Penyebab Banyaknya Kecelakaan Di Bulan Puasa

Penyebab Banyaknya Kecelakaan Di Bulan Puasa
Alhamdulillah bulan puasa tiba, bulan dimana pahala akan dilipat-gandakan,karena itu ini kita tentunya harus lebih giat lagi menyibukkan diri melakukan amalan-amalan yang diperintah Allah. Selain kita yang disibukkan, maka acara berita ditelevisipun ikut-ikutan sibuk memberitakan harga kebutuhan yang naik, kemacetan, serta kecelakaan yang sering sekali terjadi ketika bulan puasa. Angka kecelakaan yang terjadi dibulan puasa biasanya meningkat daripada hari-hari/bulan-bulan yang lain. Mengapa? Mulai dari kendaraan yang meningkat sampai dengan kondisi jalan yang rusak. Berikut ulasan lengkap mengenai  Penyebab Banyaknya Kecelakaan  Di Bulan Puasa :
1. Volume Kendaraan Meningkat
Pada bulan puasa mobilitas kendaraan akan semakin meningkat. Aktifitas yang melibatkan kendaraan entah itu motor, mobil, angkot atau bahkan mobil. Ketika sore sering sekali kita membeli makanan memakai motor untuk berbuka puasa. Lalu lintas bis baik itu bis besar ataupun bis kecil akan semakin meningkat, ini diakibatkan karena banyak orang yang mudik dari kota-kota besar. Dengan semakin banyaknya kendaraan yang melintas, maka secara otomatis “space” jalan akan semakin menyempit, belum lagi perilaku kebut-kebutan dan tidak disiplinnya berlalu lintas, itu yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan ketika bulan puasa.
2. Jalan Rusak
Jalan rusak menjadi faktor yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan dibulan puasa. Keterlambatan pemerintah dalam memperbaiki jalan mengakibatkan banyaknya lubang-lubang jalan yang jelas membahayakan pengendara. Bagi masyarakat lokal mungkin mereka sudah hafal jalan dan mengetahui letak lubang-lubang tersebut, tapi bagi pengendara yang baru melewati jalan itu pastilah mereka sering sekali mereka menjadi korban lubang tersebut. Pemerintah menjadi pihak yang harusnya bertanggung jawab disini, karena masyarakat sudah membayar pajak dan berhak atas jalan yang layak. Namun kita jangan menunggu dan bergantung pada pemerintah, kita harus teliti terhadap kondisi jalan yang akan kita lalui.
3. Konsentrasi Menurun
Ketika kita puasa, asupan nutrisi juga akan berkurang dibanding hari biasa. Dengan berkurangnya asupan nutrisi,  maka berkurang juga konsentrasi dlam berkendara. Kontrol kita terhadap kendaraan akan menurun. Konsentrasi menurun juga disebabkan oleh rasa kantuk ketika sedang berpuasa, rasa kantuk ini disebabkan karena berkurangnya waktu tidur kita, belum lagi ditambah rasa emosi yang begitu mudahnya meninggi ketika bulan puasa.
Penyebab Banyaknya Kecelakaan Di Bulan Puasa
4. Mengejar Waktu
Ketika bulan puasa sering sekali kita dikejar target harus sampai jam berapa. Misalnya harus sampai dirumah karena sudah ingin istirahat, harus sampai sebelum buka puasa, atau harus sampai supaya tidak ketinggalan shalat tarawih. Hindari tergesa-gesa seperti itu, ungkapan lawas BIAR LAMBAT ASAL SELAMAT harus kita gunakan.
5. Pengendara Tidak Mau Beristirahat
Ini berlaku bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi ketika pulang kampong. Biasanya waktu libur yang diberikan oleh perusahaan sangat mepet dengan waktu lebaran. Dengan waktu yang mepet itulah membuat para pemudik ingin cepat berkumpul dengan keluarganya dikampung, mereka enggan untuk beristirahat meskipun kondisi badan sudah tidak memungkinkan lagi. Idealnya setiap tiga jam para pemudik dianjurkan untuk merefresh kondisi badan dan stamina mereka.
Itulah kelima faktor yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan dibulan puasa. Berhati-hatilah, pastikan kondisi badan sedang dalam keadaan prima ketika berkendara. Selain itu hindari sikap-sikap indisipliner ketika berkendara, misalnya tidak memakai helm, bermain ponsel ketika berkendara, membawa muatan yang berlebih, serta ugal-ugalan dijalan. Jagalah keselamatan kita, jangan sampai nanti pada moment lebaran ketika yang lain berbahagia malah kita sedang sakit karena kecelakaan.
-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !