Sejarah Perkembangan Teknologi Android Sepanjang Waktu

Perkembangan Teknologi Android – Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang digunakan untuk perangkat mobile (SMARTPHONE) atau perangkat tablet (PGA). Sifat dari platform android yang terbuka bagi para pengembang untuk mengembangkan aplikasi buatan sendiri membuat android menjadi sistem operasi mobile yang populer hingga saat sekarang ini. Android didirikan pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner dan Chris White sebelum dipinang oleh Google pada bulan Juli 2005, dengan harga USD 50 juta. Google merupakan peran utama dibalik kesuksesan sistem opoerasi mobile android.

Beberapa versi android yang telah dirilis oleh Google antara lain:

#1. Android versi 1.0 (Astro)

Sejarah Perkembangan Teknologi Android dari Waktu ke Waktu

Pada gambar tersebut Android Versi 1.0 dirilis pada tanggal 23 September 2008, versi ini disematkan untuk pertama kali pada ponsel smartphone HTC Dream.

#2. Android Versi 1.1 (Bender)

Sejarah Perkembangan Teknologi Android dari Waktu ke Waktu

Pada gambar tersebut Android Versi 1.1 dirilis pada tanggal 9 Febuari 2009, versi ini memiliki beberapa fungsi seperti pembaharuan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan GMAIL dan pemberitahuan email.

#3. Android Versi 1.5 (Cupcake)

Sejarah Perkembangan Teknologi Android dari Waktu ke Waktu

Pada gambar tersebut Android Versi 1.5 dirilis pada tahun 2009, versi ini memiliki beberapa fungsi pembaruan seperti merekam dan menonton video, mengunggah video ke youtube, didukung Bluotooth A2DP, animasi layar, serta keyboard yang dapat disesuaikan dengan sistem.

#4. Android Versi 1.6 (Donut)

Sejarah Perkembangan Teknologi Android Sepanjang Waktu

Pada gambar di atas Android Versi 1.6 dirilis pada tanggal 15 September 2009, terdapat penambah serta perbaikan dari versi sebelumnya seperti penggunaan indikator baterai, dial kontak, kamera, resolusi VWGA dan beberapa fitur lainnya.

#5. Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)

Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada gambar tersebutAndroid Versi 2.0/2.1 dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009, terdapat penambahan fitur pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps, perubahan UI (User Interface) dengan browser baru dan dukungan HTML5. Dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, dan pengembangan baru teknologi bluetooth.

#6. Android Versi 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)

Android Versi 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)

Pada gambar di atas Android Versi 2.2 dirilis pada tanggal 10 Mei 2010, pada versi ini terdapat dukungan Adobe Flash 10.1, peningkat kinerja lebih baik sampai dua kali lipat dari versi sebelumnya yang terintegrasi dengan V8 JavaScript engine, yang dipakai di Google Chrome, pemasangan aplikasi dalam CD card, Wifi hotspot portable, auto update aplikasi android market.

#7. Android Versi 2.3 (Ginggerbread)

Android Versi 2.3 (Ginggerbread)

Versi 3.0/3.1 dirilis pada tanggal 22 Februari 2011. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar, UI (User Interface) pada honeycomb berbeda karena didesain khusus untuk tablet. Tablet pertama yang menggunakan versi ini adalah Motorola Xoom.

#8. Android Versi 4.0 – 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich)

Android Versi 4.0 – 4.0.4 ICS (Ice Cream Sandwich)

Android Versi 4.0 – 4.0.4 dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung, Galaxy Nexus. Versi ini memiliki fitur baru seperti 1membuka kunci dengan pengenal wajah, jaringan sosial dan beberapa fitur tambahan lainnya, secara teori versi sebelumnya seperti Ginggerbread dapat di upgrade ke versi ini.

#9. Android Versi 4.1 – 4.3.1 (Jelly Bean)

Android Versi 4.1 – 4.3.1 (Jelly Bean)

Android Versi 4.1 – 4.3.1 banyak sekali fitur penambahnya seperti widget, photo sphere, power control lock screen widget dan beberapa fitur lainnya. Smartphone pertama kali yang menggunakan versi ini adalah LG Google Nexs\us 4. Android versi pada tanggal 24 Juli 2013.

#10. Android Versi 4.4 – 4.4.4 (Kitkat)

 Android Versi 4.4 – 4.4.4 (Kitkat)

Pada gambar di atas Android Versi 4.4 – 4.4.4 dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. Beberapa pembaruan seperti antar muka dengan bar status, navigasi transparan pada layar depan, sensor batching, stepdetector dan counter API, peningkatan audio, aksesibilitas API dan beberapa fitur lainnya.

#11. Android 5.0-5.1 Lollipop

Android 5.0-5.1 Lollipop

Ini nih versi Android terbaru namanya Lolipop. Lollipop adalah versi stabil terbaru dari sistem operasi Android Google, yang pada saat ini mencakup versi antara 5.0 dan 5.1 dan Resmi dikeluarkan pada tanggal 25 Juni 2014.

Perubahan mendasar dalam rilis Lollipop pada user interface yang didesain ulang disebut sebagai “material design”.

#12. Android Nougat 7.0

teknologi android

Kita tahu versi android sebelum-sebelumnya begitu populer, versi Android terdahulu semuanya di ambil dari nama makanan penutup populer.

Nama versi Android no 12 ini diberi nama Nougat ini juga di ambil dari nama makanan, Nougat adalah permen kacang populer berasal dari Eropa terutama negara Perancis. Android Nougat pertama kali ditampilkan Google pada bulan Maret 2016 melalui preview pengembang.

Android 7.0 Nougat juga akan memungkinkan pengguna dapat membuka dua aplikasi dalam mode split-screen pada perangkat Nexus dan juga Smartphone pixel. Selain itu juga dapat mengukur dan mengubah tampilan layar dari berbagai aplikasi secara otomatis, namun pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan sendiri dengan pengukuran baru. Pengguna sekarang dapat memiliki hingga sembilan toggles dalam satu layar dengan fitur Pengaturan Cepat di Android Nougat.

Perubahan signifikan dari jenis Android terbaru Nougat dan versi sebelumnya adalah, memungkinkan pengguna  memblokir nomor telepon pada tingkat sistem, berarti langsung dari aplikasi seperti Messenger, Hangouts, atau Pemanggil.

Berikut ini fitur terbaru pada Android 7.0 Nougat ;

Direct Reply Notifications

Untuk menjawab pesan masuk. Sekarang Anda tidak harus menavigasi terlalu sulit, Anda dapat menjawab pesan tersebut dalam pemberitahuan yang akan muncul di bagian atas layar.

Multi window support

Pada Android Nougat Anda dapat membuka dua aplikasi sekaligus yang dijalankan secara bersamaan dalam satu layar baik di smartphone maupun tablet.

Quick settings menu

Google menambahkan menu pengaturan cepat terbaru pada Android Nougat, Anda dapat tarikgeser dari atas ke bawah. Fitur ini mungkin bukan hal yang baru pada Android, mengingat fitur ini telah banyak tersedia pada Android versi lama seperti pada perangkat Xiaomi, Samsung, LG dan lainnya.

Android Nougat performance

Android Nougat akan memberikan kemajuan perubahan terbesar dalam grafis yang akan berguna untuk pengembang game pada kontrol GPU.

Doze Mode 2.0

Ini adalah salah satu yang populer dari Android Marshmallow, namun pada Android Nougat memiliki sedikit pembaruan. Doze mode 2.0  bertujuan untuk menghemat baterai, Doze mode akan bekerja ketika layar smartphone sedang tidak digunakan dan juga saat layar dimatikan.

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !