Anda Pencari Kerja dan Mendaftar Lewat Online? Awas Penipuan

Anda Pencari Kerja dan Mendaftar Lewat Online? Hati – Hati Penipuan – Artikel ini saya sajikan untuk para jobseeker dan masyarakat pada umumnya. Terkadang keterbatasan ilmu dan kejelian kita dalam memperoleh informasi terkadang menjebak, bahkan membuat kerugian pada diri kita.

Dalam hal ini terutama informasi panggilan lowongan pekerjaan. Namun tidak menutup kemungkinan email penipuan juga bisa terjadi dengan modus lain selain modus “pekerjaan”

Beribu perusahaan di Indonesia telah menerapkan sistem pendaftaran rekrutmen pegawai secara online. Hal ini memang mempermudah bagi masyarakat, lebih cepat sistemnya dan lebih konservasi tentunya.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tidak adanya tindak penipuan. Paa penipu ternyata sangat canggih membuat alur penipuan yang rapih dengan mengatasnamakan nama perusahaan terkait baik melalui telepon, sms atau pun email.

Anda sebagai jobseeker khususnya harusnya mengamati contact person baik nomor perusahaan maupun email perusahaan.

Gambar di bawah ini adalah contoh email penipuan, bisa Anda pelajari agar tidak kena tipu.

Hati hati email penipuan
Contoh email penipuan

Teknologi yang semakin canggih ini rupanya telah banyak dimanfaatkan oleh tindakan penipuan. Anda sebagai jobseeker juga harus semakin cerdas untuk membaca email yang masuk.

Apakah email itu email asli dari ALAMAT EMAIL PERUSAHAAN?? Alamat email perusahaan biasanya tidak menggunakan @gmail.com atau @yahoo.com atau aplikasi email pada umunya.

Alamat email asli perusahaan biasanya menggunakan id …[email protected] atau …@namaperusahaan.co.id itu PASTI. Coba Anda cermati kembali email yang anda terima dari perusahaan yang memanggil Anda.

Hal yang tidak kalah penting, Anda juga HARUS bisa MEMBEDAKAN NAMA EMAIL dan Alamat Email.

NAMA Email merupakan nama yang muncul di depan sendiri biasanya dalam tanda “…” . Nama email bisa diubah sesuka hati oleh orang yang membuat email.

Bahkan sekarang ini ada Nama Email yang diubah seolah-olah itu adalah Alamat Email Perusahaan. INGAT! Nama email bukan jaminan itu SAMA dengan Alamat Email.

Oke, untuk lebih jelasnya akan saya contohkan, berikut contohnya

“Barbie Collection” <[email protected]>

“Barbie Collection” merupakan nama email dan [email protected] merupakan alamat email.

Contoh email palsu

[email protected]” <[email protected]>

[email protected]” merupakan NAMA EMAIL dan <[email protected]> merupakan alamat email.

Tolong Bedakan antara Nama Email dan Alamat email.

Alamat email selalu ada dalam tanda <….> Buka email yang masuk dan lihat ALAMAT EMAIL nya.

Loading...

Pastikan Anda selalu membuka situs resmi perusahaan yang anda lamar terlebih dahulu dan buka menu Contact us dan lihat alamat email perusahaan di website kemudian samakan dengan amalat email yang Anda terima sebelum Anda berangkat untuk mengikuti seleksi.

Situs resmi biasanya berekstensi domain yang berbayar dan bukan gratis,

Misalnya domain berbayar adalah;

(dot) com,

(dot) net,

(dot) org,

(dot) co.id

Dan masih banyak lagi

Atau domain pemerintahan jika kamu melamar pekerjaan untuk pemerintah,

Hindari domain domain gratis, seperti:

(dot) tk,

(dot) xyz,

Dan masih banyak lagi domain baru yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena saking banyaknya, dan kembali lagi pada kejelian kita dalam melihat dan menganalisa apakah situs tersebut mencurigakan atau tidak.

Pastikan anda tidak tertipu dan memilih situs penyedia lowongan kerja yang terpercaya !

Artikel ini saya rewrite dari saudara Rara Khenti

Semoga artikel Anda Pencari Kerja dan Mendaftar Lewat Online?, Awas Penipuan dapat membantu mengurangi penipuan berkedok diteima pekerjaan di situs lowongan kerja online.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.