Travel

PARIWISATA PURWOKERTO MULAI BERGELIAT?, INI ALASANYA

Pada postingan kali ini Wisata sains akan berbagi pengalaman berwisata di kota Purwokerto. Kota Purwokerto telah bertranformasi menjadi kota tujuan pariwisata. Ada banyak destinasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah Taman Wisata alam baturaden, air terjun cipendok, alun-alun Purwokerto, taman andang pangrenan, bumi perkemahan baturaden dan banyak lagi yang lain.

PARIWISATA PURWOKERTO MULAI BERGELIAT?, INI ALASANYA
Ilustrasi

Berkembangnya pariwisata di Purwokerto membawa dampak positif terhadap laju perekonomian warganya. Kuliner menjadi salah satu cabang yang berkembang pesat di kota Purwokerto. Kita dapat berwisata kuliner ke daerah GOR satria Purwokerto. Di tempat tersebut berderet rumah-rumah makan, cafe, warung angkringan sampai warung-warung kopi. Jenis makanan bervariasi, dari makanan kelas elit sampai makanan untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Harganya juga bervariasi, dari harga di bawah 10 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Selain wisata kuliner, Purwokerto juga menyediakana penginapan , dari hotel  berbintang sampai motel-motel murah yang dapat ditemui di pinggir-pinggir jalan. Fasilitas tersebut tentunya akan memanjakan para pelancong dari luar kota yang ingin menghabiskan liburan di kota Purwokerto.

Purwokerto terletak di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selain keunggulan pariwisatanya, Purwokerto memiliki keunggulan lain diantaranya suhu sejuk karena sirkulasi angin pegunungan, udara yang masih alami aatidak terkontaminasi oleh asap pabrik industri.  Kabupaten Banyumas berbatasan deengan kota lain yang tidak kalah menarik. Kota Purbalingga, Kota Purbalingga menyediakan destinasi wisata yang sedikit berbeda. Purbalingga menjadi kota dengana jejak-jejak sejarah yang masih terjaga dengan baik. Salah satunya adalah wisata gowa lawa, Purbayasa, Taman reptil, wisata sejarah jejak jendral Soedirman dan masih banyak yang lainnya.

Purwokerto menjadi kota kecil yang nyaman sebagai tempat tinggal. Ini terbukti di tahun 2014 Purwokerto masuk menjadi nominasi 10 kota yang paling nyaman sebagai tampat tinggal.  Survey  dilakukan oleh lembaga survey yang berkompeten.

Faktor utama kenapa kota Purwokerto menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali diantaranya karena Purwokerto bukan kota bisnis, Purwokerto juga bukan kota industri, namun Purwokerto dikelilingi oleh kota-kota bisnis dan kota-kota industri.

Di bagian selatan ada Kabupaten Cilacap, di utara ada taman wisata Baturaden dan di bagian barat kabupaten Purbalingga. Purbalingga dan Cilacap merupakan daerah bisnis dan industri yang berkembang pesat. Tiga daerah tersebut menjadikan Purwokerto sebagai daerah peristirahatan dan tempat wisata untuk menopang kota industri di sekitarnya.

Purwokerto dilewati oleh jalur lintas provinsi di semenanjung pulau Jawa. Dari barat Jakarta menunju ke timur ke pusat kota Surabaya. Mau tidak mau Purwokerto menjadi kota transit yang menarik. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri dalam perkembangn pariwisata Purwokerto.

Belum ada penelitia yang meneliti lebih dalam, Perlu ada penelitian secara akademis tentang hal tersebut, namun menurut penulis, perkembangan kota Purwokerto menjadi kota wisata dan kuliner adalah dampak dari perkembangan kota-kota disekitarnya yang berkembang pesat, berkembanya dunia pendidikan, letak Purwokerto yang strategis yaitu di tengah jalur semenanjung Jawa.

Semakin berkembangnya dunia kampus di Purwokerto ikut menjadikan banyak pendatang yang  datang dan ikut meramaikan perputaran ekonomi. Terlebih Purwokerto didukung oleh tempat pariwisata yang memadai , akhirnya Purwokerto berkembang menjadi kota Pariwisata dan kota kuliner.

Demikian artikel yang dapat kami tuliskan tentang wisata Purwokerto.

One Comment

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !