Category Archives: Budaya

Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dan Memberi Makna

By | 4 November 2016

#1. Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi Menurut Ach.Wazir Ws., et al ( 1999 : 29 ) Partisipasi bias di artikan sebagai keterlibatan seseorang secara sadar ke dalam interaksi social dalam situasi tertentu. Dengan pengertian ini, seseorang bias berpartisipasi bila ia menemukan dirinya dengan atau dengan kelompok, melalui berbagai proses berbagi dengan orang lain dalam hal nilai tradisi,… Read More »

Masyarakat Ideal Harus Memiliki Viabilitas dan Kemampuan yang Merata

By | 4 November 2016

Masyarakat Ideal Harus Memiliki Viabilitas dan Kemampuan yang Merata Memiliki Viabilitas Polya ( 1985 ) mengartikan pemecahan sebagai suatu usaha mncari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak begitu segera dapat dicapai. Sementara Sujono ( 1988 ) melukiskan masalah sebagai tantangan bila pemecahannya memerlukan kreativitas, pengertian, dan pemikiran yang asli atau… Read More »

Sebuah Kelompok Masyarakat Ideal Harus Mempunyai Wewenang

By | 4 November 2016

Sebuah Kelompok Masyarakat Harus Mempunyai Wewenang – Secara otonomi atau wewenang, Otonomi berasal dari bahasa Yunani autos yang artinya sendiri, dan nomos yang berarti hukuman atau aturan, jadi pengertian otonomi adalah pengundangan sendiri (Danuredjo, 1979). Menurut Koesoemahatmadja (1979: 9), Otonomi adalah Perundangan Sendiri, lebih lanjut mengemukakan bahwa menurut perkembangan sejarahnya di Indonesia, otonomi selain memiliki… Read More »

9 Nilai Positif dalam Pemberdayaan Masyarakat yang Ideal

By | 4 November 2016

9 Nilai Positif dalam Pemberdayaan Masyarakat Ideal – Masyarakat adalah setiap kelompok yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga mereka ini dapat mengorganisasikan dalam kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu. Atau masyarakat(sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu… Read More »

Kelompok Primer dalam Masyarakat Ideal

By | 4 November 2016

Kelompok Primer – Charles Horton Cooley pada tahun 1909, mengatakn bahwa kelompok primer atau  primary group  adalah suatu kelompok yang anggota anggotanya berhubungan akrab, personal, dan menyetuh hati dalam asosiasi dan kerja sama. Sedangkan kelompok sekunder adalah kelompok yang anggota anggotanya berhubungan tidak akrab, tidak personal, dan tidak menyentuh hati. Kelompok ini berdasarkan karakteristik komunikasinya,… Read More »