Pentingnya Bahasa Inggris di Era Modern

Pentingnya Bahasa Inggris di Era Modern – Sore itu aku berkunjung ke taman kota, sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu dan melepas penat dari aktivitasku. Disudut taman aku lihat sekumpulan ABG putri umuran 14-15 tahunan. Kuhampiri mereka, setelah dekat ternyata mereka sedang belajar bersama, belajar bahasa inggris.

Aku pasang telingakuku ini untuk mendengarkan seberapa jauh sih kemampuan bahasa inggris mereka. Ternyata mereka sedang belajar TOEFL. Aku jadi malu sendiri membandingkan penguasaan bahasa inggris mereka dengan bahasa inggrisku yang sangat-sangat jelek.

Memang aku sangat lama sekali tak mengasah & mempelajari bahasa inggris. Terbesit dalam pikiranku untuk kembali mempelajarinya kembali. Mengikuti les ataupun minta diajari teman.

Memasuki abad 21 memang dunia sudah sangat maju. Teknologi membuat semua hal semakin mudah didapat. Batas-batas negara hanya menjadi formalitas admninistratif, namun hubungan antar warga negara sudah tak mengenal batas lagi. Itulah yang dinamakan era globalisasi.

Di era globalisasi ini, mobilitas dan interaksi warga dunia semakin kompleks. Interaksi antar bangsa dengan beda bahasa tersebut membuat bahasa persatuan menjadi semakin penting untuk dikuasai. Bahasa inggris menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang, jika dia ingin tetap eksis.

Penggunaan bahasa inggris hampir semua aspek. Kalau tidak percaya, coba sekarang anda sebutkan bidang yang tidak ada bahasa inggrisnya. Ada tidak? Mari kita buktikan.
.

Bidang Pendidikan

Slah satu ciri era modern adalah tersedianya fasilitas pendidikan formal mulai dari tingkat rendah sampai tinggi. Hal tersebut menyebabkan semua masyarakat memperoleh kesempatan pendidikan yang sama. Pelajaran bahasa inggris sekarang sudah mulai diajarkan dari tingkat dasar. Bagi pelajar yang mengikuti program-program pertukaran pelajar dengan negara lain, kemampuan bahasa inggris sangat diperlukan. Bagi mahasiswa yang melanjutkan program S2 ataupun S3 ke luar negeri jelas kemampuan berbahasa inggris mutlak dikuasai.

Pentingnya Bahasa Inggris di Era Modern

Bahasa inggris memegang peranan yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Penguasaan kita dalam bahasa inggris berguna untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang menggunakan pengantar berbahasa inggris, rata-rata referensi ilmu pengetahuan dunia yang berkualitas menggunakan bahasa inggris.

Bidang Ekonomi

Pasar bebas di era modern sekarang membuat siapa saja dan darimana saja asal negara bebas untuk menembus bekerja dinegara manapaun. Dalam kebebasan tersebut membuat persaingan semakin ketat, selain keahlian juga diperlukan kemampuan bahasa inggris karena komunikasi dalam komunitas internasional menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa inggris. Ketidak mampuan keahlian dan komunikasi bisa saja menyebabkan penduduk asli bekerja untuk masyarakat pendatang, dan ini yang sudah banyak terjadi di Indonesia.

Hilangnya batas negara juga membuat pasar penjualan ataupun pembelian tidak hanya berkutat pada pasar lokal.   Kegiatan ekspor-impor sudah menjadi barang yang biasa. Oleh karenanya bahasa inggris sangat diperlukan demi memperlancar komunikasi dan memperluas jaringan pasar diluar negeri.

Bidang Teknologi & Informasi


Teknologi sudah sedemikian canggih dan informasi yang sudah sangat mudah diakses dengan menggunakan internet.  Data menunjukan 80 % informasi melaui internet (informasi elektronik) tersedia dalam bahasa inggris,sisanya 20 % masih harus dibagi menjadi bahasa-bahasa non-inggris seperti bahasa perancis, mandarin, portugis ataupun Indonesia. Bisa dibayangkan betapa sedikitnya informasi yang kita peroleh jika kita hanya mengandalkan bahasa Indonesia saja.

Di era globalisasi batas-batas negara seakan sudah tidak ada lagi, masyarakat dunia sudah membaur membentuk satu komunitas yang dinamakan komunitas internasional. Dalam komunitas apapun, interaksi selalu ada didalamnya, interaksi yang membutuhkan bahasa persatuan, tak lain adalah bahasa inggris.
Untuk menjaga eksistensi kita, hendaklah menguasai bahasa inggris. Ketidakmampuan mengikuti arus akan semakin membuat kita tergilas, terkucil dan tertinggal dari kemajuan dunia.

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !