Perpanjang SKCK ? Berikut Cara, Prosedur, Syarat dan Biayanya

SKCK surat keterangan catatan kepolisian. Fungsinya sebagai dokumen legal yang memeberitahukan record kita kriminal di kepolisian.

Artinya, surat tersebut memberikan jaminan bahwa  Anda tidak dalam kasus kriminal.

Itu sederhananya..

Ada dua jenis SKCK menurut masa berlakunya, yaitu ;

1. SKCK dari polsek, hanya berlaku 3 bulan

2. SKCK dari polres, berlaku sampai dengan 6 bulan

Keduanya memiliki fungsi dan kekuatan yang sama, bedanya hanya masa berlaku SKCK. Biasanya pembuat SKCK menyesuaiakan permintan, Ada kondisi di mana perusahaan mengharuskan para pelamar pekerja menggunakan SKCK dari polres.

Cara perpanjang SKCK dan biayanya

Jadi silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

SKCK memiliki fungsi dalam berbagai hal, misalnya untuk mendaftar pekerjaan, mendaftar beasiswa bahkan dalam beberapa kasus bisa menjadi syarat pernikahan..hehe..(just kidding)

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, SKCK menjadi penting fungsinya. Baik Anda akan bekerja di perusahaan swasta atau akan bekerja sebagai pegawai negeri sipil (mendaftar CPNS).

Nah, jika Anda sekarang belum memiliki SKCK, lebih baik mulai sekarang membuat SKCK. Untuk cara pembuatan SKCK hampir sama denga perpanjangan.

Ada dua kondisi dimana proses perpanjang SKCK akan berbeda.

1. Kondisi SKCK akan habis masa berlakunya,
2. Kondisi SKCK sudah kedaluwarsa lebih dari 1 tahun

Kondisi di atas berbeda disetiap kebijakan daerah, Secara umum, prosedur dan tata cara perpanjangan SKCK baik yang sudah kadaluarsa atau belum, untuk update terbaru “tidak ada bedanya”.

Prosedur dan alur perpanjangan SKCK di kepolisian

Keduanya membutuhkan kelengkapan dan persyaratan  yang sama.

1. Surat pengantar dari Desa atau kelurahan.

Khusus pengantar desa, dalam beberapa daerah,  misalnya di kabupaten Purbalingga tidak diperlukan. Nah, bagi daerah ANda yang menyaratkan pengantar  DESA, untuk mendapatkan surat pengantar dari desa dimulai dari surat rekomendasi RT/RW/Kepala Dusun  dilanjutkan ke Kepala Desa dan Camat.

Loading...

2. Membawa SKCK lama asli

Jika SKC lama hilang bisa diganti dengan fotocopi  yang terlegalisir, jika tidak memiliki fotocopynya,  lebih baik buat baru…hehe…karena hanya sedikit perbedaan, baik perpanjang atau pembuatan baru.

Apa perbedaannya ?

Jika membuat SKCK baru di butuhkan surat keterangan dari KORAMIL setempat (KORAMIL di kecamatan Anda).

3. Bawa Fotokopi Kartu Keluarga.

4. Fotokopi KTP atau SIM yang masih aktif

Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar. Ingat Bro… warna background (latar belakang) foto disesuaikan dengan aturan pembuatan KTP.

Warna merah untuk anda yang lahir di tahun ganjil.

Warna biru untuk kelahiran tahun genap.

Prosedur Perpanjangan SKCK

Setelah syarat-syarat di atas Anda miliki, kini saatnya anda datang ke polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri dengan membawa kelengkapan dokumen tadi.

Serahkan semua berkas persyaratan yang anda bawa  ke bagian loket. Lalu Anda akan diberikan formulir Kemudian isi  formulir yang diberikan tersebut.

Biasanya akan dikenakan biaya Rp10.000 untuk administrasi, jika polisi meminta lebih tanyakan untuk apa..hehe..

Tunggu beberapa waktu, Jika SKCK anda sudah jadi, jangan lupa fotokopy dan mintalah legalisir fotokopian tadi ke petugas.

Dalam perpanjangan SKCK, tidak ada lagi proses pengambilan sidik jari seperti pembuatan SKCK baru.

Jangan lupa untuk minta legalisir SKCK untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin mendapatkan SKCK yang diterbitkan oleh Polsek, maka biasanya prosesnya lebih cepat dan lebih mudah. Satu hal lagi yang perlu diketahui pada poin ini adalah bahwa dalam pengurusan perpanjangan SKCK, tidak ada lagi prosedur sidik jari seperti pertama kali anda membuat SKCK baru.

Tips bagi Anda yang akan memperpanajang SKCK

Datang sepagi mungkin, Siapkan alat tulis terutama bolpoin untuk jaga- jaga. Datang lebih pagi akan mempersingkat antrian. Jangan salah ngantrinya itu lho…ampun, jadi usahakan sepagi mungkin, apalagi jika musim pendaftaran CPNS,,ampun ngantrinya.

*Catatan :

Perpanjangan SKCK untuk keperluan kunjungan ke luar negeri, akan kami bahas pada artikel tersendiri. Ada beberapa hal tambahan yang wajib di penuhi dan ada beberapa keterangan yang harus diketahu.

Jika untuk keperluan luar negeri ada 1 syarat tambahan lagi yaitu fotokopi paspor. SKCK untuk keperluan pergi ke luar negeri hanya dikeluarkan/diterbitkan oleh Mabes Polri.