Rahasia Sukses Pembesaran Lele

Chyrun kali ini mencoba berbagi artikel tentang rahasia sukses pembesaran lele. Artikel ini saya buat berdasarkan sumber terpercaya dan dari analisis para pembudidaya lele. Admin berusaha mengumpulkan informasi dari berbagai sumber  dan menuangkanya dalam artikel ini.

Usaha pembesaran lele akhir-akhir ini menjadi primadona baru.  Banyak kelebihan ikan lele dibanding ikan yang lain. kelebihan tersebut seperti; pertumbuhan yang relatif cepat, tahan banting, permintaan pasar yang tinggi serta menguntungkan jika dikelola dengan serius.

Rahasia Sukses Pembesaran Lele

Dalam artikel ini, Akan saya bagi menjadi dua pokok bahasan utama, yaitu membahas budidaya ikan lele dan pemasaran ikan lele budidaya. Jadi siapkan makanan dan minuman untuk menemani anda membaca. Akan sedikit panjang dan semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Yang pertama : Faktor Penting Budidaya Pembesaran Ikan Lele

Budidaya Pembesaran meliputi : Jenis/ benih lele yang digunakan, lingkungan tempat budidaya, pakan yang diberikan serta bentuk pemeliharaan.

  • Jenis Lele,

    jenis lele yang digunakan untuk pembesaran sangat berpengaruh terhadap hasil  yang didapatkan. Tidak lucu rasanya, berbisnis lele konsumsi tapi lele yang  dibesarkan tidak cepat tumbuh. Hal ini akan sia-sia dan akan mendatangkan  kerugian, bahkan kerugian sebelum memulai usaha. Salah dalam membeli bibit  lele, kita kalah sebelum berperang, rugi sebelum berdagang. Bioteknologi atau  manipulasi genetik digunakan oleh para ilmuan untuk menedapatkan spesies lele unggul.  Kriteria spesies unggul, mempunyai pertumbuhan yang cepat, tahan terhadap  penyakit dan tahan hidup di kondisi lingkungan yang minim. Pilihlah benih  unggul dan jangan sampai tertipu oleh para penjual benih.Benih  lele unggul yang saya sarankan seperti: lele
    sangkuriang, lele dumbo dan lele lokal modifikasi.

  • Lingkungan tempat budidaya, Meliputi air, posisi kolam dan ketinggian. Lele memang tidak terlalu rewel dalam hal air, kita cukup mengganti 1 kali jika melakukan pemeliharaan untuk pembesaran. Jika pemeliharaan dilakukan selama 45 hari maka penggantian air kolam dilakukan dihari ke 21.
  • Posisi kolam hendaknya berada ditempat yang tersinari matahari minimal 2 jam dan maksimal 5 jam satu hari. Artinya, harus ada tanaman disekitar kolam sebagai peredup dan mengurangi intensitas penyinaran matahari.

Lele akan tumbuh optimal di bawah ketinggian 2500 meter. Dengan suhu 20-35 derajatcalcius.

  • Faktor pakan,

    jika tujuan pemberian pakan untuk pembesaran maka pakan yang cocok adalah pakan  dengan kandungan protein tinggi. Protein tinggi akan mempercepat pertumbuhan masa otot. Pakan yang mengandung protein tinggi seperti tepung ikan, bangkai ayam yang di haluskan, manggot atau cacing. Namun, biasanya pakan berprotein tinggi berharga mahal dan akan mengurangi keuntungan penjualan.

Baca Juga : Pembuatan pakan Lele Organik dari kotoran sapi 

  • Pemeliharaan,

    pemeliharaan adalah faktor penting yang akan menentukan keberhasilan dalam  pembesaran lele. Dari mulai air, makanan, serta obat-obatan mengiringi proses budidaya pembesaran. Pemeliharaan untuk pembesaran lebih mudah dibandingkan pada saat pendedaran benih lele.

Memperhatikan hal-hal dari yang detail sampai hal-hal pokok dalam teknik budidaya akan membantu mengurangi resiko kegagalan. Untuk poin ke empat ini, penjelasan akan panjang lebar. Saya sarankan untuk membeli buku anduan pemeliharaan lele budidaya, atau berkonsultasi dengan para pengalaman dibidangnya secara langsung.

Yang Kedua: Strategi Pemasaran Ikan Lele Budidaya

Setelah membahas budidaya dan pembesaran, kali ini akan di uraikan pemasaran ikan lele budidaya. Setelah kita berhasil dalam memproduksi pembesaran lele, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penjualan hasil budidaya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Budidaya Lele Sangkuriang

Pemasaran ikan lele konsumsi susah-susah gampang, bagi para petani ikan yang sudah mampu memproduksi ikan minimal 1 ton satu bulan akan mudah mencari pembeli, jika dibandingkan petani yang masih skala kecil menengah kenapa? Jika ingin tau jawabanya, baca artikel ini sampai selesai.

Inilah salah satu rahasia sukses para petani lele. Ternyata ada beberapa rahasia lain, apa rahasianya, ini dia beberapa rahasia sukses petani lele.

Poin pertama : Mampu memproduksi lebih dari satu ton lele setiap bulanya, inilah tantangan terbesar para petani lele. Kenapa? Untuk mencapai produksi sebanyak itu butuh modal, sumberdaya, ilmu, pengalaman dan keberanian.

Rumah makan atau suplayer besar lain yang ingin membeli lele kita biasanya memberikan syarat dan kontrak tertulis yang harus di penuhi oleh petani lele. Misalnya, mampu memproduksi 1 ton dalam satu bulan atau dua bulan, ini tantangan, jika petani mampu maka petani tersebut akan sukses. Banyak suplayer rumah-rumah makan besar yang mencari petani lele yang mampu memproduksi dalam jumlah banyak dan dengan perjanjian kontrak secara tertulis.

Sedikit cerita pengalaman, ada seorang teman saya yang sedang menekuni bisnis ini, bisnis berkembang dan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah meskipun tidak stabil. Suatu ketika Ada restoran yang mengontrak hasil budidaya dengan syarat minimal 1 ton setiap bulan. Karena jumlah kolam dan lahan yang masih terbatas, maka teman saya belum berani untuk menandatangani kontrak tersebut. Kini beliau sedang membangun komunitas pembesaran lele dengan melibatkan pemuda dan masyarakat sekitar untuk mencapai target tersebut.

Poin ke dua : Mampu membentuk komunitas petani lele yang saling membantu dan menguntungkan.

Seperti yang sedikit sudah disinggung di poin pertama, jika kita memiliki target satu bulan satu ton lele konsumsi, sementara lahan dan modal belum memenuhi maka target tersebut akan sulit dicapai bukan.

Jika kita belum memiliki modal dan tempat yang cukup, kita dapat memanfaatkkan sumberdaya yang ada. Seperti melibatkan masyarakat dan pemuda, membentuk komunitas masyarakat yang saling membantu dan berbagi ilmu.

Poin ke tiga : Mempunyai kecakapan dalam membangun link-link penting seperti mencari pembeli yang prospek. Mencari dan mendalami ilmu dari para ahlinya dan menyukai pekerjaan sebagai petani lele. Bukan semata-mata karena uang, tapi kecintaan karena hobi itu lebih penting.

Apa kelebihan dari seorang yang sukses? Mereka mampu membangun link penting untuk kepentingan usahanya. Saya contohkan, seorang petani lele yang biasa saja dengan petani lele yang sukses mempunyai perbedaan dalam link jaringan yang di bangun. Ilmu dan skill dari kedua petani sama, namun kecakapan dalam melakukan pemasaran dan menjalin jaringan itu yang membedakan.

Poin ke empat : Memiliki menejemen yang bagus dalam mengelola keuangan yang melibatkan modal dan
keuntungan.

Poin keempat adalah pelengkap dari ketiga poin sebelumnya, yaitu tentang menejemen. Pengaturan atau menejemen, sebenarnya bukan hanya uang yang harus di atur, waktu, kegiatan, dan apa saja yang menyangkut bisnis harus dilandasi dengan menejemen yang bagus. Bahkan bukan hanya bisnis, sekarang menejemen sudah merasuk kesetiap bidang kehidupan di era moderen ini.

Kesuksesan dimulai dari kita bermimpi, lalu diikuti dengan bagaimana kita bertahan dan meraih mimpi. Sukses budidaya pembesaran lele, saya harapkan yang mengunjungi artikel ini adalah orang-orang yang sedang mencari ilmu untuk pembesaran lele.

Bukan para plagiat yang hobi copy paste artikel blog !

One thought on “Rahasia Sukses Pembesaran Lele

  1. POSDAYAHARMONIS BARANANGSIANG BOGOR

    Saya pemula Lele, Terimakasih banyak, Info dan Ilmu yang disampaikan….
    Ditunggu info masalah Lele untuk bagaimana teknis dan cara memasarkan Lele bisa Export ke Manca Negara.

    Wassalam, >leleorganikrizkybogor@yahoo.com

    Reply

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !