Panduan

Pengertian Outline Diri dan Contohnya

Pengertian Outline Diri dan Contohnya – Banyak orang kesulitan hanya untuk membuat biodata diri atau tulisan sejenisnya, memang untuk bisa mendeskripsikan diri sendiri terkadang susah, karena penilaianya yang objektif justru datang dari orang lain.

Namun dalam hal-hal tertentu kita dituntut untuk bisa mendeskripsikan diri sendiri contohnya ketika presentasi “projek” atau “curriculum vitae”.

Tidak mudah memang untuk membuat orang percaya dengan bermodal suara kita atau mungkin juga hanya secarik kertas.

Pengertian Outline Diri dan Contohnya
Ilustrai outline diri

Oleh karenanya mulai dari sekarang kita harus melatih diri untuk bisa melakukan itu, “menjual diri kita” agar terlihat menarik dimata orang lain.

Untuk “cuririculum vitae” mungkin sudah biasa, namun sekarang ada beberapa perusahaan yang memilih menggunakan outline.

Dari katanya saja kita masih asing, di beberapa latar belakang pendidikan kita tidak diajarkan soal itu. Apalagi bisa membuat outline yang menarik itu sebuah tantangan tersendiri.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh bagaimana cara membuat outline yang baik dan menarik.

Namun sebelum jauh kesana kami akan memberikan pengertian terlebih dahulu supaya kita paham bedanya outline dengan identitas yang lain.

Outline adalah: kerangka, garis beras, guratan. Jadi outline merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan.

Sedangkan karangan adalah karya tulis yang hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis.

Sedangkan outline diri sendiri, berarti membuat ringkasan tentang diri sendiri yang berisi nama, asal, pendidikan, aktifitas sehari,-hari, keinginan, karir (kerangka diri).

Contoh:

Nama saya adalah Agus Prasetio, saya berasal dari desa Karangmangu, Purwojati, Banyumas, saya adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya bernama Jaya Sumitro dan Ibu saya bernama Jawen.

Saya lulusan Strata satu (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, lulus pada tahun 2013 dengan IPK, 3.35.

Saat ini saya bekerja di SMP Negeri 6 Purwokerto, mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dan VIII. Selain mengajar saya juga aktif dibeberapa organisasi diantaranya Karangtaruna.

Selain itu saya juga sedang berlatih berwirausaha budidaya lele di rumah, sebagai alternatif mengisi waktu luang dan melatih jiwa kewirausahaan saya.

Berwirausaha saya anggap penting karena mengajarkan saya untuk tidak tergantung kepada gaji bulanan yang selama ini saya terima.

Saya juga sedang melanjutkan studi S2 di Universitas yang sama, mengambil program studi Magister PendidikanBahasa Indonesia.

Keinginanan saya adalah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan sukses berwirausaha dan tentunya membahagikan orang tua dan bermanfaat bagi sesama.

Untuk karir sendiri berkeinginan semakin maju dan berkembang, bersama sekolah yang sedang saya naungi saat ini, dan arah kedepan saya berkeinginan untuk berumah tangga.

Demikian contoh dan pengertian outline semoga bermanfaat !

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !