PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP DENYUT JANTUNG DAPHNIA

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP  DENYUT JANTUNG DAPHNIA – Daphnia adalah hewan Crustacea yang banyak dijumpai di perairan tawar. Organisme ini dapat dilihat dengan mata telanjang bila berada di air bening dengan cahaya yang cukup terang, tetapi untuk mengamati organ-organ internalnya dibutuhkan bantuan mikroskop dengan perbesaran minimal 20x. Karena dinding tubuh hewan ini transparan, maka organ-organ internalnya akan tampak jelas di bawah mikroskop cahaya dan kerja jantungnya dapat terlihat jelas.

Alat Dan Bahan Yang Digunakan

Bahan dan alat yang digunakan pada percobaan ini meliputi: daphnia, termometer (Celcius), pipet tetes, slide mikroskop berlekuk (Cavity slide), mikroskop stereo, stopwatch, gelas bekker, es batu, air panas, kertas grafik, hand tally counter, dan kertas tissue.

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP DENYUT JANTUNG DAPHNIA

Cara Melihat Pengaruh Lingkungan Terhadap Denyut Jantung Dapnia

  1. Letakkan Daphnia ke dalam lekukan pada gelas slide dengan menggunakan pipet tetes. Keringkan air yang berlebih dengan tissue, jaga agar air yang pada lekukan sedikit saja sehingga Daphnia pada slide tadi akan cenderung pada posisi miring, memungkinkan anda untuk melihat aksi jantungnya dengan jelas.
  2. Perhatikan baik-baik denyut jantungnya di bawah mikroskop stereo. Jangan terkecoh dengan gerakan kakinya yang juga bergerak dengan ritmis
  3. Kembalikan Daphnia ke dalam gelas bekker
  4. Baca baik-baik prosedur selanjutnya dan rumuskanlah hipotesis yang sesuai
  5. Ukurlah temperatur media Daphnia. Kemudian letakkan Daphnia pada slide seperti cara kerja sebelumnya.
  6. Satu orang menjadi pengatur waktu dan yang satunya mengamati daphnia di bawah mikroskop.
  7. Pengamat harus familiar/terlatih menggunakan hand tally counter dan memijitnya setiap kali jantung daphnia berdenyut.
  8. Jika pengamat telah siap, pengatur segera memberitahukan pengamat untuk mulai menghitung denyut jantung dan memberhentikannya setelah 15 detik. Jumlah denyut jantung yang dihitung dicatat dan dikalikan 4 agar diperoleh denyut jantung per menit. Catat hasil yang anda peroleh.
  9. Ulangi pengamatan anda setidaknya 3 kali dan masing-masing harus pernah menjadi pengamat dan menjadi pengatur waktu.
  10. Kembalikan daphnia ke dalam beker gelas.
  11. Letakan beker berisi daphnia ke dalam wadah yang lebih besar yang berisi air dan bongkahan es. Biarkan sampai temperatur airnya turun pada temperatur tertentu.
  12. Jika temperatur air media daphnia mencapai temperatur tertentu, segera letakkan di bawah mikroskop dan amati seperti prosedur sebelumnya. Catat semua data yang anda peroleh.
  13. Letakan beker berisi daphnia ke dalam wadah yang lebih besar yang berisi air dan diatas air panas. Biarkan sampai temperatur airnya turun pada temperatur tertentu.
  14. Jika temperatur air media daphnia mencapai temperatur tertentu, segera letakkan di bawah mikroskop dan amati seperti prosedur sebelumnya. Catat semua data yang anda peroleh.
Category: Ilmiah Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !