Tanaman Kosmetik Tradisional yang Sehat

Tanaman Kosmetik Tradisional yang Sehat – Pada postingan kali ini chyrun blog akan membahas tentang Tanaman Kosmetik Tradisional yang sehat. Seiring kemajuan jaman, kecantikan dan kesehatan kian menjadi penting bagi banyak manusia kecantikan telah menjadi sebuah komoditas bisnis yang sangat menjanjikan, dimulai dari usaha penjualan produk kecantikan, perawatan kulit, perawatan rambut, kuku, tubuh dan lain sebagainya. Dalam zaman serba komersil ini citra cantik merupakan sebuah komoditas yang dapat dibuat sesuai presepsi sesuai industry kecantikan.

Dampak pemakaian kosmetik berbahan kimia

Pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia dalam waktu lama dan berulang bisa menyebabkan penuaan dini, iritasi, kulit pecah-pecah, atau kerusakan permanen kulit. Hidup sehat dengan cara Back to Nature sekarang semakin digemari. Penerapannya pun sudah merambah pada dunia kecantikan. Jadi, wanita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kosmetik hasil teknologi canggih.

Para ahli telah membuktikan bahwa mengkosumsi bahan-bahan alami atau menggunakannya sebagai ramuan kecantikan jauh lebih aman dan dapat membersihkan tubuh dari racun makanan sehingga sel baru untuk kesehatan dan kecantikan pun terbentuk. Sayur-sayuran dan buah-buahan sekarang bisa dijadikan untuk pembuatan lipstik, lotion, masker, shampo, dan berbagai piranti kosmetik lainya. Sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan sejak dulu oleh putri-putri kerajaan.

Ada cara sebenarnya untuk mengetahui mutu dari obat tradisional jika Anda kurang yakin dengan obat yang Anda gunakan. Cara tersebut yaitu melalui uji laboratorium, berikit Uji Mikrobiologis Mutu Obat Tradisional melelui uji laboratorium. Biasanya uji tersebut dilakukan oleh pihak pemerintah (BPOM) atau perusahaan produsen, jika obat tradisional tersebut memang di produksi masal.

Penggunaan tumbuhan-tumbuhan alami untuk kecantikan sangat memungkinkan dilakukan di Indonesia mengingat Indonesia merupakan salah satu negara mega diversity untuk tumbuhan obat di dunia. Wilayah hutan topika indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi ke-2 di dunia setelah Brazilia.

Dari 40.000 jenis flora yang ada di dunia sebanyak 30.000 jenis di jumpai di Indonesia dan 940 jenis diantaranya diketahui berkhasiat sebagai obat dan kecantikan yang yelah dipergunakan dalam pengobatan tradisional secara turun-temurun oleh berbagai etnis di Indonesia. Jumlah tumbuhan obat tersebut meliputi sekitar 90% dari jumlah tumbuhan obat yang terdapat di kawasan Asia .

Tidak hanya dari tanaman obat (Biofarmaka) bahan-bahan untuk kosmetik juga berasal dari tanaman buah dan sayuran seperti bengkoang, jeruk, apel, pepaya, tomat, kentang, ketimun, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari produksi Tanaman-tanaman ini mengalami peningkatan produksi di Indonesia.(Depkes,1983).

Pada umumnya kecantikan selalu dikaitkan dengan kecantikan wajah. Dan kecantikan wajah selalu berkaitan dengan kosmetik. Pada saat ini tersedia beragam kosmetik siap pakai yang dijual dengan kemasan yang menarik dan cantik, iklan yang menarik dengan harga yang beragam. Di Negara-Negara maju saat ini justru sedang menggalakan hal-hal yang bersifat alamiah karena ternyata terlalu banyak menggunakan bahan kimia dapat merusak tubuh.

Seiring dengan meningkatnya “back to nature”, penggunaan tanaman obat sebagai salah satu obat alami yang minim efeksamping juga semakin meningkat. Pemakaian tanaman obat dalam dekade terakhir ini cenderung meningkat sejalan dengan berkembangnya industri jamu atau obat tradisional, farmasi kosmetik, makanan dan minuman. Tanaman obat yang dipergunakan biasanya dalam bentuk simplisia (bahan yang telah dikeringkan dan belum mengalami pengolahan apa-apa). Simplisia tersebut berasal dari akar, daun, bunga, biji, buah, terna dan kulit batang.

Baca Juga : Bertani Padi Organik 

Tanaman tradisional yang paling banyak dijadikan Tanaman Kosmetik

1. Lidah Buaya

Aloe merupakan tanaman Liliaceae yang mempunyai banyak jumlah spesies yang berbeda, di antara spesies ini hanya satu jenis yang telah lazim digunakan sebagai tanaman obat sejak ribuan tahun yang lalu yaitu Aloe vera atau yang sering disebut dengan nama lidah buaya. Selama 3500 tahun, kisah lidah buaya diteruskan dari mulut ke mulut.

Lidah buaya selalu muncul dalam setiap fase sejarah dengan penghargaan atas keampuhannya dalam pengobatan. Pertama kali dokumentasi lidah buaya berasal dari Mesir Kuno di mana tempat lidah buaya tumbuh. Mesir juga mendokumentasikan kegunaannya dalam mengobati luka bakar, dan infeksi. Lidah buaya dalam bentuk segar selalu digunakan Cleopatra untuk menjaga kulitnya agar tetap halus dan awet muda.

Klasifikasi ilmiah atau taksonomi dari lidah buaya adalah sebagai berikut:\

Kingdom : Plantae

Division : Spermatophyta

Class : Monocotyledoneae

Ordo : Liliflorae

Family : Liliceae

Genus : Aloe

Species : Aloe vera

Lidah buaya sama seperti tanaman lainnya yang mempunyai struktur akar, batang, daun dan bunga, namun yang sering digunakan di dalam pengobatan adalah bagian daun. Daun lidah buaya merupakan daun tunggal berbentuk tombak dengan helaian memanjang berupa pelepah dengan panjang mencapai kisaran 40–60 cm dan lebar pelepah bagian bawah 8–13 cm dan tebal antara 2–3 cm.

Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu- abuan dan mempunyai lapisan lilin di permukaan serta bersifat sukulen, yakni mengandung air, getah dan lendir yang mendominasi daun. Bagian atas daun rata dan bagian bawahnya membulat (cembung). Daun lidah buaya muda memiliki bercak berwarna hijau pucat sampai putih. Bercak ini akan hilang saat daun lidah buaya dewasa. Namun tidak demikian halnya dengan tanaman lidah buaya jenis kecil atau lokal. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor genetiknya. Sepanjang tepi daun berjajar gerigi atau duri yang tumpul dan tidak berwarna.\

Baca Juga Artikel Tekait : Jamu Temu Lawak Pencegak Kangker

Manfaat :

1. Untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok lidah lidah buaya juga bermanfaat untuk penyubur rambut. Cara membuatnya: Ambil 2 daun pelepah lidah buaya cuci bersih lalu kupas. Kemudian daging isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramasi, sebaiknya anda lakukan pada sore hari. Lalu bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari selama 3 bulan pasti rambut anda akan subur dan berkilau.

2. Manfaat untuk obat jerawat

Kandungan lidah buaya mempunyai kelebihan yaitu mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit mati, kandungan zat lignin pada lendir lidah buaya bisa meresap dan masuk melalui pori-pori kulit. Agar kulit tidak cepat kering maka lendir lidah buaya akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit sehingga kelihatan segar serta awet muda. Sifat astringent pada lidah buaya berfunsi sebagai penetral lemak yang menumpuk pada lapisan kulit, sementara antibakterinya berguna sebagai pembunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat dengan membuat masker gel lidah buaya lalu oleskan pada bagian wajah yangberjerawar secara teratur.Cara lain : Ambil 3 sendok makan getah lidah buaya, ambil dari daun yang suda dikupas, lalu lumatkan. Kemudian teteskan 1 atau 2 tetes minyak esensial tea tree, kemudian campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada bagian kulit yang terasa kering. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

2. Kunyit (Curcuma domestica Val)

Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.

Klasifikasi tanaman kunyit adalah sebagai berikut :

Divisio : Spermatophyta

Sub-diviso : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Ordo : Zingiberales

Famili : Zungiberaceae

Genus : Curcuma

Species : Curcuma domestica Val.

Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.

Manfaat :

Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

3. Kencur (Kaempferia galanga L.)

Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat dan merupakan salah satu jenis tanaman dalam suku temu-temuan. Kencur yang dalam istilah latin ini disebut dengan Kaempferia galangal L. kencur adalah tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu.

Kencur masih memiliki kerabat dengan jahe, kunyit, kunci dan sebagainya. Manfaat kencur telah banyak digunakan sejak zaman nenek moyang. Sejak jaman dahulu, kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, flu, mengobati jerawat dan lainnya. Salah satu manfaat kencur adalah sebagai pelangsing tubuh, caranya, seduh 1 rimpang kencur ditambah 1 sendok the tepung beras dan 1 potong gula kelapa dengan segelas air panas. Diamkan beberapa saat kemudian minum 3 kali sehari secara rutin.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !