan apakah pengajuan pembiayaan anda dapat dipenuhi oleh bank atau tidak.

Panduan Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Sektor usaha yang dibiayai sesuai dengan ketentuan pemerintah.

KUR BANK BRI dapat dilayani di seluruh Unit Kerja BANK BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Oke, kiranya sudah sedikit jelas, berikutnya adalah tentang syarat dari calon debitur atau peminjam. Refernsi tulisan ini dari BRI.co.id, dimana mulai tahun 2016, ada tiga jenis pembiayaan KUR, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR untuk pembiayaan TKI yang ingin meminjam uang untuk berangkat bekerja ke luar negeri. Baik, simak penjelasan di bawah ini.

Syarat Calon Debitur serta Ketentuan dan Syarat Kredit

(Pertama) Untuk KUR Mikro BANK BRI (Dana 25 juta)

Individu yaitu perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak. Layak artinya, apakah nantinya usaha tersebut mampu membayar anggunan atau tidak dengan perhitungan dan perkiraan pihak bank).

Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan. Syarat mengajukan kredit usaha rakyat adalah anda telah memiliki usaha minimal 6 bulan berjalan. Karena waktu akan memberikan gambaran bahwa usaha anda mampu bertahan.

Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit. Artinya tidak sedang menerima kredit dari bank yang non konsumtif, misalnya sedang mendapatkan pembiayaan dari bank dengan platform di luar KUR.

Ketentuan dan Syarat Kredit KUR Mikro BANK BRI

Besar kredit Maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur peminjam.

Jenis kredit yang bisa diajukan untuk mendapatkan KUR : Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun, Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun.

Suku bunga KUR Terbaru (Update 28 februari 2016), Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan, Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi.

(Kedua) KUR Ritel BANK BRI ( 25  – 500 Juta)

Persyaratan administrasi

Bukti Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

Kisaran dana yang akan diperoleh  antara 25-500 juta. Yaitu usaha kecil sampai menengah.

Untuk jenis usaha yang di biayai KUR Ritel harus mempunyai usaha produktif dan layak. Bedanya dengan kur mikro, jenis usaha ini harus produktif.

Seperti pada kur mikro, Anda atau UKM Anda  Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.

Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan

Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan. Ini juga yang membedakan KUR Mikro dan KUR Ritel.

Ketentuan dan Syarat Kredit KUR Ritel BANK BRI

Besar kredit > Rp 25 juta – Rp 500 juta.

Jenis kredit : Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun,  Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun.

Suku bunga9% efektif per tahun, Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi, Agunan sesuai ketentuan bank

(Ketiga) KUR TKI BANK BRI (Mak. 25 Juta)

Individu perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan. Siapapun yang ingin bekerja menjadi TKI ke luar negeri dapat mengajukan KUR jenis ini. Tentunya ada persyaratanya, mau tahu berikut akan kami jelaskan untu Anda.

Persyaratan administrasi :

Anda harus menyiapkan Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga terbaru.

Perjanjian kerja dengan pengguna jasa. Maksudnya adalah, jika Anda berangkat ke luarnegeri dengan vendir (PT) perusahaan yang memfasilitasi anda berangkat, maka harus ada perjanjian kerja dengan perusahaan vendor tersebut.

Perjanjian penempatan (Harus ada perjanjian penenempatan yang jelas, sebagai kepastian di mana anda akan ditempatkan).

Anda harus memiliki Passpor, Visa dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan bekerja di luar negeri.

Ketentuan dan Syarat KUR TKI BANK BRI

Besar kredit,  Maksimal Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah, Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan, Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi, Jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja

Tujuan negara penempatan : Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Berikut adalah simulasi anggunan dari KUR :

Modal Dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2016

Modal Dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2016

Semoga Artikel berjudul Panduan Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Untuk Modal Bisnis Anda ini dapat bermanfaat, jangan lupa baca lagi artikel kami yang lain :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !