Category Archives: Ilmiah

Simbiosis Mutualisme Tanaman Kacang-Kacangan dan Bakteri Rhizobium

Simbiosis Mutualisme Tanaman Kacang-Kacangan dan Bakteri Rhizobium – Atmosfer mengandung 79% gas nitrogen bebas. Nitrogen digunakan untuk membentuk asam amino dan protein. Hanya saja tidak setiap makhluk hidup dapat mengambil nitrogen bebas, hanya beberapa organisme yang dapat mengikat/ menfiksasi  gas N2 (Nitrogen bebas) yang di atmosfer diantaranya adalah bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan.… Read More »

Hewan Vermes dan Mollusca Beserta Contohnya

Hewan Vermes dan Mollusca Beserta Contohnya – Kingdom Animalia merupakan salah satu kingdom yang memiliki anggota cukup banyak, sehingga dibutuhkan suatu cara dalam mengelompokkan hewan-hewan tersebut ke dalam suatu tingkatan berdasarkan pembeda tertentu agar dapat lebih memudahkan dalam mempelajarinya. Ilmu taksonomi hewan mengatur aturan atau tata cara dalam menyusun dan mengelompokkan hewan ke dalam tingkatan… Read More »

Sistem Peredaran Darah (Sirkulasi) Manusia dan Hewan

Pada kesempatan ini, akan mengulas lengkap tentang sistem peredaran (sirkulasi) darah Manusia dan hewan. Sirkulasi darah adalah sirkulasi dalam tubuh dan terjadi pengiriman oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kunci sirkulasi darah dalam tubuh hewan adalah biorheologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari arus perubahan bentuk darah terhadap pengaruh lingkungan. Biorheologi mempelajari tentang darah yang… Read More »

Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga

Bagian dan Tipe Kaki pada Serangga – Serangga merupakan kelompok hewan dominan di muka bumi dengan jumlah spesies hampir 80% dari jumlah total hewan di bumi. Habitatnya di darat, air tawar, tanah atau lumpur dan di dalam tumbuh – tumbuhan. Serangga mampu bertahan dari seleksi alam karena memiliki beberapa keunggulan sepert tingkat reproduksi yang tinggi,… Read More »

Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi Telur

Pengertian, Jenis dan Tahapan Fertilisasi – Pembuahan atau fertilisasi adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan penggabungan sitoplasma dan penyatuan bahan nucleus dengan meiosis, zigot itu membentuk ciri fundamental dari kebanyakan siklus seksual eukariota dan pada dasarnya gamet-gamet yang melebur adalah… Read More »