Category Archives: Biologi

Simbiosis Mutualisme Tanaman Kacang-Kacangan dan Bakteri Rhizobium

Simbiosis Mutualisme Tanaman Kacang-Kacangan dan Bakteri Rhizobium – Atmosfer mengandung 79% gas nitrogen bebas. Nitrogen digunakan untuk membentuk asam amino dan protein. Hanya saja tidak setiap makhluk hidup dapat mengambil nitrogen bebas, hanya beberapa organisme yang dapat mengikat/ menfiksasi  gas N2 (Nitrogen bebas) yang di atmosfer diantaranya adalah bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan.… Read More »

Hewan Vermes dan Mollusca Beserta Contohnya

Hewan Vermes dan Mollusca Beserta Contohnya – Kingdom Animalia merupakan salah satu kingdom yang memiliki anggota cukup banyak, sehingga dibutuhkan suatu cara dalam mengelompokkan hewan-hewan tersebut ke dalam suatu tingkatan berdasarkan pembeda tertentu agar dapat lebih memudahkan dalam mempelajarinya. Ilmu taksonomi hewan mengatur aturan atau tata cara dalam menyusun dan mengelompokkan hewan ke dalam tingkatan… Read More »

Belajar Istilah Anatomi Biologi ( sel, jaringan dan Kerangka )

Belajar Istilah Anatomi Biologi ( sel, jaringan dan Kerangka ) Cabang-cabang Anatomi Anatomi dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu : 1. anatomi makroskopik 2. anatomi mikroskopik Anatomi makroskopik mempelajari struktur dan bentuk bagian-bagian yang dapat terlihat mata biasa. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah : 1. anatomi deskriptif/sistematika : uraian disajikan secara sistem persistem. Anatomi… Read More »

Biosintesis Pembuatan Penisilin dengan Bantuan Penicillium chrysogenum

Tahapan biosintesis penisilin a) Bahan yang kita gunakan dalam pembuatan penisilin yaitu strain Penicillium chyrsogenum b) Media pemeliharaan untuk Strain Penicillium chrysogenum dipelihara dalam media potato dextrose agar (PDA). Untuk pembuatan media PDA (Potato Dextrose Agar) bisa di baca di : Pembuatan Media Pertumbuhan Mikrobiologi. c) Penicillium chrysogenum dari media PDA diinokulasikan ke dalam media… Read More »

Penanggulangan Pencemaran Minyak Bumi

Pencemaran lingkungan oleh minyak bumi dapat berasal dari berbagai kegiatan atau kejadian, yaitu : Rembesan minyak di sumbernya Tumpahan minyak bumi selama kegiatan pengeboran, produksi, dan tranportasi minyak lepas pantai maupun yang darat Tumpahan minyak akibat kebocoran atau pecahnya tanker maupun berasal dari limbah pencucian dan pembilasan tanker di laut Tercecer dan terbuangnya minyak di… Read More »