www.FolderBisnis.comSajian lengkap seluk beluk usaha dari strategi sampai promosi

Teknik Tumpangsari Padi Gogo-Rumput Gajah

Teknik Tumpangsari Padi Gogo-Rumput Gajah. Tumpangsari merupakan suatu usaha menanam beberapa jenis tanaman pada lahan dan waktu yang sama, dan diatur sedemikian rupa dalam barisan-barisan tanaman. Penanaman dengan cara ini bisa dilakukan pada dua atau lebih jenis tanaman yang relatif seumur, misalnya jagung dan kacang tanah atau bisa juga pada beberapa jenis tanaman yang berbeda umur. Untuk dapat melaksanakan pola tanam tumpangsari secara baik perlu diperhatikan beberapa faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh diantaranya ketersediaan air, kesuburan tanah, sinar matahari dan hama penyakit.

Sistem tanam tumpangsari mempunyai banyak keuntungan yang tidak dimiliki pada pola tanam monokultur.

Beberapa keuntungan pada pola tumpangsari antara lain:

1) akan terjadi peningkatan efisiensi (tenaga kerja, pemanfaatan lahan maupun penyerapan sinar matahari),

2) populasi tanaman dapat diatur sesuai yang dikehendaki,

3) dalam satu areal diperoleh produksi lebih dari satu komoditas,

4) tetap mempunyai peluang mendapatkan hasil manakala satu jenis tanaman yang diusahakan gagal.

5) kombinasi beberapa jenis tanaman dapat menciptakan beberapa jenis tanaman dapat menciptakan stabilitas biologis sehingga dapat menekan serangan hama dan penyakit serta mempertahankan kelestarian sumber daya lahan dalam hal ini kesuburan tanah.

Tumpang sari padi vs rumput gajah

Keberhasilan pertanian sistem tumpangsari sangat ditentukan oleh pemilihan komponen tanaman yang dikombinasikan. Untuk memperoleh produksi yang lebih tinggi maka tanaman yang ditumpangsarikan harus dipilih sedemikian rupa sehingga mampu memanfaatkan ruang dan waktu seefisien mungkin serta menekan pengaruh kompetitif sekecil-kecilnya.

Faktor yang juga mempengaruhi penentuan jarak tanam adalah tingkat kesuburan tanah. Pada tanah kurang subur menggunakan jarak tanam sempit, sedangkan tanah subur menggunakan jarak tanam lebar. Selain itu, pemilihan jenis dan varietas tanaman yang akan diusahakan dalam tumpangsari harus tepat sehingga memberikan pengaruh yang menguntungkan, baik bagi pertumbuhan masing-masing tanaman maupun untuk perbaikan kondisi serta kesuburan tanah. Pengaturan populasi tanaman juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan supaya hasil tanaman yang ditumpangsarikan baik.

Tanaman penutup tanah dari jenis rumput-rumputan dapat juga berfungsi sebagai pelindung permukaan tanah dari daya disperse dan daya penghancur oleh butiran-butiran air hujan, memperlambat aliran permukaan. Selain itu, rumput-rumputan yang ditanam dapat membuat tanah menjadi gembur. Hal ini dapat meningkatkan porositas, yang menyebabkan terjadi aerasi yang lebih baik terhadap lahan yang ditanami oleh rumput-rumputan.

Rumput gajah (Pennisetum purpureum Schaum) adalah tanaman yang dapat tumbuh di daerah dengan minimal nutrisi. Rumput gajah membutuhkan minimal atau tanpa tambahan nutrisi, sehingga tanaman ini dapat memperbaiki kondisi tanah yang rusak akibat erosi. Tanaman ini juga dapat hidup pada tanah kritis dimana tanaman lain relatif tidak dapat tumbuh dengan baik.

Tumpangsari tanaman pangan dengan tanaman rerumputan merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, sekaligus pemenuhan kebutuhan pakan untuk ternak. Pengaturan populasi tanaman merupakan faktor yang penting agar hasil tanaman yang ditumpangsarikan tinggi. Pemanfaatan rumput gajah untuk vegetasi konservasi yang dilakukan dengan sistem tumpangsari pada pertanaman padi gogo diharapkan mampu membantu penyediaan air dalam tanah bagi pertumbuhan dan perkembangan padi gogo.

Pola tumpangsari sangat komplek karena menyangkut sejumlah besar kombinasi tanaman yang saling berinteraksi. Interaksi tidak hanya terjadi antara tanaman budidaya, tetapi juga antara tanaman budidaya dengan gulma. Kehadiran gulma di sekitar tanaman budidaya tidak dapat dielakkan. Gulma yang berasosiasi ini akan saling memperebutkan bahan-bahan yang dibutuhkannya .

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *