Memilih dan Mengolah Sayur Untuk Kesehatan

Melanjutkan postingan sebelumnya yang berjudul Tips Pupuk Organik Untuk Sayuran Sehat di Konsumsi. Pada postingan kali ini wajib-tips akan memberikan artikel tentang Sayuran Untuk Kesehatan.

Sayuran dapat mendukung sistem metabolisme tubuh, terutama sebagai sumber vitamin esensial dan merupakan makanan sehat yang dipercaya memperpanjang umur manusia dan sebagai makanan diet yang sehat dan alami. Logisnya, seseorang yang sehari-hari mengkonsumsi lebih banyak sayuran dari pada daging akan mendapatkan asupan yang seimbang. Sayur merupakan penghasil serat, vitamin dan mineral yang sangat penting bagi sistem metabolisme tubuh kita. Serat akan menyehatkan sistem pencernaan, sedangkan vitamin merupakan senyawa yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga tubuh manusia harus mendapatkan asupan vitamin dari tumbuh-tumbuhan/sayuran. Oleh karena itulah vitamin disebut sebagai produk esensial.

Sayuran sangat di butuhkan oleh tubuh, terutama untuk anak-anak yang sedang mengalamai tumbuh kembang. Sayuran juga bisa menambah nafsu makan untuk anak-anak, mengatasi susah makan pada anak. dan banyak lagi khasiat sayuran yang lain.

maka memilih sayuran sehat adalah sebuah keharusan,

Seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi daging berlebihan maka akan terjadi obesitas. Gizi dalam daging memang penting untuk tubuh kita, seperti protein dan lemak. Protein akan digunakan seperlunya didalam tubuh kita, sisanya akan dibuang melalui urin, sementara lemak yang tidak dipakai oleh tubuh akan disimpan dilapisan antara kulit dan otot. Konsumsi protein dengan tidak diimbangi olahraga maka akan sia-sia saja, protein akan dibuang melalui proses ekskresi jika berlebihan. Sementara konsumsi lemak yang berlebihan akan ditimbun didalam tubuh kita. Semakin banyak tubuh mengkonsumsi daging tanpa disertai olahraga yang cukup maka daging yang kita makan malah justru akan menjadi penyebab penyakit.

Baca : Panduan Lengkap Budidaya Cabai Merah (Lombok Abang)

  • Tips memilih dan mengolah Sayuran Sehat  :

Seperti yang sudah diutarakan di atas, sayuran merupakan sumber vitamin esensial bagi tubuh kita. Konsumsi sayuran untuk diet menjadi tren masyarakat modern saat ini. Bahkan sudah banyak masyarakat yang memutuskan untuk menjadi vegetarian. Namun perlu di perhatikan bahwa tidak semua sayuran yang kita konsumsi merupakan sayuran sehat. Ada beberapa hal yang menyebabkan sayur yang dijual dipasaran menjadi tidak sehat. Penggunaan pestisida dan pupuk kimia menjadi faktor utama yang merusak nutrisi dan kesehatan sayuran. Jangan sampai berniat hidup sehat malah sebaliknya, karena salah dalam menentukan sayur yang sehat konsumsi.

Dalam memeilih dan memperlakukan sayuran ada hal-hal yang seharusnya diperhatikan. Alangkah baiknya jika sayur yang kita makan merupakan produk hasil kebun kita sendiri. Namun jika tidak, kita perlu memilih sayuran yang benar-benar sehat untuk dikonsumsi. Berikut tips memilih dan memperlakukan sayuran sehat versi tips-wajib :

  1. Pilihlah sayuran yang masih segar dan berwarna hijau (jika sayuran memang berwarna hijau). Jika perlu dan lebih meyakinkan belilah langsung pada petani sayur dikebun mereka.
  2. Pilihlah sayuran yang mempunyai warna yang kaya, namun bukan berarti warna warni. Karena warna pada sayuran diindikasikan sebagai jenis vitamin apa yang terkandung di dalamnya. Sebagai contohnya : warna merah pada wortel mengindikasikan banyak mengandung vitamin A, warna kuning sebagai vitamin C dll.
  3. Biasanya pembeli akan membeli sayuran yang sempurna dan tidak cacat, contohnya: pembeli akan memilih sayur sawi yang daunya tidak dimakan ulat dari pada sayuran yang daunya ada sedikit yang dimakan ulat. Padahal biasanya, sayuran yang sempurna daunya tersebut mengandung kandungan pestisida/insektisida yang lebih banyak, sehingga ulat tidak memakan daun sawi tersebut. Oleh karena itu pilihlah sayur yang kondisinya wajar, tidak terlalu sempurna dalam hal fisik.
  4. Jika sayuran sudah dibeli, alangkah lebih baik jika langsung dikonsumsi, karena sayur yang disimpan terlebih dahulu akan mengurangi kualitas sayur tersebut. Maksimal penyimpanan dalam kulkas 3 hari dan diruang terbuka 1 hari.
  5. Jangan memakan sayuran secara mentah, kecuali sayuran tersebut memang benar-benar bersih dan anda yakin sayuran tersebut berasal dari tempat yang terjamin dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena sayuran dapat sebagai tempat bersemayamnya telur cacing.
  6. Cucilah sayuran dengan bersih dan masaklah sayur dengan panas yang cukup dan tidak terlalu lama. Memasak sayur terlalu lama dapat merusak vitamin yang terkandung di dalam sayuran tersebut.
  7. Setelah dimasak segeralah makan sayuran tersebut, karena beberapa sayuran yang telah dimasak dan dibiarkan terlalu lama (maksimal satu hari) akan tidak lagi berkualitas.

Itulah 7 tips memilih dan memperlakukan sayuran sehat versi tips-wajib yang dirangkai dalam artikel “sayuran untuk kesehatan”. Semua jenis sayuran baik untuk kesehatan, tetapi harus diperhatikan bahwa sayuran yang sehat akan diperoleh melaui proses penanaman, pemupukan dan pengobatan yang sehat. Dan setelah itu dipenuhi kita juga harus memperhatikan proses pengolahan sayuran menjadi makanan yang akan kita makan nantinya.

Baca juga artikel berjudul :Tips memilih telur ayam berkualitas 

Demikian artikel tips-wajib kali ini, tunggu artikel selanjutnya masih bertema kesehatan.

2 thoughts on “Memilih dan Mengolah Sayur Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Tips Pupuk Organik Untuk Sayuran yang Sehat Konsumsi - Chyrun.com

  2. Pingback: Manfaat dan Khasiat Teh BASI untuk rambut hitam alami - Chyrun.com

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !