Panduan Cara Menggunakan SEO Semantik untuk Pemula

Panduan Cara Menggunakan SEO Semantik untuk Pemula – Apakah kamu pernahkah mendengar istilah, “semantik search / sematik pencarian”?

David Amerland, penulis Google Semantic Search, mengawali tulisanya dengan kalimat,

“Search is changing”. ..Pencarian berubah..

Sebuah kalimat yang membuat praktisi SEO ketakutan..

Tapi jangan terlalu kawatir, !

Pada artikel ini, saya akan memberitahu,

apa sebenarnya yang berubah dari pencarian?

apa itu pencarian semantik?

Dan, bagaimana cara kerjanya?

Berikut adalah definisi dari Wikipedia.,

“Pencarian Semantic berusaha untuk meningkatkan akurasi pencarian dengan memahami maksud si pencari dan makna kontekstual istilah seperti yang ditampilkan dalam dataspace dicari, apakah di Web atau dalam sistem tertutup, untuk menghasilkan hasil yang lebih relevan.”

Konsep pencarian Semantic adalah penggunaan makna kontekstual istilah seperti mereka bisa ditampilkan di dataspace dicari, atas dasar apakah di Web atau dalam sistem tertutup untuk menghasilkan hasil yang lebih relevan.

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa pencarian Semantic adalah pencarian yang menghasilkan hasil yang berarti berdasarkan sifat query dan tidak menggunakan istilah permintaan yang tepat.

Semantic Search mengalami perubahan secara konstan

Dengan pola perubahan konstan Google dan algoritmanya, Search engine, terutama Google telah berusaha menyajikan konten yang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.

(Google) telah benar-benar mengubah fokus mereka dengan perubahan mutlak dalam sistem algoritma dari mesin pencari, hasil pencarian akan lebih fokus terhadap maksud permintaan pencarian user dan meminimalisir yang kurang tepat.

Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa Artificial Intelligence adalah dasar dari Search Semantic Search Engine.

Bagaimana Semantic Search bekerja….?

Untuk memahami kerja dari Search Semantic, mari kita fokus pada contoh kasus, di mana kita mencari istilah ‘Panda’ di Google.

Panduan Cara Menggunakan SEO Semantik untuk Pemula

Studi kasus

Dalam kasus ini kita hanya memiliki pemikiran bahwa panda adalah sebuah beruang , dengan begitu ajaibnya, kita akan disuguhkan dengan apa yang kita cari, yaitu panda dalam pemikiran kita, seekor binatang.

Lalu bagaimana jika seseorang bermaksud mencari panda dalam arti brand merk antivirus, dan hanya mengetikan panda saja,

Dalam kasus ini,Google mempertimbangkan bahwa orang tersebut mencari informasi tentang Panda ‘beruang’, dan meyakinkan itu masuk akal, sebagai hewan menjadi hasil pencarian pertama dan menjadi permulaan untuk semua nama lain yang muncul.

Itu adalah contoh dari relevansi pencarian google, dengan demikian semua informasi terkait nama panda hanya  terbatas pada panda sebagai beruang,

Kemudian baru pada relevansi keterkaitan selanjutnya, misalnya menambahkan kata antivirus atau diet, akan muncul hasil pencarian yang lebih luas.

Misalnya kata kunci;

Panda antivirus

Diet panda,

Makanan panda ,

Dan lainya

Apa yang telah kita lihat saat ini bahwa Google merespon langsung pada permintaan pencarian pengguna, dengan demikian google akan menawarkan hasil berdasarkan salah satu inti dari Basis Pengetahuan, dan dengan demikian penggalian data akan dikumpulkan dari berbagai website yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Kesimpulannya bahwa hasil ini adalah diluar dari cakupan pengetahuan secara umum, di mana Google datang dengan beberapa informasi dari sumber-sumber pengetahuan seperti Wikipedia dan kembali kepada hasil pencarian yang paling relevan dan umum dari kata kunci yang dibidik.

Penggunaan entitas pencari

Sebelum masuk, apa itu entitas ..?

Entitas (entity) adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain. Contoh: Binatang : KAMBING, SAPI, KUCING. Manusia : MAHASISWA, DOSEN, PEMASOK, PENJUAL (wikipedia).

Cara Menggunakan SEO Semantik

Untuk mencari dan menampilkan hasil yang paling relevan dan bermanfaat, Search Engine seperti Google mencari bantuan dari entitas pencarian.

Bahkan, itu adalah proses penelusuran mana yang dilakukan oleh pengguna akan membantu mengidentifikasi seberapa penting dokumen yang ada di internet dan akan mempengaruhi informasi yang ditampilkan.

Selama membentuk konteks daftar query, Google memperhitungkan berbagai pertimbangan seperti:

Sejarah pencarian dari Pengguna

Lokasi Pengguna

sejarah pencarian global

Query karakteristik : ejaan, variasi, dan banyak lainnya

Hubungan antara jumlah tinggi data yang tersimpan sebelumnya (bernama istilah atau badan)

Daftar Domain terhubung dari dokumen pada topik yang bersangkutan

Co-terjadinya syarat dan jarak antara mereka.

Mengambil Keuntungan Semantic Search

Saat melakukan SEO Semantic, fokuslah pada beberapa aspek seperti yang saya disebutkan di bawah ini:

Membuat sebuah Konteks

Saat menciptakan konten baru,  berfokuslah pada cara terbaik dalam menyajikan informasi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Co-occurrence

Mengidentifikasi semua kata ‘pendamping’ dan mencoba untuk memasukkan mereka dalam teks. Dengan melakukan ini, kita dapat memberikan petunjuk atau ide pada subjek dari konten kami ke mesin pencari seperti Google.

Sharing sosial

Dengan Berbagi Sosial, mencoba untuk memperbaiki tampilan seperti sharing sosial, kita memiliki kesempatan untuk menandai konten kami dengan metadata.

Variasi dan Sinonim

Mengidentifikasi satu set istilah yang langsung berkaitan dengan topik dari konten dan membangun kontek yang lebih kaya/ beragam untuk mesin pencari.

Lakukan research/ penelitian terhadap kata kunci semantik / Semantic Keyword Research

Sampai saat ini Keywords masih sangat penting dalam pencarian google, penggunaan kata kunci yang menawarkan manfaat besar. Dengan penggunaan keyword/ kata kunci semantik, memudahkan menemukan kata kunci yang relevan dan juga menguntungkan konteks untuk website kamu.

Buat Link ke Sumber dengan Topik Sama

Dengan melakukan itu, Anda akan memperkuat hubungan antara dokumen bersama dengan memberikan nilai lebih kepada pengguna Anda

Penggunaan Semantik search baik untuk Promosi

Daripada membuat konten yang yang fokus pada kata kunci dan kata kunci turunan. Penggunaan seantik seo lebih siap untuk digunakan untuk promosi

Penggunaan SEO Semantic memainkan peran penting dalam Teknik SEO mereka, dengan demikian memberikan penekanan kuat pada penelitian kata kunci dan kualitas konten.

Untuk SEO semantik yang baik, Konten perlu dibuat untuk fokus pada menjawab pertanyaan spesifik yang relevan dengan kata kunci.

Contoh, jika seseorang mengetik kata kunci “Latihan”, mungkin maksud dan tujuan mereka adalah ;

Berlatih dengan mudah

sepatu terbaik untuk berlatih saat berolahraga

Makanan yang dimakan saat latihan

Mencari dan menemukan video latihan

Kesimpulan ;

Pencarian semantik faktanya sangat cepat menggantikan algoritma pencarian, berfokus pada menciptakan pendekatan yang lebih manusiawi dan pemahaman di mesin pencari utama seperti Google.

Pencarian semantik dan SEO menciptakan makna yang lebih pasti, yang memungkinkan komputer dan manusia untuk berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan yang lebih terhubung dan dengan demikian membawa lebih banyak lalu lintas dan Pengalaman Pengguna yang lebih baik.

Baca juga :

Salam,

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !