Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Sejarah Internet Dunia dan Indonesia – Internet pada zaman modern seperti sekarang sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari dunia ini, dari mulai ilmu pengetahuan, relasi, bahkan juga eksistensi. Keberadaan Internet itu sendiri sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Bahkan lewat dunia internet kita juga bisa mendulang banyak uang, tak heran sekarang banyak bermunculan para Blogger, Youtuber yang memang memanfaatkan keberadaan jaringan ini.

Sejarah Internet Dunia dan Indonesia

ilustrasi perkembangan internet di dunia

Oleh karena itu janganlah heran, jika ada orang yang hanya berdiam diri saja di rumah namun mempunyai penghasilan yang melimpah, bisa dibilang Internet pada masa sekarang sudah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra yang mengemuka karena keberadaan Internet di tengah masyarakat, suka tidak suka kita harus mampu menguasainya, kalau tidak, bersiaplah kita akan jauh tertinggal dari orang yang sudah mahir memanfaatkan jaringan ini diaktivitasnya sehari-hari.

Internet cepat berkembang di dunia tak terkecuali di Indonesia, dari mulai pemerintahan, perkantoran, wirausahawan tidak akan lepas dari ketergantungan terhadap jaringan ini. Karena memang kehadiranya sangat bermanfaat.

Tidak hanya untuk hal yang sifatnya bisnis atau informasi, Internet juga bisa dimanfaatkan untuk hiburan, dari mulai game sampai dengan pemanfaatan media sosial yang kian hari penggunanya kian meningkat saja.

Namun tahukah kalian akan awal mulai jaringan Internet muncul di dunia dan Indonesia. Siapakah yang terlebih dahulu menggagasnya? Baiklah marilah kita mulai membahasnya.

Sejarah internet di dunia

Menurut Wikipedia Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sekitar tahun 1969, melalui proyek yang dibiayai mereka dengan lembaga bernama ARPA.

Tujuan dari dibentuknya proyek ini adalah mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mengaplikasikan bagaimana bisa menyatukan antara hardware dan software untuk bisa dimanfaatkan secara bersama-sama dengan sistem yang tersambung antara satu dengan yang lain lewat komputer yang berbasis UNIX.

Tidak bisa dibanyangkan Internet bisa menjamur kepelosok dunia seperti sekarang, padahal tujuan awalnya hanya proyek untuk kepentingan militer saja. Karena pada saat itu Internet hanya diciptakan untuk sekedar membuat sistem jaringan komputer yang terintegrasi antara daerah satu dengan daerah yang lain.

Sehingga bila terjadi suatu masalah akan cepat terdeteksi dan segera dilakukan tindakan, dan untuk menghindari informasi terpusat yang apabila terjadi peperangan akan dengan mudah terdeteksi oleh musuh.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs yang terhubung dari Univeristas-universitas yang ditunjuk oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

ARPANET diperkenalkan secara umum pada bulan oktober 1972 dan tidak lama kemudian proyek ini berkembang secara pesat di Amerika, terutama oleh banyaknya Universitas yang berminat untuk bergabung dengan sistem jaringan terpadu ini.

Peminatnya yang semakin banyak dan bertambah hingga pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk membagi jaringan ini menjadi dua yaitu untuk kepentingan umum(sipil) dan militer. MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk kepentingan non-militer.

Perkembangan Internet terus berkembang hingga sekitar tahun 60-an ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah introperabilitas.

Selanjutnya beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik, salah-satu solusinya adalah dengan menggunakan teknik “packet switching”.

Pada teknik “packet switching” data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer akan terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil agar lebih mudah dan cepat dikirim, yang kemudian kelak juga akan dipraktekan ke media perpesanan Internet seperti email dan sejenisnya.

Sejarah internet di Indonesia

Di Indonesia sendiri Internet mulai berkembang sekitar tahun 1990-an saat itu jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network dimana semangat kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat terasa oleh pelakunya.

Muncul nama-nama legendaris yang dikenal sebagai pionir perkembangan Internet di Indonesia diantaranya adalah Rahmat M. Samik Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu Surya dll. Itulah beberapa nama-nama yang mengemuka di awal pembangunan Internet di Indonesia.

Namun jangan dibanyangkan Internet di Indonesia pada masa dahulu seperti Internet pada masa sekarang, karena masih jauh dari kata modern. Pada awalnya para anak muda di atas memanfaatkan internet hanya untuk memudahkan mereka dalam berkomunikasi dan aktivitas perdagangan yang mereka lakukan.

Sifatnya juga masih sangat terbatas, tidak semua orang bisa mengakses Internet dengan bebas di Indonesia. Hanya orang-orang yang sudah masuk paguyuban mereka saja yang bisa mengakses Internet di Indonesia, itu pun fasilitasnya masih minim dan teramat sederhana.

Pada tahun 1986-1987 mulai muncul perkembangan jaringan paket radio dengan memanfaatkan Internet. Robby Soebikato merupakan pionir dikalangan pelaku amatir radio di Indonesia yang mengaitkannya dengan jaringann Internet.

Hingga komunikasi lewat pengembangan tersebut cepat berkembang dan mudah dilakukan bahkan hingga keluar negeri menembus batas negara hingga ke Kanada. Lambat laun dengan infrakstruksi yang terus berkembang dan atas dukungan pemerintah. Akhirnya Internet di Indonesia bisa seperti sekarang.

Meski Internet di Indonesia cenderung masih sangat lambat dibandingkan dengan negara-negara yang lain, namun dengan adanya Internet kita bisa melihat dunia luar dengan bebas dan tentunya banyak ilmu yang bisa kita dapat dari dunia ini. Tidak hanya itu bagi kalangan bisnis Internet juga menjadi ladang yang subur bagi mereka untuk mendaur uang.

Demikian artikel singkat mengenai “sejarah Internet di dunia dan Indonesia” semoga bermanfaat.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !