Selintas Sejarah Pemberantasan Korupsi Di Indonesia

Selintas Sejarah Pemberantasan Korupsi Di Indonesia – Dalam beberapa dokumen dan penulisan, ditemukan bahwa korupsi diindonesia sudah ada sejak zaman raja-raja jauh sebelum kemerdekaan.

Kkn Pada Masa Orde Lama

  1. Korupsi Material, yang dilakukan pemerintahan orde lama yang dimulai dengan diterbitkannya Inpres No. 018/1964 dan Kepres No. 360/1965 yang berisi ketentuan-ketentuan mengenai penghimpunan dan penggunaan dana-dana
  2. Korupsi Politik, korupsi yang paling fundamental dilakukan oleh Soekarno adalah pembubaran parlemen, hasil pemilu 1955 yang terbersih yang pernah dimiliki Indonesia sejak merdeka sampai saat ini. pembubaran parlemen tersebut dilakukan melalui dekrit 5 juli 1959.
  3. Korupsi intelektual, dilakukan pertama kali saat pemerintahan orde lama yaitu penghianatan terhadap Dekrit 5 Juli 1959 itu sendiri ini . Selanjutnya penghianatan terhadap Pancasila dan UUD 1945, keterlibatan terhadap G30S/PKI. Upaya pemberantasan korupsi sudah dilakukan pemerintah dengan mengambil beberapa langkah dengan cara pendekatan. Pendekatan yang dilakukan lebih bersifat operasi militer yang represif.

Korupsi dan Pemberantasannya pada Masa Orde Baru

  1. Korupsi material, adalah korupsi dimana hasil diperoleh koruptor adalah materi. baik berupa uang tunai, kendaraan, rumah, tanah saham atau asset.
  2. Korupsi politik, korupsi yang dilakukan mealui pelaksanaan pilpres pemilu dan undang -undangan. dan disalah gunakan, padahal kandunganya kepentingan bersama
  3. Korupsi kebijakan, korupsi ini termasuk ke korupsi politik dan juga dapat dikategorikan sebagai korupsi intelektual.
  4. Korupsi intelektual, korupsi yang fenomenal saat orde baru yaitu prioritas pembangunan nasional di sektro ekonomi, strategi growth dala pembangunan ekonomi, penggagas tunggalan Indonesia, dan pelajaran PMP.

Upaya yang dilakukan untuk memberantas korupsi pada masa orde baru yaitu dengan pembentukan tim pemberantasan korupsi, komisi empat, pembentukan UU No. 3 Th. 1971, opstib, dan kode etik PNS.

Korupsi dan Pemberantasannya pada orde Reformasi

Selama 32 tahun pemerintah orde baru, pelbagai peraturan perundang-undangan dan lembaga pemberantas korupsi  dibentuk silih berganti tetapi korupsi tidak berkurang. bahkan bertandan parah, sehingga sudah digolongkan sebagai extra ordinary crime. Walau bagaimanapun, keberadaan KPK telah melahirkan beberapa perubahan positif dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan di Indonesia, dibandingkan pada masa sebelumnya, antara lain IPK Indonesia meningkat secara gradual, ada perbaikan layanan publik, ada kesadaran penegakkan hukum, ada ketakutan di kalangan pejabat untuk korupsi, masyarakat.

Tinggalkan komentar