Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi Telur

Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi – Pembuahan atau fertilisasi adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan penggabungan sitoplasma dan penyatuan bahan nucleus dengan meiosis, zigot itu membentuk ciri fundamental dari kebanyakan siklus seksual eukariota dan pada dasarnya gamet-gamet yang melebur adalah haploid. Jika keduanya motil, maka fertilisasi itu disebut isogami.

Jika berbeda dalam ukuran tetapi serupa dalam bentuk disebut anisogami, bila satu tidak motil (dan biasanya lebih besar) dinamakan oogami. Hal ini merupakan cara khas pada beberapa hewan, tumbuhan dan sebagian besar jamur.

Fertilisasi pada hewan ada dua macam yaitu fertilisasi eksternal dan fertilisasi internal. Fertilisasi eksternal khas pada hewan-hewan akuatik, yaitu merupakan proses fertilisasi dimana gamet-gametnya dikeluarkan dari dalam tubuhnya sebelum fertilisasi.

Fertilisasi internal khas untuk adaptasi dengan kehidupan di darat, sperma dimasukkan ke dalam daerah reproduksi betina yang kemudian disusul dengan fertilisasi. Setelah pembuahan telur itu membentuk membran fertilisasi (membran vitellina) untuk merintangi pemasukan sperma lebih lanjut. Sperma juga diperlukan hanya untuk mengaktifkan sel telur.

Baca juga : Struktur telur unggas

Fertilisasi merupakan proses yang dimulai dengan bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina, penetrasi spermatozoa ke dalam telur diakhiri dengan bergabungnya kedua pronuklei, karena setelah terjadi pembuahan, ovum akan menjadi lebih aktif untuk melakukan pembelahan segmentasi dan berkembang, sedangkan bila tidak terbuahi ovum akan segera mati.

Urutan proses utama selama fertilisasi (pembuahan):

  1. Kontak dan pengenalan sperma-telur untuk memastikan sperma-telur dari spesies yang sama,
  2. Pengaturan masuknya sperma ke dalam telur untuk pencegahan polispermi,
  3. Fusi materi genetik dari sperma dan telur,
  4. Aktivasi metabolisme telur untuk mengawali perkembangan.

Tahapan dalam pengenalan sperma dan telur :

  1. Telur mengeluarkan kemoatraktant pada spesies tertentu,
  2. Eksositosis vesikula akrosom,
  3. Ikatan antara sperma dengan bungkus ekstraseluler telur,
  4. Sperma menembus bungkus telur,
  5. Fusi membran sel telur dan membran sel sperma

Contoh Pembuahan telur Pada Ikan

Fertilisasi bukan merupakan proses tunggal, melainkan rangkaian proses yang melibatkan kedua gamet. Proses terjadinya fertilisasi di sebabkan karena adanya interaksi antara sel di mana androgaman pada telur dan ginigamaon pada telur. Fungsi akrosom adalah memecah lubang mikrofil untuk proses penetrasi dan fertilisasi telur, namun akrosom tidak terlalu berperan untuk spermatozoa karena mikrofil telur akan selalu terbuka untuk masuknya sperma.  Telur mengeluarkan enzim fertilisin dari mocropil sehingga memancing sperma masuk ke dalam mikrofil, walaupun lubangnya sangat kecil.

Tingkat kematangan gonad ikan sangat mempengaruhi keberhasilan pemijahan ikan. Induk yang matang gonad secara umum memiliki ciri-ciri morfologis yang relatif sama seperti alat kelamin memerah, bagian perut mengembang (betina), bagian perut ramping (jantan) dan sebagainya. Pemilihan induk yang matang gonad harus melihat ciri-ciri primer dan sekunder. Ciri ciri sex primer induk ikan matang gonad adalah alat kelamin, ukuran dan warna telur. Sedangkan ciri-ciri sex sekunder adalah warna tubuh, bagian perut, warna sirip, gerakan dan sebagainya.

Contoh Tahapan Perkembangan Embrio Ikan

Tahap perkembangan embrio ikan dimulai dari tahap pembelahan pertamanya meridian, diikuti oleh pembelahan kedua tegak lurus pada bidang pembelahan pertama. Pembelahan ketiga tidak sama untuk beberapa spesies ikan. Pembelahan ini sebenarnya ada dua yang prosesnya berjalan bersama-sama dan memotong bidang pembelahan kedua di sebelah kiri dan kanan bidang pembelahan pertama. Bidang pembelahannya ada yang kedua-duanya sejajar dengan bidang pembelahan pertama dan ada pula yang tidak.

Berikut ini adalah gambar tahapan perkembangan telur ikan setelah berhasil dibuahi oleh spermatozoa :

Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi Telur

Dari hasil pembelahan yang ketiga ini ialah stadium delapan sel. Pembelahan berikutnya yaitu pembelahan yang keempat terdiri dari dua pembelahan yang berjalan bersama-sama, sejajar atau tidak dan terletak di sebelah kanan dan kiri bidang pembelahan kedua. Apabila pembelahan yang keempat sudah selesai terbentuklah stadium 16 sel yang terdiri dari satu lapis, empat buah sel yang terletak di tengah-tengah dinamakan sel pusat.

Baca juga : Kualitas telur

Pada pembelahan yang kelima, sel-sel pusat tidak membelah vertikal seperti pada pembelahan-pembelahan sebelumnya atau pembelahan sel batas, melainkan sejajar dengan permukaan. Dengan selesainya pembelahan yang kelima maka terbentuklah stadium 32 sel dengan sel pusat yang terdiri dari dua lapis sel. Pada pembelahan berikutnya sudah tercampur aduk dan susah diikuti dimana sinkronisasi pembelahan mitosis sudah hilang.

Demikian artikel Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi Telur, salam

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !