Strategi Social Media Marketing, Pemasaran Melalui Media Sosial

Apa itu Social media marketing ? mari kita ulas topik menarik ini.

Sosial media marketing adalah penggunaan sosial media dan website untuk mempromosikan konten, produk atau jasa.  Sebagian platform media sosial memiliki alat analisis data mereka sendiri, yang memungkinkan perusahaan untuk melacak kemajuan, kesuksesan, dan keterlibatan kampanye iklan.

Ide social media marketing cukup memiliki masa depan yang bagus untuk penjualan kamu, namun, dalam menjalankan kampanye yang tepat bisa sangat sulit. Ada beberapa platform media sosial bisnis yang dapat digunakan untuk berbagi Berita, berbagi informasi produk baru, dan masing masing platform memiliki mekanisme yang berbeda – beda.

Menggunakan social media marketing dalam bisnis, terutama bisnis online adalah keharusan. Karena hampir semua orang kini memiliki akun media sosial, bahkan memiliki lebih dari satu akun. Ini merupakan pasar strategis untuk berbisnis.

Social media marketing

Strategi yang harus kamu lakukan sebelum memanfaatkan sosial media marketing adalah ;

#1. Bangunlah sebuah rencana

Jika kamu sudah ide bisnis baik ide bisnis online atau offline, atau malah bisnis kamu sudah jalan, maka selanjutnya kamu harus menentukan beberapa tujuan dalam memasarkan melalui media social marketing.

Apakah tujuan Anda dalam kampanye?

Apakah Anda ingin mendapat lebih banyak pengikut/ followers?

Ingin meningkatkan keterlibatan pada halaman arahan Anda?

Meningkatkan konversi melalui media sosial?

Ini adalah pertanyaan yang Anda butuhkan sebelum memulai sebuah kampanye iklan di sosial media marketing.

Mencari audiens tertarget menjadi salah satu bagian yang paling sulit dari pemasaran melalui media social (SMM).

Ketahui siapakah audiens Anda, ?

..kira-kira di mana mereka mendapatkan informasi.?,

..apa yang mereka ingin lihat/ apa minat mereka?

Itu adalah pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memutuskan membuat kampanye iklan di media social.  Jika sudah mengetahui siapa target audiens yang akan di bidik, dari mana mereka mendapat informasi, dan apa minat mereka, kamu tinggal memilih platform media sosial apa yang akan kamu gunakan.

Karena setiap media sosial memiliki perbedaan audiens, kamu harus tepat memilih media sosial sebagai tempat kampanye iklan kamu nantinya.

#2. Buatlah beberapa konten yang benar-benar luar biasa

Kenapa saya sebut konten harus luar biasa, karena ini akan mempengaruhi keberhasilan kampanye iklan kamu, terutama dalam hal konversi.

Kamu membutuhkan sesuatu konten yang menarik dan berkualitas untuk berbagi dengan followers kamu, dengan konten yang prima, akan menambah pengikut atau pelanggan baru. Dan tentu akan meningkatkan konversi kampanya.

Kamu dapat membuat konten dalam bentuk video, Gambar, dan artikel. Intinya adalah untuk membuat mereka tertarik, berguna dan menghibur untuk pembaca Anda.

Konten kamu mampu menjawab pertanyaan mereka / mengatasi masalah mereka, memberikan solusi.

Kamu memiliki barang atau produk yang baru saja dirilis?

Biarkan pengikut kamu tahu, kamu bahkan dapat memberikan ulasan singkat kepada mereka tentang produk pre launching item terbaru baru yang akan terbit selanjutnya.

#3. Jadilah Konsisten dengan posting kamu

Dengan konsisten dalam membuat postingan, membuat followes menganggap kamu memang benar-benar kredibel dibidangnya.

#4. Terus posting item konten Anda

Ada beberapa studi tentang kapan harus memposting ke media sosial,. Uji waktu yang berbeda dari hari ke hari dalam seminggu untuk melihat mana yang paling efektif dalam memposting. Kamu mungkin menemukan pengguna lebih aktif pada waktu tertentu hari daripada yang lain.

Dari pengalaman pribadi, waktu terbaik dalam memposting di media sosial adalah setelah pukul 12 malam, karena tidak banyak orang aktif di waktu-waktu tersebut. Pada saat mereka aktif di pagi harinya, konten kamu akan mengiasi beranda mereka.

Belajar dari Kompetitor

Lihat dan teliti akun media sosial pesaing Anda untuk melihat bagaimana keterlibatan pengikut / followers mereka. Amati bagaimana konsep mereka, mereka mungkin telah menemukan metode terbaik dalam penjualan melalui media sosial, yang kamu belum tahu.

Lihat apakah kualitas kamu lebih atau kurang dari para kompetitor, selalu perbaiki kontenm dan kualitas postingan kamu.

#5. Melacak Kampanye yang sudah kamu buat

Kamu memiliki kampanye yang direncanakan dengan baik dan telah posting secara teratur, sekarang saatnya mencari tahu bagaimana kinerja kampanye tersebut dalam bisnis kamu.

Ini sangat penting untuk melacak kemajuan kampanye lalu menentukan apa taktik yang bekerja dan apa yang tidak. Gunakan Google Analytics untuk mengukur lalu lintas dan konversi melalui media sosial. Banyak platform media sosial memiliki analisis mereka sendiri yang memungkinkan admin untuk memantau keterlibatan pada akun mereka. Data yang kamu temukan dapat membantu mengembangkan bisnis kamu.

#6. Cari Platform media sosial yang cocok untuk bisnis kamu

Ada banyak platform media social pupuler di luar sana dan beberapa lebih populer daripada yang lain. Beberapa aku media sosial lebih cocok untuk industri tertentu, misalnya instagram lebih mengedepankan gambar, dan sangat cocok untuk produk-produk fashion.

Beberapa platform media sosial yang paling populer diantaranya,

Facebook

Twitter

Instagram

Pinterest

Google+

LinkedIN

YouTube

Kamu bisa juga mengirim ke media sosial bookmark seperti;

Reddit

StumbleUpon

Digg

Menggunakan akun sosial media marketing akan mengenalkan produk kamu kepada masyarakat luas, dan tertarget sesuai dengan minat yang mereka miliki. Bisa menarget audiens adalah kelebihan tersendiri beriklan menggunakan media sosial marketing.

baca juga : Promosi konten blog di facebook, dan sukses menjadi spammer

Salam,

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !