www.FolderBisnis.comSajian lengkap seluk beluk usaha dari strategi sampai promosi

Apakah Redirect Blogspot.co.id Ke dot com Melanggar?

Redirect Blogspot.c.id Ke Blogspot.com – Sejak pengalihan blogspot.com ke blogspot.co.id tahun 2015 lalu, banyak yang mencoba mencari informasi terkait hal ini. Kenapa saya cape-cape mencari informasi, karena saya menjadi salah seorang yang dirugikan. Saya menggunakan Adsense untuk memonetize blog, dan adsense yang saya miliki masih hosted,  jadi dengan perpindahan ini, adsense di blog saya sementara waktu tidak muncul.

Penggunaan Scrip NCR

Akhirnya saya mencari informasi apakah penggunaan NCR (No Country Redirect) dengan memasang scrip di template blog melanggar. Saya mencoba mencari informasi dari negara-negara yang sudah terlebih dahulu mendapat kasus ini.

Di negara lain seperti di India proses perubahan blogspot.com menjadi ekstensi negaranya sudah terjadi sejak 2012.

Misalnya Indonesia dari dot com menjadi dot co.id

Redirect Blogspot.c.id ke Blogspot.com

Dari beberapa blog luar negeri yang saya baca, khususnya blog-blog dari India, salah satunya blog berikut : http://www.labnol.org/internet/prevent-blogger-country-redirection/21031/. Di blog tersebut di jelaskan apa itu NCR, bagaimana mengatasinya. Namun tidak di jelaskan dengan rinci apakah penggunaan NCR melanggar.

Kembali saya browsing dan menemukan sebuah blog dari India http://helplogger.blogspot.com/2014/07/how-to-set-custom-redirects-for-blogger-post.html. Di blog tersebut ternyata menggunakan pengalihan NCR agar tetap menampilkan alamat dengan domain blogspot.com. Anda bisa membuka blog tersebut untuk membuktikanya, ketikan dengan nama helplogger.blogspot.in, maka Anda akan di redirect ke helplogger.blogspot.com.

Ini Artinya penggunaan skrip pengalihan NCR aman-aman saja. Di buktikan dengan blog tersebut yang sudah menggunakannya sejak 2012.

Saya masih belum yakin, kemudian saya melakukan browsing untuk mencari informasi lain dari  Jepang. Saya akhirnya menemukan blog dengan Alamat alcuinbramerton.blogspot.jp . Berbeda dari blog-blog sebelumnya, blog tersebut tidak melakukan redirect, namun iklan adsense tetap muncul, kemungkinan karena akun adsense non hosted sehingga iklan masih muncul, atau memang iklan akan muncul setelah perubahan ekstensi sempurna.

Misalnya, saya mengetikan alcuinbramerton.blogspot.com maka ekstensi akan menjadi dot co dot id, jika saya mengetikan alcuinbramerton.blogspot.jp blog akan tetap dot jp sesuai asalnya.

Waduh, awalnya saya sudah yakin, namun dengan menemukan blog dari Jepang, saya kembalai ragu. Memang pengalihan dengan skrip masih menjadi abu-abu, apakah di perbolehkan atau tidak, apa dampaknya. Saya bertanya pada blogger India melalui kolom komentar, namun belum ada jawaban sampai sekarang. Semoga nanti akan ada jawaban.

Jika dilihat dari peraturan google, proses redirect melanggar jika mendirect ke situs lain yang berbeda, namun diperbolehkan jika di lakukan dengan mengalihkan situs ke konten dan alamat yang sama.

Namun ini berbeda dengan kasus ini, dimana kita melakukan proses redirect ke alamat dan konten yang sama. Tapi pertanyaanya menjadi, lah wong google sedang melakukan pekerjaanya yaitu mengubah ekstensi dot com menjadi dot co dot id, malah kita redirect kembali dengan memasang skrip di HTML untuk di kembalikan ke ekstensi dot com, apakah tidak melanggar?. Kasihan dong google cape-cape, malah kita redirect kembali.

Rasa penasaran saya semakin besar, saya kembali mencari informasi di peraturan google sendiri, saya menemukan terkait NCR. Di sana dijelaskan kurang lebih seperti ini :

My blog redirects to a country-specific URL (ccTLD)

The website address of a blog you read may redirect to a country-specific domain (for example: from [blogname].blogspot.com to [blogname].blogspot.com.au).

This update is in line with Google’s approach to free expression and controversial content.

If we receive a request to remove content that violates local law, that content may no longer be available to readers on local domains where those laws apply.

Note: Country-specific domains is not a different blog address, but a domain redirect based on the country where you’re currently located.

Read all content

If you would like to see content on other domains and do not want to be automatically redirected, type:

http://[blogname].blogspot.com/ncr for an entire blog

http://[blogname].blogspot.com/ncr/examplepage for a single post.

The “ncr” (no country redirect) will temporarily prevent redirection to the local version of the blog.

Dari pemahaman saya, proses redirect dari .com ke.co.id memang sejalan dengan kebebasan berekspresi dan konten kontoversial. Misalnya, jika salah satu blog di Indonesia melanggar hukum lokal Indonesia, blog tersebut tidak akan bisa di akses oleh masnyarakat Indonesia, namun masih bisa di akses di negara lain selama tidak melanggar aturan dari negara tersebut.

Pada penjelasan tersebut, menyatakan pengalihan alamat hanya perubahan yang khusus, bukan berarti alamat blog yang berbeda. Hanya mendirect berdasarkan dimana Anda berada pada saat anda membuka situs tersebut.

Jika Anda sedang berada di Jepang, maka ekstensi akan di sesuaikan dengan keberadaan Anda, dan ekstensi menjadi dot jp. Anda bisa mencobanya.

Pada pernyataan tersebut ada keterangan :

Jika Anda ingin melihat konten pada domain lain dan tidak ingin secara otomatis diarahkan, Anda dapat menggunakan NCR.

Demikian share pengalaman saya di tahun 2015 yang saya baru poskan sekarang, semoga bermanfaat.

salam

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *