Internet Dan Teknologi

Perbedaan GSM dan CDMA Dalam Koneksi Internet Via Modem

Pengertian GSM dan CDMA Dalam Koneksi Internet Via Modem – Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.

Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

Ada 2 jenis modem yang biasa digunakan yaitu tipe GSM dan CDMA

GSM atau Global System for Mobile Communications merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah timeslot. Artinya sebuah paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa timeslot.

Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM secara temporary. Maksud dan digunakannya timeslot secara temporary adalah timeslot tersebut akan dimonopoli oleh pengguna selama mereka gunakan.

Kekurangannya adalah ketika jaringan GSM sudah penuh, maka pemilik ponsel biasanya akan mengalami kesulitan untuk melakukan panggilan atau bahkan menerima panggilan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya timeslot kosong yang bisa digunakan.

Perbedaan GSM dan CDMA

Sedangkan teknologi CDMA menggunakan sistem kode (coding).

Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaitu Code Division Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Kode yang unik ini juga akan mengeliminir kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.

CDMA tidak menggunakan satuan waktu seperti layaknya GSM. Hal ini menjadikan CDMA memiliki jaringan yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan GSM. Namun, tidak berarti jaringan CDMA akan lebih baik daripada jaringan GSM tetap ada batasan-batasan tertentu untuk kapasitas jaringan yang dimiliki CDMA.

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !