Category Archives: Profil Dan Tokoh

7 Hal Menarik Tentang Hatta

7 Hal Menarik Tentang Hatta – Wakil Presiden Pertama Indonesia ini memang berbeda dari orang pada masanya, perilakunya aneh sedari kecil, tergolong orang yang teliti dan rapi. Pernah suatu hari Hatta membeli blocknote, namun belum sempat digunakan olehnya, ternyata blocknote yang dia beli sudah digunakan oleh pamannya. Seketika itu juga Hatta marah terhadap pamannya, pamannya… Read More »

Douwes Dekker (Danudirja Setiabudi)

Douwes Dekker (Danudirja Setiabudi) – Dari asal namanya banyak orang mengira Douwes Dekker merupakan orang asli Belanda. Meski ia memang benar keturunan Belanda, namun kecintaaanya untuk negeri ini tidak usah diragukan lagi. Dalam masa pergerakan Indonesia beliau aktif sebagai salah satu motor gerakan menuntut Hindia Belanda untuk tidak lagi bersikap tidak adil kepada warga asli… Read More »

Dewi Sartika, Pejuang Pendidikan Perempuan yang Terlupa

Dewi Sartika, Pejuang Pendidikan Perempuan yang Terlupa – Meski namanya kalah populer dari R.A Kartini namun dalam segi kesetaraan pendidikan kaum perempuan, perjuanganya tidak kalah hebat dari Kartini. Dewi Sartika merupakan tokoh yang getol memperjuangkan nasib pendidikan perempuan di Indonesia. Peran perempuan pada zaman penjajahan hampir tidak ada karena ketika itu bangsa kolonial memang memandang… Read More »

Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional)

Suwardi Suryaningrat atau yang akrab dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, adalah bapak pendidikan nasional, dan tokoh persuratkabaran pada masa pergerakan memerdekaan Indonesia. Ki Hajar Dewantara ditakdirkan sebagai pembela kepentingan rakyat terutama pendidikan, seperti yang kita ketahui zaman pergerakan dulu kualitas pendidikan di Indonesia begitu sangat tertinggal dari negara-negara lain. Beliau merupakan sosok pribadi yang tegar, kuat… Read More »

Ancas Majalah Penjaga Bahasa Banyumasan

Ancas Majalah Penjaga Bahasa Banyumasan – Ditengah perkembangan teknologi yang begitu maju dan akses yang begitu mudah memungkinkan manusia untuk pergi dan berkunjung kemana saja tanpa batas Nah bahasa memerankan peran yang sangat penting untuk berinteraksi dengan sesama manusia, namun sayangnya bahasa internasional yang disepakati adalah bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia apalagi bahasa daerah kita masing-masing… Read More »