Panduan Pembuatan Pakan Alternatif Lele: Lengkap


Panduan Pembuatan Pakan Alternatif Lele : Lengkap – 
Pada artikel ini kami ingin mencoba merangkum apa saja pakan lele alternatif yang murah dan efektif. Pada dasarnya, Pakan Alternatif adalah pakan yang disediakan sebagai pakan pengganti pakan utama. Namun kualitasnya kandungan nutrisinya tidak jauh dari pakan utama.

Pemanfaatan limbah dan sumberdaya tepat guna. Artinya, pakan lele alternatif adalah pakan yang cara dan bahan pembuatanya murah dan mudah didapat.

Ada beberapa kriteria khusus sebuah pakan dikatakan sebagai pakan alternatif :

Bahan baku mudah didapat dan berada didaerah yang masih bisa dijangkau. Misalnya limbah tahu, berarti pabrik tahunya masih bisa di jangkau. Ini akan mengurangi biaya produksi karena menghemat biaya transpotasi.

Panduan Pembuatan Pakan Alternatif Lele: Lengkap

Bahan baku yang murah dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Pakan alternatif biasanya harus melalui proses pengolahan, jika ingin meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Pakan alternatif harus memenuhi standar nutrisi pakan, atau setidak-tidaknya mendekati nutrisi pakan utama. Saya contohkan begini, ikan lele yang di beri pakan bekatul setidaknya memiliki pertumbuhan yang seimbang dengan ikan lele yang diberi pakan pelet ikan. Jangan sampai, lele lahap memakan pakan alternatif, tapi tidak ada nutrisi yang diserap oleh bobot masa tubuh. Tentunya pakan dengan sifat tersebut akan sia-sia.

Pakan lele alternatif setidaknya mampu menjadi pakan sampingan ketika persediaan pakan utama melimpah, dan mampu menjadi pakan utama ketika jumlah pakan utama sedang berkurang.

Jika dianalisis dari peruntukanya yaitu sebagai pakan budidaya, maka akan ada istilah pakan alternatif untuk budidaya pembesaran dan pakan alternatif untuk budidaya pembenihan. Apa bedanya, bedanya adalah pakan lele alternatif budidaya pembesaran berarti pakan tersebut diperuntukan untuk pembesaran, sedangkan pakan lele untuk pembenihan maka diperuntukan untuk larva-larva lele yang masih kecil.

Tenang saja, pada paragraf berikutnya akan kami ulas seputar pakan alternatif lele, baik budidaya pembesaran ataupun budidaya pembenihan. Kami juga akan mencontohkan serta memandu Anda dalam pembuatan pakan tersebut.

Jenis-Jenis Pakan Alternatif lele yang umum dan mudah didapatkan serta mudah dibuat.

Berikut adalah Jenis – jenis pakan lele alternatif yang bisa Anda pertimbangkan menjadi pakan alternatif lele budidaya Anda.

Pakan lele alternatif dari limbah peternakan unggas,

Bisa berupa kotorannya atau dari unggas-unggas yang telah mati. Contohnya, didaerah Anda ada usaha penetasan telur ayam negeri, nah telur-telur tersebut tentunya tidak seluruhnya akan menetas. Anda dapat memanfaatkan telur tersebut sebagai pakan alternatif untuk budidaya lele Anda. Anda dapat membaca panduanya di Pakan Larva Lele Dari Telur Afkir/Gagal Menetas.

Pakan tersebut lebih diperuntukan untuk pakan alternatif lele di segmen pembenihan, dimana lele masih dalam ukuran yang belum siap memakan pelet atau makanan padat lain. silahkan Anda bisa membacanya.

kemudian pakan alternatif dari bangkai ayam. Bangkai ayam sebaiknya tidak langsung diberikan, ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ikan dan tidak terjangkit penyakit bawaan dari bangkai unggas. Bangkai dibersihkan dengan direbus.

Pakan alternatif lele musiman,

Misalnya dimusim penghujan kita sering menjumpai bekicot/keong emas. Nah keong dan bekicot dapat kita kumpulkan dan dijadikan sebagai pakan alternatif lele. Keong atau bekicot dapat diberikan mentah, atau dengan direbus terlebih dahulu. Jika diberikan mentah, pecah cangkang dan keluarkan daging bekicot, lalu di cacah dengan parang.

Pakan alternatif lele dari limbah pabrik pengolahan makanan,

Seperti limbah padat industri tahu, atau limbah padat industri tepung tapioka. Meskipun pakan alternatif ini dari limbah, namun kandungan gizi limbah masih berlimpah. Apalagi jika dilakukan pengolahan terlebih dahulu seperti di fermentasi. Saya ambil contoh, Pakan lele dari fermentasi ampas tahu.

Pakan lele alternatif dari limbah  ikan.

Limbah yang satu ini saya jamin sangat sulit mendapatkanya, karena meskipun limbah, namun banyak peminatnya. Ini adalah pakan alternatif lele yang sudah begitu populer, kepopuleran ini menyebabkan harga limbah kepala ikan menjadi mahal. Pemberian dapat langsung di berikan sebagi pakan dengan dicincang terlebih dahulu, atau diberikan dengan dijadikan pelet terlebih dahulu.

Pakan alternatif dari belatung,

Ini adalah pakan alternatif yang kaya nutrisi. Belatung atau maggot memiliki kandungan gizi bahkan lebih besar ari pakan pelet buatan pabrik. Anda dapat memberikan langsung belatung, atau dengan membuat pelet dari belatung.

Panduan Pembuatan Pakan Alternatif Lele: Lengkap

Untuk membiakkan belatung, sediakan ember, daun pisang, ampas tahu/ sisa makanan basi, sisa ikan asin dan bisa ditambahkan kotoran ayam. Lalu masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kewadah ember, tambahkan air, aduk hingga rata.

Tambahkan ikan asin dan kotoran ayam dalam ember tersebut, lalu permukaannya ditutup dengan daun pisang kering agar lalat mau bertelur. Ember ditempatkan di tempat teduh dan terlindung dari panas dan hujan. Tunggu dan panen 3 minggu kemudian.

Anda bisa membaca versi lengkap bagaimana budidaya belatung ini di Cara Budidaya Maggot Atau Belatung Untuk Pakan Ikan.

Memanfaatkan Kotoran hewan ruminansia seperti sapi, kerbau atau kambing.

Pakan alternatif ikan lele yang satu ini membutuhkan proses pengolahan terlebih dahulu. Tidak langsung diberikan begitu saja, namun ada prosesnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya di Pembuatan pakan lele organik dari kotoran sapi.

Pakan lele alternatif dari campuran bekatul/dedak dengan ampas tahu.

Tujuan penyampuran ini adalah menambah kandungan gizi pakan. Karena dedak banyak mengandung karbohidrat dan protein, sementara ampas tahu mengandung serat dan nutrien lain seperti lemak. Perpaduan keduanya akan memperkaya kandungan gizi pakan lele alternatif ini.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !