REDAKSI DOA HARIAN DAN APLIKASINYA

REDAKSI DOA HARIAN DAN APLIKASINYA

Doa secara bahasa berasal dari kata da’a yang artimya memanggil. Selain diartikan dengan memanggil, kata do’a juga berarti membaca, mengajak, memohon. Sedangkan do’a menurut istilah adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.
Dalam Al Qur’an ada beberapa ayat yang memerintahkan manusia untuk senantiasa berdoa kepada Allah, diantaranya dalam surat Ghafir ayat 60:
اُدْعُوْنِيْ اَسْتَجِبْ لَكُمْ
“Berdoalah kepadaku niscaya akan Aku perkenankan bagimu”
Surat Al A’raf Ayat 55:
اُدْعُوْا رَبّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفِيَةً
“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri (tadharu’) dan suara yang lembut”
Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim juga disebutkan :
يُسْتَجَابُ لِأَ حَدكُم مَا لَمْ يَجْعَلْ يَقُوْلُ: دَعَوْتُ فَلَمْ يَسْتَجِبْ لِيْ
“ Doa kalian akan dikabulkan selagi kalian tidak terburu-buru dengan mengatakan, ‘aku telah berdoa, tapi tidak kunjung dikabulkan” 
                    
A. Doa-doa Harian
1. Doa Sesudah Wudhu
اَشْهَدُ اَنْ لآاِلهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ (رواه مسلم
“ Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya”
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَا بِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَ اجْعَلْنِيْ مِنْ  عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ (رواه الترمذي
“ Ya Allah jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang selalu mensucikan diri dan jadikanlah aku sebagai orang yang sholih”
2. Doa Masuk Rumah
 بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ الله خَرَجْنَاوَعَلَى الله رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا (رواه ابو دود
“Dengan nama Allah kami masuk (rumah) dan dengan nama Allah kami keluar (rumah) dan kepada Allah Rabb kami bertawakal”
3. Doa Keluar Rumah
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لا حَوْلَا وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِ اللهِ  (رواه ابو دود
“ Dengan nama Allah kami berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah”
4. Doa Naik Kendaraan
بِسْمِ اللهِ اَلْحَمْدُ لِلّهِ  سُبْحَانَ اللهِ اَلَّذِيْ سَخَّرَلَنَاهَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَ اِنَّااِلَى رَبِّنَالَمُنْقَلِبُوْنَ اَلْحَمْدُ لِلّه اَلْحَمْدُ لِلّهِ اَلْحَمْدُ لِلّهِ الله اَكْبَرُ الله اَكْبَرُ الله اَكْبَرُ سُبْحَانَكَ الّلهُمَّ اِنِّي ظَلَمْتُ  نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَاِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَاّ اَنْتَ (رواه ابو دود
“ Dengan nama Allah, Maha Suci Allah, yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini padahal sebelumnya kami belum menguasainya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.  Maha Suci Allah Engkau ya Allah, sesungguhnya kami telah mendhalimi diri sendiri. Karena itu ampunilah kami, karena hanya Engkau yang mampu mengampuni dosa-dosa”.

5. Doa Kaffaratul Majelis
سبحانك اللّهمّ و بحمدك اشهد اَنْ لآاِلهَ اِلَّا انت استغفرك و اتوب اليه (رواه الترمذى
“ Maha Suci Engkau ya Allah dengan memujiMu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepadaMu”.
6. Doa Minta Hujan
اللّهمّ اغثنا اللّهمّ اغثنا اللّهمّ اغثنا
“Ya Allah turunkanlah hujan kepada kami, Ya Allah turunkanlah hujan kepada kami, Ya Allah turunkanlah hujan kepada kami”
7. Doa Ketika Hujan
اللّهمّ صيّبا نافعا
“Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat”
8. Doa Setelah Turun Hujan
مطرنا بفصل الله ورحمته
“Hujan diturunkan kepada kami karena keutamaan Allah dan rahmatNya”
9. Doa Perlindungan Dari Kejahatan Makhluk
اعو ذبكلمات الله التّامّات من شرّما خلق
“Aku memohon perlindungan kepada kalimat-kalimat Allah yang paripurna dari kejahatan ciptaanNya”
10. Doa Ketika Mendengar Suara Petir
سبحان الّذي يسبّح الرّعد بحمده والملاءكةمن خيفته
“Maha suci Allah yang mana petir pun bertasbih kepadaNya dengan memujiNya, demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya”
11. Doa Mohon Anugerah Negeri Yang Aman Dan Rejeki Yang Melimpah
“Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafirpun aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali”.(Q.S. Al Baqarah: 126).
12. Doa Mohon Ketetapan Hati atas Iman dan Islam
“Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau jadikan hati Kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada Kami, dan karuniakanlah kepada Kami rahmat dari sisi Engkau; karena Sesungguhnya Engkau-lah Maha pemberi (karunia)”.(Al Baqarah: 8)
“Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji” (Al Baqarah: 9)
13. Doa Mohon Ampunan dan Diselamatkan dari Neraka
“Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya Kami telah beriman, Maka ampunilah segala dosa Kami dan peliharalah Kami dari siksa neraka”
14. Doa Agar Mempunyia Keturunan yang Baik
“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.
Dalam Al Qur’an dan Hadist banyak sekali dicontohkan do’a-do’a yang dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu kita bisa menggunakannya untuk berdo’a memohon kepadaNya.
Referensi:
Sa’id Bin Ali. Hishnul Muslim (Panduan Doa dan Dzikir Sehari-hari Berdasar Al Qur’an dan As Sunnah. Sukoharjo: Arafah, 2011.
Ali Bin Wahf Al Qanthani, Doa dan Wirid, Solo: At Thibyan. 2012.
Departemen Agama RI. As Syamil The Miracle. Jakarta: Sygma. 2009.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.