Prinsip Kerja Motor Dengan Bahan Bakar Bensin

Prinsip Kerja Motor Bakar Dengan Bahan Bakar Bensin – Motor bakar Motor bensin adalah salah satu jenis motor pembakaran dalam yang banyak digunakan untuk menggerakan atau sebagai sumber tenaga dari kendaraan darat, baik itu motor bensin  4 langkah (tak) atau 2 langkah (tak).

Motor bakar memanfaatkan energi panas untuk menghasilkan energi mekanik. Energi panas tersebut diperoleh dari proses pembakaran yang terjadi baik di dalam silinder maupun di luar silinder. Jika pembakaran berlangsung di dalam silinder maka disebut Internal Combustion Engine (mesin pembakaran dalam). Sedangkan mesin dengan proses pembakarannya di luar silinder disebut External Combustion engine (mesin pembakaran luar).

Bahan bakar adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk pembakaran di ruang pembakaran (combustion chamber) pada setiap jenis mesin. Kondisi bahan bakar dan sisstem bahan bakar yang dimiliki oleh sebuah mesin akan mempengaruhi performa mesin itu sendiri.

Salah satu jenis bahan bakar yang banyak digunakan untuk menghasilkan pembakaran dalam sebuah mesin adalah bensin. Bensin merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari penyulingan minyak bumi (petroleum/crude oil). Kemampuannya yang mudah terbakar menjadikan bensin lebih efektif dibandingkan bahan bakar lainnya.

Sistem bahan bakar merupakan satu sistem yang sangat vital pada motor bensin. Pembakaran pada motor bensin di mulai oleh adanya suplai campuran bahan bakar dan udara. Untuk itu pada motor bensin memerlukan suatu sistem yang dapat menyediakan bahan bakar dan sekaligus memberikan campuran bahan bakar dan udara yang sesuai dengan kondisi mesin.

Motor bakar

Salah satu usaha dalam meningkatkan produksi pertanian adalah menggunakan sumber tenaga yang baik. Mesin bakar bensin adalah salah satu sumber tenaga di bidang pertanian. Motor bakar bensin adalah suatu pesawat yang mengubah energi panas dari pembakaran bahan bakar bensin dalam silinder menjadi energi mekanik atau energi gerak putar pada poros.

Proses pembakaran di dalam silinder akan menjadi maksimal jika didukung dengan sistem penyaluran bahan bakar yang baik. Pada mesin bensin terdapat karburator yaitu suatu komponen yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar bensin dengan udara yang kemudian di salurkan ke dalam silinder melalui saluran hisap. Fungsi karburator adalah mutlak untuk sebuah mesin bensin, dimana tanpa karburator akan terjadi proses pencampuran udara dengan bahan bakar yang tidak seimbang yang dapat mengakibatkan proses pembakaran dalam silinder dapat terganggu dan menjadi tidak maksimal.

Prinsip Kerja Motor Bakar

Prinsip kerja motor bakar internal adalah mengubah daya pengembangan gas hasil ledakan campuran bahan bakar dan udara ke daya mekanis. Proses pembakaran tersebut membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi, udara (O2) sebagai bahan pembakar, dan panas permulaan.

Reaksi pembakaran dalam proses pembakaran pada motor bensin adalah sebagai berikut:

Reaksi motor bakar

Pembakaran campuran bahan bakar dan udara pada motor bakar internal terjadi di dalam blok silinder. Pada motor bensin sistem karburasi, campuran bahan bakar (bensin) dan udara diperoleh dari karburator. Campuran bensin dan udara ini akan dihisap masuk ke dalam blok silinder ketika terjadi langkah intake pada saat gerakan piston ke bawah. Selanjutnya campuran bensin dan udara dimampatkan oleh piston sehingga campuran ini menjadi bersuhu tinggi, dan ketika masuk langkah power, busi akan memercikan bunga api sehingga campuran bensin dan udara akan terbakar dan menghasilkan tenaga.

Baca juga :

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !