Penghasilan Sampingan dari Membangun Blog Bisnis

Membangun Blog Untuk Bisnis – Pembaca yang budiman, kita semua pasti tahu media online seperti detik.com, Facebook.com, Twitter dan banyak situs terkenal lain. Pernahkah kita perhatikan dengan seksama ternyata situs situs tersebut mempunyai keunikan yang membedakan dari situs lain.

Keunikan tersebut bisa kita lihat dari konten, fasilitas, dan konsep yang disajikan. Kita ambil contoh detik.com, situs ini menyediakan berita-berita terkini yang update baik berita sosial, ekonomi, politik, teknologi dan olahraga.

Untuk memulai ngeblog, tidak harus bermodal besar. Banyak blog gratisan yang dapat dimanfaatkan. ini menjadi contoh bagi yang ingin berbisnis dengan modal kecil.

Apa Tujuan mu Membuat blog ?

Apakah untuk mencoba kesempatan bisnis di internet?

kalau saya 80% iya..20% karena hobi menulis..

Mengusung tema berita lalu disajikan dengan konsep modern dan informatif. Tujuan detik adalah memberikan informasi kepada pembaca tentang sebuah kejadian yang tengah terjadi secepat dan seakurat mungkin. Karena sifatnya menginformasikan berita-berita baru, maka pengunjung situs tersebut juga orang yang ingin mencari berita baru. Selepas berita itu basi, artikel berita akan tenggelam dan tidak ada yang membaca.

Inilah, Beberapa Negara Favorit Para Milyader Indonesia Untuk Menyimpan Uangnya

ilustrasi milyader

Kita ambil contoh berita berjudul ” kamis pagi, Kecelakaan maut kembali terjadi di pantura dan merenggut 3 nyawa”. Pada hari yang sama, artikel yang memuat berita tersebut pasti banyak yang membaca, namun selang satu bulan kemudian artikel tersebut akan di tinggalkan oleh pembaca. Berbeda dengan artikel tutorial dan tips. Artikel tutorial dan tips akan selalu dicari oleh pembaca sampai kapanpun selama kajian tutorial tersebut masih berlaku.

Baca juga : Beda blog dan website

Penghasilan Sampingan Dari Blog

Jika kamu memilliki blog yang sudah terkenal, mana yang kamu pilih, blog kamu sebagai Blog bisnis atau blog yang informatif?

Jelas tujuan dari situs detik.com adalah menginformasikan berita baru yang tengah terjadi. Situs-situs semacam ini biasanya dikelola oleh sebuah organisasi yang mampu mempekerjakan banyak orang untuk mencari berita-berita baru. Ketika pengunjung website/blog melimpah maka uang akan datang dari para pengiklan dengan sendirinya.
Pertanyaan di atas tidak perlu dijawab.

Karena jawabannya adalah kita bisa menggabungkan kedua manfaat tersebut, bermanfaat bagi orang lain sekaligus penghasil uang. Bermanfaat untuk penulis dan pembaca. Saling menguntungkan intinya.

Blog/website seperti apa yang sering dijumpai ?

Apakah kita pernah mendengar istilah website/blog bertema nice atau istilah mudahnya blog yang bertema khusus. Blog nice mengulas tentang tema tertentu. Contohnya, blog tentang kesehatan maka akan membahas seputar kesehatan, blog bertema teknologi maka mengulas seputar teknologi saja. Tujuan dari blog tersebut tentu menjaring pengunjung yang berminat sesuai tema blog tersebut. Kebanyakan blog bertema khusus merupakan blog komersial. Terkecuali blog/website dari organisasi pendidikan atau pemerintah.

Selanjutnya adalah blog campuran, istilah trenya adalah blog gado-gado. Berbeda dari blog bisnis yang membahas fokus pada bidang tertentu, Blog ini mengulas banyak hal, tidak terikat pada satu tema. Penulis bebas mengekspresikan pikiran dan ide yang didapat menjadi artilel-artikel dalam blognya. Hampir sama dengan blog berita, namun artikel yang disajikan lebih beragam dan tidak mengkhususkan artikel berita saja.

Namun jika blog ini dimonetize atau di uangkan, tetap saja namanya blog bisnis

Dari beberapa contoh di atas anda dapat menyimpulkan sendiri blog apa yang paling banyak beredar di internet. Silahkan ketikan kata kunci tertentu di mbah google dan lihat sendiri.

Lalu apa tujuan anda membuat blog ? Apakah sebatas hobi menulis, bentuk ekspresi diri atau blog bisnis ?

Dari beberapa rekan, saya pernah bertanya apa tujuan anda blogging. Kebanyakan jawaban dari mereka adalah sebagai luapan ekspresi diri, beberapa menjawab mendapat penghasilan dengan modal kecil, dan beberapa lagi menjawab karena hobi menulis. Apapun tujuan anda yang paling penting adalah konsisten dalam melaksanakanya serta dengan rasa senang.

Blog Bisnis, blog HOBI atau blog sebagai media mencurahkan perasaan.

Dunia blogging tidak lepas dari konten. Konten adalah sebuah produk yang disajikan untuk mengisi sebuah blog. Konten dapat berupa tulisan, gambar/foto atau vidio.  Ketika membuat blog maka harus ada konten yang disajikan. Konten yang disajikan akan menyesuiakan pembuat blog.

Konten blog yang berupa luapan perasaan, istilah ngetrenya tulisan curhat ditulis di blog personal yang menjadikan blog hanya sebagai tempat untuk mencurahkan apa yang sedang dirasa oleh si pembuat blog.

Konten berupa berita, tips/trik atau tutorial jika siempunya blog mengusai bidang tertentu dan di jadikan artikel tutorial. Blog jenis ini lebih condong ke blog komersil. Blog yang menulis artikel tutorial akan mendapat iklan dari pihak ketiga atau dengan menjual produk berupa ebook.

Blog/website memang mempunyai manfaat yang beragam tergantung tujuan pembuatan blog. Blog/website akan dapat diakses oleh siapa saja diseatero kolong bumi. Kita sebagai pemilik dapat menulis apapun, merekam apapun untuk dijadikan konten diblog. Blog juga dapat diatur sedemikian rupa sesuai selera kita. Namun bagaimanapun tetap ada aturan di dunia online. Isi konten yang tidak melanggar hukum, dan sopan dalam membuat konten. Etika dalam membuat konten akan disesuaikan sesuai aturan di negara masing-masing.

Sebenarnya apa manfaat blog selain bisnis dan hobi?

Hobi menulis entah itu tulisan curhat, sastra atau tutorial yang dituangkan dalam artikel-artikel untuk mengisi blog suatu saat akan berguna. Jika jumlah artikel semakin banyak maka pengunjung blog akan semakin banyak pula. Kenapa? Karena kata kunci akan semakin banyak yang diindek oleh mesin pencari seperti google atau bing. Jika kata kunci yang terindek semakin banyak maka kemungkinan blog untuk dikunjungi orang dari mesin pencari akan semakin banyak pula. Jika kita konsisten blog dengan tema apapun dapat kita monetise untuk menghasilkan uang.

Maka komponen hobi dan uang dapat di satukan. Lalu apa manfaat lain selain hobi dan uang?

Selain untuk hobi dan uang, ternyata blogging mempunyai manfaat lain. Salah satunya mengurangi stres, menulis juga merupakan bentuk eksistensi diri dan ekspresi diri. Dalam ilmu psikologi dua hal tersebut sangat penting untuk mengurangi stres. Saat kita menulis maka kita juga akan melatih otak untuk berfikir secara sistematis dan melatih kreatifitas. Dalam ilmu kesehatan, luapan perasaan manusia harus diekspresikan, ini berguna untuk mengurangi stres, depresi dan kejenuhan.

Baca juga ; Passion menulis blog

Semua kembali ke anda sebagi pembuat blog. Tentukan tujuan membuat blog yang anda inginkan. Sesuaikan dengan minat dan keahlian. Karena minat akan mempengaruhi konsistensi anda dalam membangun dan keberlangsungan blog tersebut.

Demikian artikel “Penghasilan Sampingan dari Membangun Blog Bisnis” yang bisa chyrun tuliskan untuk anda.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Simpan

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !