Sitelink Pada Hasil Pencarian Google

Sitelink Pada Hasil Pencarian Google – Sitelink atau dalam bahasa Indonesia berarti taut situs adalah link-link website kita yang muncul dalam hasil pencarian google. Google memberikan sitelink kepada sebuah situs yang mereka anggap layak, tujuannya untuk membantu menavigasi halaman situs kita secara langsung di mesin pencari seperti google.

Situs ini chyrun kini sudah memiliki sitelink seperti situs kaskus, viva, kompasiana dan situs-situs besar lain. Penulis melakukan percobaan dengan mengetikan kata chyrun dan chyrun blog di mesin pencarian google. Hasilnya jreng-jreng, kedua kata tersebut ternyata menghasilkan sitelink. Betapa senangnya saya melihat kejadian tersebut. Ini artinya google menganggap situs chyrun merupakan brand dan dianggap penting oleh google sebagai mesin pencari.

Berikut saya tampilkan scren shot sitelink di google dengan mengetikan kata chyrun.

Sitelink Pada Hasil Pencarian Google

Pengetikan Chyrun Blog

Dalam scren shot di bawah ini, ada 6 sitelink yang muncul. Kesemuanya adalah judul artikel berurutan berdasarkan tanggal postingan. Lalu percobaan kedua dengan mengetikan chyrun blog. Hasilnya dapat di lihat di scren shot berturut-turut di bawah ini.

Sitelink Pada Hasil Pencarian Google

Dari kedua screnshot tersebut menunjukan bahwa chyrun.com telah memiliki sitelink. Lalu apa si sebenarnya fungsi sitelink itu sendiri. Nah, untuk hal ini ada banyak pendapat mengenai apakah penting sitelink. Namun menurut saya sendiri, fungsi sitelink akan semakin memperbanyak dan mempermudah pengunjung masuk ke blog/website kita melaui mesin pencari.

Bagaimana caranya mendapatkan sitelink? sebenarnya mudah. Kita cukup menyajikan konten blog yang berkualitas, rajin memposting artikel serta mendaftar pada google webmaster. Untuk tutorialnya silahkan pembaca mencarinya di google, banyak artikel tutorial yang menjelaskan bagaimana mendapatkan sitelink.

Catatan : Tidak harus top level domain, banyak blog dengan domain blogspot juga mendapatkan sitelink dari google. Untuk alasanya atau caranya saya masih belum begitu paham. Ada triknya atau itu murni hasil penilaian google terhadap situs-situs yang memiliki branding dan di anggap penting oleh google.

Untuk chyrun blog sendiri, baru mendapatkan sitelink setelah usia blog menginjak tiga bulan. Beberapa blog gratisan yang saya bangun meskipun sudah berumur tahunan belum mendapatkan sitelink. Meskipun sudah memiliki rank alexa yang lumayan.

Tidak menutup kemungkinan blog-blog dengan domain gratisan dapat memiliki sitelink. Karena banyak juga blog gratisan yang saya temui memiliki sitelink. Yang penting rajin dalam memposting artikel yang berkualitas, unik serta bermanfaat bagi pembaca yang mengunjungi blog tersebut.

Untuk mesin pencari selain google, seperti bing dan yahoo, saya masih kurang begitu paham apakah mesin pencari tersebut menggunakan sitelink atau tidak. Karena saya saat mencoba mengetikan kata chyrun blog tidak muncul sitelink yang diharapkan. Mungkin mereka memiliki kriteria lain dalam menentukan apakah sebuah situs berkualitas atau tidak.

Demikian artikel ringan dari kami. Semoga dapat memberikan informasi yang memang sedang dicari oleh pembaca sekalian.

Category: Artikel Tag:

About tohir

Ingin Belajar Sampai Dunia Alien, Bahwa berhenti belajar adalah kemunduran pemikiran. Tertarik pada hal baru yang mengundang penasaran.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !