Membangun Personal Branding dari Blogging dan Menulis

Pertama, saya ingin bertanya..

Apakah personal branding itu penting?

Apa fungsi personal branding?

Bagaimana caranya?

Yang saya lakukan salah satunya dengan Menjadi Pembicara Tentang “Blogging Dan Menulis”,

Personal Branding !

Yah, belum pantas saya menjadi seorang narasumber sebuah forum yang membahas tentang blogging dan menulis.

Tapi saya niatkan untuk proses belajar…

….pengalaman ini saya dapatkan secara kebetulan.

Begini ceritanya ;

Melalui rekomendasi seorang “teman”, saya diminta mengisi sebuah acara pada sebuah kampus, diminta untuk berbagi pengalaman singkat dalam dunia blog dan menulis.

…saya menulis sesuka hati, istilahnya “sekarepe dewek”, apa yang saya bagikan adalah pengalaman dan pembelajaran otodidak. Jauh dari kursi pendidikan formal yang membahas hal-hal tersebut.

Saya bukan seorang Pramudya Ananta Toer yang memiliki otoritas kuat dalam dunia sastra menulis, atau seorang Master Blog Mas Sugeng. Rasanya masih jauh dari mereka.

Namun, dengan niat membagi sedikit ilmu pada ade-ade almamater, akhirnya saya terima saja tawaran tersebut tanpa pikir panjang.

Apa itu blogging dan apa itu menulis ?

Itu adalah pertanyaan pertama yang saya lontarkan pada forum. Nyatanya forum sudah mengetahui apa artinya. Tentu mereka bukan lagi anak SD atau SMP, dan saya juga bukan seorang ahli, hanya sedikit tahu, tapi kebetulan  diminta mengisi sebuah acara diskusi.

Dari pengalaman tersebut, saya mulai mengerti betapa pentingnya Personal Branding. Mendapatkan Personal Branding bukan dari bagaimana kita berbicara, tapi dari bagaimana Personal Building.

Pentingnya Membangun Personal Branding

Penilaian tersebut bukan dari kita, tapi merekalah pembaca / audien yang akan menilai. Rasanya tidak mungkin kita akan memiliki personal branding jika nyatanya kita tidak memiliki apa-apa yang sudah kita kerjakan dan sukses.

Apakah ada yang akan mengundang anda menjadi narasumber acara bisnis, jika nyatanya anda tidak memiliki bisnis yang sukses?

Saya jamin tidak, kecuali anda seorang motivator macam om Mario Teguh yang dengan kata-katanya mampu menghipnotis dan menyuntikan motivasi sesaat.

Personal Branding adalah hasil dari jerih payah kerja keras anda pada bidang yang anda geluti. Saya pribadi yang berfikir bahwa saya masih jauh dari ahli menulis dan blogging ko malah diundang menjadi narasumber.

apakah karena ;

Saya memiliki 3 situs aktif, chyrun.com, edukasi.in, dan tohir.xyz. ketiganya adalah situs tempat saya belajar dunia blog dan menulis. Saya rasa itulah alasan mereka mengundang saya menjadi pembicara tentang blogging dan menulis.

Personal Branding yang saya tawarkan adalah, memiliki 3 blog dengan trafik lumayan dan mengasilkan dolar tiap bulanya, namun nyatanya dengan hal tersebut saya sudah mulai membangun personal branding tanpa saya sendiri sadari.

Mari lebih dalam mengenal personal branding

Personal Brand adalah sebuah gambaran mengenai apa yang masyarakat pikirkan tentang seseorang. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, keahlian dan kualitas yang membuat seseorang berbeda dengan yang lainnya.

Ilustrasi ;

Dengan apa yang saya lakukan, dan banyak orang yang mengetahui tentang apa yang saya lakukan maka saya akan dianggap ahli dibidang tersebut, otoritas akan mulai melekat dan personal branding akan mulai terbangun.

Berikut kira-kira pengalaman materi yang saya sampaikan ketika pertama kali menjadi pembicara tentang “menulis dan blogging”.

Apa pengertian menulis dan blogging

Potensi Blog Untuk Anak Muda

Bagaimana Membuat Blog Gratis beserta optimasinya,

Bagaimana Menulis Artikel yang SEO

Bagiaman Promosi konten Blog

Bagaimana menguangkan blog dengan google adsense.

Itulah poin-poin penting yang saya sampaikan pada saat menjadi narasumber untuk pertama kali. Tentunya di sesuaikan dengan temanya yaitu tentang menulis dan blogging.

Secara garis besar, sederhananya saya menjelaskan bahwa blog memiliki peran sebagai tempat kita dalam menulis, menjelakan bagaimana mempopulerkan blog dan pengetahuan dasar tentang mendapatkan penghasilan dari blog.

Hmm, sekian dulu curhatan singkat saya,,semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Membangun Personal Branding dari Blogging dan Menulis

  1. ngoceh

    Saya juga orangnya ingin seperti mas, menulis sesuka hati, tetapi bisa bermanfaat untuk orang banyak tentunya…

    Reply
  2. Isrofi Achmad

    Betul mas, dan membangun personal branding itu juga susah dan harus benar-benar fokus dengan apa yang ada pada diri kita
    Maksih.

    Reply
  3. Tochirun toch

    Terimakasih mas irofi sudah mampir…

    saya suka dengan kemejingnet…

    Personal branding harus mulai di bangun sedini mungkin…selain online promosi,,kita juga harus membangun komunitas offline…

    Reply
  4. Isrofi Achmad

    Mantap mas, sudah menjadi pembicara di sebuah diskusi tentang blogging, dan itu akan semakin memperkuat personal brading yang Anda miliki.
    Sukses selalu buat Mas Tochirun.

    Reply
  5. Tochirun toch

    Salam mas dedy,,,iya mas…hanya forum sederhana,,dan sepertinya saya di anggap bisa,,,padahal ilmu saya masih dangkal,,dalam forum tersebut saya coba berbagi pengalaman tentang blogging dan menulis yang sekarang sedang saya coba jadikan sambilan hobi..

    Reply
  6. Dedy Akas

    Google AdSense, selalu tidak ketinggalan untuk juga dibahas ya Mas…
    Salam keren deh, sudah bisa menjadi pembicara tentang blogging dan menulis…
    Salam,

    Reply

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !