Teknik Pembesaran Ikan Lele Dengan Waktu SIngkat

Teknik Pembesaran Ikan Lele Dengan Waktu SIngkat – Pembesaran lele dapat dilakukan dengan waktu 3 bulan siap jual. Bagaimana caranya?. Pada artikel kali ini akan diuraikan tentang rahasia pembesaran lele dengan waktu singkat. Apa saja hal-hal yang harus dilakukan oleh petani dalam Pembesaran Ikan Lele efektif dan efisien. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan : Perlu di ingat pembesaran ini dilakukan pada beberapa percobaan, baik di kolam terpal atau di kolam tanah atau plester. dan tekniknya menggunakan teknik tebar padat. Kondisi air mendukung, bukan pada masa kemarau.

  1. Pertama : Pemilihan bibit ikan lele yang berkualitas dan tahan terhadap penyakit. Seperti menggunakan jenis spesies lele dumbo

    dan lele sangkuriang. Kedua lele tersebut sudah terbukti mampu tumbuh efektif dan efisien. Pilihlah benih yang sudah berukuran seibu jari.

  2. Kedua : Pemilihan pelet yang memiliki kadar protein tinggi. Pakan ikan lele yang sering kita sebut sebagai pelet beragam jenis dan kandungannya. Jika ingin membesarkan lele dengan cepat maka gunakanlah makanan ikan yang memiliki kandungan protein tinggi.
  3. Ketiga : Jadwal memberi makan. Jika biasanya kita memberi pakan lele 2 kali sehari, yaitu pada saat pagi dan sore hari. Pada pembesaran cepat ini hendaknya kita tingkatkan intensitas memberi pakan lele. Yaitu dengan teknik memberi 3 kali pakan setiap hari. Dengan perbandingan 1 : ½ : 1. Artinya jika pemberian pakan pada pagi hari 1 maka siang hari ½ dan pada sore hari 1.
  4. Keempat : Gunakan kolam terpal, karena pada kolam terpal kita dapat mengaturnya dengan sedemikian rupa. Proses penggantian air juga akan lebih mudah.
  5. Kelima : Selama 3 bulan ganti air dengan air yangbaru sebanyak 1 kali. Tujuan dari penggantian air adalah agar ikan tidak banyak yang mati. Pemberian pakan yang 3 kali akan menyebabkan air menjadi cepat keruh, sehingga akan membuat ikan banyak yang mati. Penggantian air dilakukan pada pertengahan yaitu setelah 1 ½ bulan penebaran.
  6. Keenam : Gunakan probiotik untuk menjaga kesehatan kolam dan ikan. Probiotik dapat berfungsi sebagai penyeimbang organisme mikro dalam kolam. Probiotik juga dapat membantu pencernaan ikan. Probiotik yang biasa digunakan adalah Biocatfish, atau produk-produk probiotik yang lain.
  7. Ketujuh : Pemberian pakan sebesar 10 % dari total bobot ikan. Jika kita menebarkan benih ikan lele 10 kg, maka kita akan memberikan 1 kg pakan setiap kali pemberian pakan, khusus untuk pemberian siang sebanyak ½ kg dan sore 1 kg. Seiring waktu otomatis bobot ikan akan bertambah, setiap 1 minggu tambah pemberian pakan sebanyak ½ kali jumlah pemberian pakan pertama dan terus setelahnya sesuai dengan perkiraan penambahan bobot ikan perminggu.

Teknik pembesaran ikan lele dengan waktu singkat
Demikian Teknik Pembesaran Ikan Lele Dengan Waktu Singkat

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !