Potensi, khasiat dan Manfaat Tanaman Pisang

Melanjutkan postingan terdahulu tentang “manfaat pisang dan jenis-jenis pisang”, pada postingan kali ini
wisata sains akan menambahkan informasi mengenai pisang dengan membuat artikel “Potensi Dan Manfaat Tanaman Pisang”.

Potensi khasiat, manfaat Tanaman pisang
Potensi buah pisang

Pisang (Musa paradisiacal L) berasal dari Asia Tenggara kemudian oleh para penyebar agama Islam, pisang disebarkan ke sekitar Laut Tengah. Dari Afrika Barat menyebar ke Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Asia Tenggara, termasuk Indonesia disebut sebagai sentra asal tanaman Pisang. Penyebarannya hampir ke seluruh dunia
meliputi daerah tropik dan subtropik. Dimulai dari Asia Tenggara ke timur melalui lautan Teduh sampai ke Hawai. Selain itu juga ke barat melalui Samudra Atlantik, Kepulauan Kenari sampai Benua Amerika. Oleh karenanya, tanaman pisang kini telah menjadi tanaman dunia karena tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna hijau, jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Produk utama pisang adalah buahnya. Pisang dimanfaatkan baik dalam keadaan mentah, maupun dimasak, atau diolah menurut cara-cara tertentu. Pisang dapat diproses menjadi tepung, kripik, puree, bir, cuka, atau didehidrasi. Daun pisang digunakan untuk menggosok lantai, sebagai alas kastrol tempat membuat nasi liwet, dan sebagai pembungkus berbagai makanan. Serat untuk membuat kain dapat diperoleh dari batang semunya.

Tanaman pisang  (daun dan buahnya) juga memegang peranan dalam upacara-upacara adat, misalnya di Indonesia, untuk upacara pernikahan, ketika mendirikan rumah, dan upacara keagamaan setempat. Dalam pengobatan, daun pisang yang masih tergulung digunakan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit yang bengkak atau lecet.

Air yang keluar dari pangkal batang yang ditusuk digunakan untuk disuntikkan ke dalam saluran kencing untuk mengobati penyakit seperti penyakit disentri dan diare, air ini juga digunakan untuk menyetop rontoknya rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Cairan yang keluar dari akar bersifat anti demam dan memiliki daya pemulihan kembali. Dalam bentuk tepung, pisang digunakan dalam kasus anemia dan rasa letih pada umumnya, serta untuk yang kekurangan gizi. Buah yang belum matang merupakan sebagian dari diet bagi orang yang menderita penyakit batuk darah (haemoptysis) dan kencing manis.

Kandungan gizi beberapa varietas pisang di Indonesia

Energi  371kJ

Karbohidrat 22,84g

Gula 12,23g

Diet serat 2,6 g

Lemak 0,33 g

Protein 1,09 g

Vitamin A 3  g

Riboflavin 0,073 mg

Niacin  0,0665 mg

Asam pantotenat 0,334 mg

Vitamin B6 0,367 mg

Folat 20 mg

Vitamin C 8,7 mg

Kalsium 5 mg

Besi 0,26 mg

Magnesium 27 mg

Fosfor  22 mg

Kalium   358 mg

Pisang (Musa paradisiaca L) adalah salah satu buah yang digemari oleh sebagian besar penduduk dunia. Rasanya enak, kandungan gizinya tinggi, mudah didapat, dan harganya relatif murah.

Tanaman pisang di Indonesia dapat tumbuh subur baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah, dari yang beriklim basah maupun yang beriklim kering. Buahnya setiap saat dapat kita jumpai karena tidak tergantung oleh musim.

Daerah penyebarannya hampir diseluruh Indonesia, dengan sentra produksi terbesar di Jawa, khususnya di daerah jawa barat dengan sentra produksi terbesar ialah Sukabumi dan sekitarnya.

Tanaman pisang (Musa paradisiacal L) memiliki sistematika sebagai berikut.

Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub division : Angiospermae

Kelas   : Monocotyledonae

Famili : Musaceae

Genus : Musa

Spesies : Musa paradisiacal L

Iklim tropis yang sesuai serta kondisi tanah yang banyak mengandung humus memungkinkan tanaman pisang tersebar luas di Indonesia. Saat ini, hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan daerah penghasil pisang.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk menambah informasi dan pengetahuan pembaca.

Baca artikel terkait pisang “Jenis-Jenis Pisang di indonesia

One thought on “Potensi, khasiat dan Manfaat Tanaman Pisang

  1. Pingback: Jenis-Jenis Pisang khas Indonesia - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !